alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d65eb62af7e9355f66a9cb7/kira-kira-apa-saja-keuntungan-serta-kerugian-dipindahnya-ibu-kota-negara
Lapor Hansip
28-08-2019 09:48

Kira-kira, Apa Saja Keuntungan Serta Kerugian Dipindahnya Ibu Kota Negara?

Past Hot Thread
Screnshoot


Sebenarnya, Ara merasa belum pantas memberi opini terkait pemindahan ibu kota negara. Selain karena hanya seorang gadis tamatan SMA yang minim ilmu. Ara juga belum begitu paham perihal politik dan kepemerintahan. Akan tetapi, dengan melihat, mendengar, dan merasakan keadaan yang sekarang ini, sepertinya sah-sah saja mengutarakan opini kepada publik sekalipun. Apalagi Ara adalah warga asli Indonesia.


Kira-kira, Apa Saja Keuntungan Serta Kerugian Dipindahnya Ibu Kota Negara?
Sumber Gambar: Timada the Internet


Propinsi Kalimantan Timur, akhirnya dipilih sebagai ibu kota negara yang dianggap paling ideal oleh Presiden Indonesia. Tepatnya, di dua kabupaten. Yakni, Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

Menurut Ara, pemindahan ibu kota ini memiliki keuntungan juga kerugian. Kita semua tahu,

Quote:untuk mendapatkan sesuatu yang baru, atau yang dianggap lebih baik. Tentu harus dengan mengorbankan sesuatu yang lain.


Yang menjadi pertanyaan, lebih besar mana, kerugian atau keuntungan?

Baik, kita coba prediksi bersama, keuntungan dan kerugian apa saja yang didapat jika ibu kota dipindahkan ke daerah Kalimantan Timur.

Beberapa keuntungan dan kerugian jika ibu kota dipindahkan.

1. Berkurangnya polusi udara di jakarta

Setiap ibu kota pasti berpendudukan lebih banyak dibanding daerah-daerah lainnya. Kendaraan-kendaraannya pun demikian. Maka, dengan dipindahkannya ibu kota, polusi udara akan berkurang di daerah DKI, dikarenakan beberapa penduduk ikut berpindah tempat. Yang tadinya berdomisili di Jakarta, kemudian pindah ke Kutai Kertanegara.

Akan tetapi, ada hal lain yang akan muncul. Yaitu, kerugian Jika jutaan orang memadati ibu kota baru, dan pasti akan terjadi, jika ibu kota tersebut telah dibangun. Otomatis, polusi yang tadinya menjadi salah satu alasan dipindahkannya ibu kota, akan tercipta lagi di tempat baru. Alam bebas polusi menjadi berkurang. Kepadatan lahan kembali terjadi. Akibatnya, sawah ladang dan perkebunan juga akan berkurang. Sumber daya alam di daerah bersangkutan terkuras. Diganti dengan bangunan dan gedung-gedung tinggi.

2. Terciptanya lapangan kerja yang mungkin lebih baik untuk masyarakat setempat

Yes, masyarakat setempat (Kalimantan Timur), akan lebih mudah mendapat pekerjaan. Mereka tidak harus merantau jauh-jauh ke Jakarta seperti sebelumnya. Mereka bisa bekerja di daerah sendiri tanpa terpisah jauh dari keluarga. Akan tetapi, membangun ibu kota negara tidak seperti membangun pasar tradisional, bukan? Dan, Indonesia bukan hanya daerah Kalimantan Timur.

Biaya pembangunan tentu mengeluarkan nilai yang besar. Lalu, dari mana modalnya? Ah, rakyat jelata tahu apa, sih? Itu urusan pemerintah. Kagak usah ikut-ikutan mikirin masalah biaya!

Duh, masyarakat juga perlu tahu, kan, tentang itu semua? Apakah dengan berutang lagi? Menaikan biaya pajak? Listrik? BPJS, dan lain-lain? Jika demikian, lebih besar mana, keuntungan, atau kerugian? Please, deh! Jangan jadikan rakyat sebagai penanghungjawab terealisasinya ambisi politik pemerintah.

Jangan salah, Nak. Pemindahan ibu kota negara telah melalui kajian yang matang, kok. Bukan sembarangan keputusan.

Ya, tentu saja. Segala sesuatu memang harus dipikirkan matang-matang sebelum memutuskan.

Kita semua lihat, ko, dalam pemberitaannya yang bisa kita akses di berbagai media sosial, seperti You Tube, Instagram, Facebook, dan media-media lainnya. Presiden Indonesia menyatakan, pemindahan ibu kota telah melalui kajian yang matang. Dengan beberapa alasan lain sebagai pemicunya, yaitu, sebagai berikut:

Padatnya penduduk di pulau jawa, Kemacetan di Jakarta, Polusi Udara, juga Banjir serta masalah air.

