Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nikkondekemAvatar border
TS
nikkondekem
Cara membuat aplikasi di android
Cara mudah bikin aplikasi di android 



Sejak dikembangkan oleh Andy Rubin pada tahun 2003 silam, sistem operasi android terus merajai peranti mobile di dunia. Berdasarkan laporan ‘Global Stashot: Digital in Q3 2017’ seperti dilansir dari Katadatamenyebutkan ada sekitar 72.9 persen pengguna perangkat mobile menggunakan android sebagai sistem informasinya.



 Tidak heran bila perusahaan maupun perseorangan banyak menggunakannya dalam membuat aplikasi. Lantas, bagaimana cara membuat aplikasi android sendiri dengan mudah? Kamu bisa simak ulasannya berikut ini.Tentukan dahulu aplikasi apa yang akan dibuatSebelum membuat aplikasi android, kamu perlu menentukan dahulu untuk apa aplikasi tersebut dibuat. 



Semisalnya saja untuk perusahaan, situs jual-beli onlinedan sebagainya. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk mendekatkan brand dengan konsumen adalah salah satunya. 

Kemudian untuk situs jual-beli online adalah memudahkan dalam transaksi dan sebagainya.


Dalam membuat aplikasi android beberapa yang perlu diperhatikan adalah kemudahan dalam penggunaan, tampilan yang menarik dan bisa digunakan dalam berbagai platform.



 Kamu juga harus menonjolkan pula apa kelebihan aplikasi androidmu dengan aplikasi lain yang sejenis.Langkah selanjutnya setelah kamu mempertimbangkan untuk apa aplikasi android tersebut adalah dengan memilih perangkat lunak aplikasi tersebut.


 Cara membuat aplikasi android terkadang dibutuhkan coding yang rumit. Namun, sekarang juga ada software khusus untuk membuat aplikasi android sendiri tanpa menggunakan coding yang rumit tersebut.



Software tersebut biasanya ada yang gratis maupun berbayar. Keunggulan bila kamu menggunakan software berbayar, keuntungannya akan lebih besar karena kamu bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini. Beberapa contoh software yang bisa kamu pilih antara lain adalah ShoutEm, Appery, Mobile Roadie, The App Builder, dan AppMakr. 


Jangan lupa pula untuk memperhatikan fitur-fitur di dalam software tersebut untuk kebutuhan aplikasi androidmu.Cara membuat aplikasi android paling mudah biasanya dengan menggunakan software terbaik. Kita ambil contoh saja dari ShoutEm. Untuk masuk ke dalam software tersebut kamu perlu logindengan memasukkan alamat email dan password.


 Setelah masuk, kamu bisa pilih aplikasi apa yang ingin kamu buat contohnya aplikasi bisnis, musik, radio, dan sebagainya. Kemudian, kamu bisa pilih tema aplikasi apa yang menarik dan sesuai. Kamu juga bisa menambahkan foto atau gambar yang sesuai namun dengan ukuran yang cukup besar.


Berikutnya, kamu bisa tambahkan fungsi ataupun aktivitas dalam aplikasi tersebut. Fungsi ini akan muncul sebagai layar baru dalam aplikasi. Setelah itu sesuaikan tampilan dengan teks dan kontennya.


 Misalnya kamu akan menautkan blog dalam mengisi RSS dengan kiriman terbaru. Perhatikan pula tata letak untuk setiap fungsinya.Keunggulan dari ShoutEm ini bisa kamu jadikan perantara bila kamu ingin mempublikasikan aplikasi android yang sudah kamu buat ke iPhone.


 Bila sudah disetujui, maka aplikasi kamu akan muncul di layanan AppStore bila sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan Apple.


 Sedangkan untuk GooglePlay sedikit lebih mudah.Langkah akhir dari cara membuat aplikasi android adalah melakukan uji coba. Setelah kamu selesai membuat rancangan aplikasi android kamu, maka sebaiknya uji coba terlebih dahulu. 


Untuk itu kamu perlu mengunduh berkas APK tersebut ke perangkat dan lakukan setting. Tujuannya untuk mengetahui adanya bug atau tidak dalam aplikasi androidmu.


Dalam melakukan uji coba ini tidak cukup dilakukan dalam sekali dua kali. Kamu perlu melakukannya beberapa kali untuk benar-benar memastikan aplikasi android tersebut sudah layak untuk digunakan, Pastikan pula jika aplikasi androidmu memiliki tanda yang akurat. 



Mengapa demikian? Ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian di mesin pencariPilih perangkat lunak yang tepatMulailah untuk merancang aplikasiLakukan uji coba.


Selain cara membuat aplikasi android di atas, faktor yang paling penting adalah perhatikan pula koneksi internet saat kamu membuat aplikasi tersebut. Maka dari itu, untuk menunjang kelancaran membuat aplikasi tersebut, juga diperlukan adanya.

Tutorial cara membuat aplikasi di android, lihat link di bawah ini :

https://www.youtube.com/channel/UCxQ...QUgUzL4kXy3WFA

https://nikkondekem1.blogspot.com/?m=1

.Bagaimana, sudah siapkah kamu untuk membuat aplikasi android sekarang?

ca-app-pub-1171446853338938/2776442661

ca-app-pub-1171446853338938/2405741729
Diubah oleh nikkondekem 30-08-2019 00:37
dayatnh
anakjahanam721
anakjahanam721 dan dayatnh memberi reputasi
2
876
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.