Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelindungsapiAvatar border
TS
pelindungsapi
Tiga Kunci Indonesia Jadi Negara Maju
Jakarta - Eks Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyebut tiga kunci utama untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju. Pertama, inovasi. Tanpa terobosan itu, Indonesia bakal jalan di tempat.

"Inovasi harus dikedepankan. Penyiapan anggaran riset di tahun-tahun mendatang disiapkan dalam jumlah signifikan besarnya dibanding sebelumnya," ujar Syahrul di Jakarta.

Kemudian, lanjutnya, harus membangun kolaborasi antaranak bangsa. Hal ini sesuai dengan ide Presiden Joko Widodo untuk menggenjot kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Jadi sambil melakukan investasi untuk membangun sistem dan manusia yang mengoperasikannya, kolaborasi adalah pilihan terbaik," urai dia.

Kolaborasi yang dimaksud Syahrul tak sekadar soal kualitas SDM. Dia mencontohkan penggunaan bahan bakar campuran di sarana transportasi umum. Jika konsisten, maka Indonesia bakal menciptakan ekosistem ramah lingkungan pada kendaraan.

Jokowi, kata dia, menekankan untuk terus membuat sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Keinginan Jokowi agar Indonesia menciptakan sesuatu yang lebih baik dari bangsa lainnya.

"Untuk mencapai kemajuan itu lebih cepat, kita harus berani berkolaborasi sambil melakukam adopsi dan investasi teknologi-teknologi terkini dari negara-negara lain yang lebih dahulu menguasainya," ucap Syahrul.

Poin terakhir, ialah investasi. Politikus NasDem ini membeberkan ada tiga industri yang harus didukung penuh investasi. Ketiganya yakni telekomunikasi, argobisnis dan transportasi.

Selain memiliki daya dorong terhadap pembangunan ekonomi, ketiga sektor industri ini dinilai konsisten dalam menyentuh perekonomian rakyat secara mikro.

"Pada akhirnya, tiga pilihan industri tersebut bisa mengangkat kesejahteraan rakyat Indonesia, dan lapangan kerja bagi generasi angkatan kerja baru lebih banyak terbuka," pungkas dia.

https://m.medcom.id/nasional/politik...di-negara-maju

Banyak faktor.

1. Ekonomi
2. Pendidikan
3. Militer
4. Kesehatan
5. Sosial dan budaya
6. Hukum

jika 6 indikator diatas terpenuhi secara sempurna, bukan lagi negara maju, tapi negara superpower
0
553
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.