Ok, Alasan yang cukup logis untuk warga negara tamatan SMA seperti Ara. Sehingga dengan mudah mengeluarkan opini seperti yang sudah terurai di atas. But, mengingat dan menyaksikan kembali jejak digital yang memerlihatkan janji-janji pak presiden sebelum bener-bener menjadi presiden. Hal yang dipikir logis tadi seketika berubah menjadi tanda tanya besar.

Bukankah dulu saat sedang mencalonkan diri sebagai Gubernur hingga Presiden. Pak Jokowi mengatakan, akan mengatasi keruwetan-keruwetan jakarta? Baik itu soal kemacetan, polusi udara, banjir, dan lain-lain. Lalu, kenapa sekarang hal itu menjadi alasan dipindahkannya ibu kota negara?

Apakah beliau sedang mengklarifikasikan kegagalannya dalam memimpin, sebagaimana yang dikatakan oleh gadis muda bernama Sherly Annavita?

Duh, Nak. Itu, kan, perkataan para lawan alias yang berseberangan dengan beliau. So, tidak bisa dan tidak boleh didengarkan.

Quote:Jika perkataan itu benar. Sekalipun keluar dari mulut lawan atau musuh. Maka, patut untuk didengarkan dan dipahami bersama. Jangan merasa benar sendiri.


So, kesimpulannya bagaimana? Menurut Ara, pemindahan ibu kota negara bukan hal yang tepat untuk keadaan sekarang. Masih begitu banyak polemik di negeri tercinta kita ini, yang harus diutaman penyelesaian dan penanganannya. Seperti, pembangunan beberapa daerah yang terkena dampak bencana hebat, yang terjadi di bebwrapa wilayah Indonesia. Yaitu, di Sulawesi, Lombok NTB, juga Banten.

Belum lagi masalah utang negara yang amat besar. Tercatat dari tahun ke tahun hingga akhir bulan Juli tahun 2019, sekitar, 4.603. 62 triliun. Bisa kita lihat bersama daftar utang selwngkapnya dalam gambar di bawah ini:

Kira-kira, Apa Saja Keuntungan Serta Kerugian Dipindahnya Ibu Kota Negara?
Sumber Gambar: Screnshoot Google

Terlepas dari itu semua, Ara, berharap, Indonesia tidak terpecah belah hanya karena perbedaan pendapat. Siapa pun boleh berpendapat dan menguraikannya panjang lebar. Semoga keputusan Pak Presiden tidak salah. Tidak menimbulkan masalah- masalah besar yang baru. Untuk kita semua, mari terus berjuang dan menyejahterakan bangsa dan negara. Dengan menjadi rakyat yang cerdas, kreatif, dan inspiratif. Sukses untuk kita semua. Aamiin.

Mohon maaf jika ada kata dan kalimat yang tidak sependapat dengan Agan-Sista tercinta. Wassalam 😉



Sumber tulisan: Opini Pribadi

Bima, 28 Agustus 2019
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 54 lainnya memberi reputasi
53
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 17
29-08-2019 03:19
https://en.wikipedia.org/wiki/List_o...overnment_debt

check disini kalo mau liat list dari hutang2 tertinggi disetiap negara
0 0
0
29-08-2019 03:45
klo ane mau duitx dari mana.
mau ngutang kek ,
bodo amat.

tapi klo menurut berita yg ane baca uangnya dapat dri gedung gedung di jakarta kan di jualin tuh dan kerjasama ama swasta.

Toh dgn/gk pindah ibu kota tetep aja kok lingkungan nya akan rusak.
Tambang dimana mana , orang buang sampah sembarangan ,kebun sawit ,pembakaran lahan dll .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
unicorn.phenex dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
29-08-2019 04:24
Atas Dasar Pemerataan....! Ane Setuju2 aje....!
Pulau Jawa ini sudah Terlalu Puadattt....!
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
29-08-2019 04:48
Jangan lupa iuran BPJS naik gan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
29-08-2019 05:02
dulu ad yg bilang "urusan banjir ,, macet dan lain nya akan saia bereskan saat saia menjadi gubernur Jakarta"

dulu juga ad yg bilang "banjir dan kemacetan di Jakarta akan lebih mudah diselesaikan ketika saia menjadi Presiden"

dan skrg orang yg sama bilang "pindah yuk"

🤣🤣🤣🤣🤣
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
29-08-2019 05:23
Quote:Original Posted By darmawati040
pejwan


Sedih, pindah ibu kota otomatis masalah ibu kota lama pindah ke ibu kota baru
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
29-08-2019 05:40
Menurutku pak Jokowi itu seorang eksekutor. Rencana2 presiden terdahulu hampir semua di aplikasikan bukan cuman dimulut aja. Kyk gabener jkt58😅😅😅
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
29-08-2019 05:47
Ane sih setuju, lebih banyak manfaat dari pada kerugian kok.
untuk pemindahan dan pembangunan biaya dari APBN dan Swasta😁
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
29-08-2019 05:48
Quote:Original Posted By adnanami
Sedih, pindah ibu kota otomatis masalah ibu kota lama pindah ke ibu kota baru


Enggak kalau ibu kota baru direncanakan dengan matang dan teratur.
Kalau Jakarta dulu memang pembangunan dan perencanaan yang lain kurang tepat
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
29-08-2019 05:50
Opini yang apik tapi tidak melihat fungsi daripada pemindahan ibukota tersebut.
1. Pemindahan ibukota bukan hanya untuk mengurangi beban yg terlalu berat di Jakarta, mengurangi polusi dan segala macamnya. Tetapi membagi fungsi wilayah menjadi daerah pusat pemerintahan dan daerah pusat bisnis. Jakarta menanggung 2 fungsi tersebut. Solusinya adalah mengurangi beban tsb menjadi hanya sebgai pusat bisnis. Sama seperti USA, yg mana Washington DC hanya sbg pusat pemerintahan.
2. Lowongan kerja mungkin makin membludak tapi seperti yg disebut di poin 1, itu hanya dibidang pemerintahan bukan dibidang bisnis.
3. Jokowi dlu mengatakan akan mengurangi polusi, mengatasi banjir. Solusinya ya salah satunya memindahkan ibukota karena beban Jakarta tersebut sudah luar biasa beratnya. Bahkan sang p3ndiri bangsa, Soekarno, sendiri pun ingin memindahkan ibukota kita
0 0
0
29-08-2019 05:50
di kalimantan, khususnya Samarinda... sering banjir coy kalo lagi musim ujanemoticon-Hammer (S)
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
29-08-2019 06:00
Nice opinion.
0 0
0
Lapor Hansip
29-08-2019 06:04
Balasan post agungdar2494
Tergantung pengelolaannya.

Selama pusat bisnis dannekonomi tetap dinjakarta dan surabaya kemungkinan itu bisa dicegah. Secara luas dan penduduk bisa ideal.
0 0
0
29-08-2019 06:08
setuju sih ada benernya juga... paling nanti jadi belum terbiasa sama perubahan ini, ane warga jkt dari kecil wkwk semoga yang terbaikkkk
0 0
0
29-08-2019 06:09
pemerataan segalanya, mulai dari penduduk, ekonomi, perdagangan, hingga polusi emoticon-Matabelo
0 0
0
29-08-2019 06:15
gan gan, maap oot nih. mau kasih masukan penulisan aja yaaa emoticon-Smilie)) gpp kan

kalo agan nulis judulnya "Berkurangnya polusi udara di jakarta" berarti isinya tentang sisi positif pemindahan ibukota, kalo digabung langsung dengan sisi negatif, mungkin judulnya jadi "Polusi udara" aja, yg mana agan bisa ngublek2 dua sisi positif negatif dari polusi udara


maap yaaahh masi anget sekripsi emoticon-Frown(( isinya bagus gan makin sukses nulisnyaemoticon-Smilie)
0 0
0
29-08-2019 06:16
Nyari wangsit dulu lah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
29-08-2019 06:28
Quote:Original Posted By darmawati040
Ea, ea. Kalau bayar ini itu serba mahal. Gimana mau merasa makmur, Gan? ntu, si mentri lagi ngusulin naikin biaya BPJS 2 kali lipat emoticon-Cape d...


Sorry oot


Bpjs naik sebenarnya gak masalah sih gan. Asal emang semuanya untuk kesehatan. Hitung-hitung kita juga beramal dan membantu yang membutuhkan kalo kita tidak terpakai. Kenapa ane ngomong begini? Karena keluarga ane 2 orang udah ngerasain manfaat Bpjs karena operasi. Kalo gak pake bpjs bisa sampai biaya 60jt lebih untuk 1x oprasi.

Semoga agan selalu diberikan kesehatan terus. Sehingga tidak memerlukan kegunaan bpjs
Diubah oleh dadonboyz1
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
29-08-2019 06:31
walaupun mungkin hanya beberapa aja penduduk dki yang ikut pindah, tapi itu sudah lumayan daripada ga ada pergerakan sama sekali emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 8 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.