tsuway.c001Avatar border
TS
tsuway.c001
Antara Penajam Dan Jakarta, Kisah Ibu Kota Yang Berpindah!




Assalamualaikum warohmatullah wabarokatu ...
Selamat menunggu pagi GanSist ...
Ngomong-ngomong KaskusKreator makin hari makin baik yeee bagi-bagi koinnya, udah makin banyak event ... makin gede pula koinnya. Ane kan jadi auto mupeng.
Oke ... mari kita mulai pembahasan kali ini tentang pemindahan Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam hidup pro kontra itu memang tidak bisa dihindarkan, apalagi yang menyangkut hajat hidup orang banyak.


PRAKTIK PEMINDAHAN IBU KOTA

Sebenarnya praktik pemindahan ibu kota telah dimulai pada abad ke-17. Saat itu Kekaisaran Rusia memutuskan memindahkan ibu kota dari Moskow sejak abad ke-14 telah menjadi ibu kota ke St. Petersburg dengan tujuan agar pusat pemerintahan lebih dekat dengan Eropa Barat. Namun, setelah terjadi Revolusi Rusia, pada tahun 1918, ibu kota di kembalikan ke Moskow.
Quote:


Kazakhstan juga tak luput dari praktik ini. Setelah pecah dari Uni Soviet pada 1991, pemerintah Kazakhstan memutuskan untuk memindahkan ibu kota dari Almaty ke Astana yang didasari oleh faktor alam (sering gempa bumi), dan juga dinamika politik.
Quote:


Pemindahan ibu kota dari Lagos ke Abuja yang terjadi di Nigeria, penyebabnya adalah faktor kepadatan penduduk.
Quote:



Myanmar juga termasuk dalam daftar negara yang memindahkan ibu kotanya dari Rangoon yang sekarang lebih dikenal dengan Yangoon ke Naypydaw, sesuai instruksi pemerintah junta militer. Namun, belum ada penjelasan yang pasti mengenai pemindahan ibu kota Myanmar ini.
Quote:


Brazil juga ikut dalam praktik pemindahan ibu kotanya, yang semula di Rio de Janeiro dipindahkan ke Brasilia, berlangsung selama empat tahun (1956-1960), saat pememerintaha Juscelino Kubitschek. Alasannya adalah keadaan Rio yang sudah penuh sesak.
Quote:


Namun, praktik pemindahan ibu kota tidak selalu berjalan sesuai rencana. Di Argentina misalnya, sempat merencanakan pemindahan ibu kota pada tahun 1989 dari Buenos Aires ke Viedma. Rencana tersebut sudah diputuskan Kongres Nasional Argentina sejak Mei 1987. Namun sayangnya karena krisis ekonomi yang melanda sepanjang 1989, praktik itu harus terhenti dan tidak terealisasi.

Nah, di Indonesia yang masih hangat-hangatnya perbincangan mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Penajam dengan alasan persentase penyebaran penduduk di pulau jawa telah mencapai lebih dari 50% dari total penduduk Indonesia dan Pulau Jawa dianggap telah terbebani.
Quote:



Kalau ditanyakan opini ane tentang pemindahan ibu kota ini, ane salah satu yang sedikit mengerutkan kening dari awal rencana ini menggaung keras pada tahun 2016.


Pertama

Ini hasil pencitraan dari Google Earth, bisa dilihat Pulau Kalimantan yang masih dominan hutannya di banding Pulau Jawa. Di bayangan ane yang awam nih ya, pembangunan ibu kota baru otomatis akan berdampak pada ekosistem hutan yang nantinya akan berganti dengan gedung-gedung pencakar langit. Pemilihan lahan juga harus dipertimbangkan seandainya bersinggungan dengan hutan lindung, kalau tidak diterapkan prinsip proteksi lingkungan yang cukup baik, akan mengundang kritik besar di mata internasional.


Kedua
Ane setuju dengan pendapat Emil Salim yang menilai, lebih baik melakukan pengembangan SDM terlebih dahulu di Indonesia dibandingkan dengan pemindahan ibu kota. Kembangkan lebih banyak lagi sekolah-sekolah, kualitas gurunya diperbaiki, kirim gurunya untuk studi banding ke luar negeri, belajar bagaimana sistem pendidikan negara lainnya. Pengen ga sih, kalo sekolah-sekolah sekarang tuh merata? Bahkan tarafnya bisa dibuat internasional ... dan itu ga cuma di pulau Jawa, diratakan se-NKRI. Kita ga perlu mikirin sistem zonasi, karena ga perlu perbandingan fasilitas antara sekolah satu dengan lainnya.


Ketiga
Akan muncul permasalahan lintas pulau nantinya, baik dari hal logistik maupun SDM. Nah, ditinjau dari aspek psikologis, untuk pindahkan ibu kota ke lokasi sejauh itu akan terjadi resistensi yang tinggi. Biaya transportasi akan lebih mahal karena hanya bisa di jangkau via transportasi laut dan udara. Jadi jika ingin mengurus suatu perizinan yang menyangkut pemerintah pusat harus bolak-balik ke Kalimantan.


Tapi dibalik itu semua ada terselip satu harapan dari ane jika ibu kota pindah, semoga perlahan bisa mengurai kemacetan di jakarta. Jadi ane bisa maen jauh-jauh emoticon-Blue Guy Peace
Kalo menurut GanSist gimana?


Sekian dari ane ...
Pro dan kontra tak jadi masalah
Asal kita tidak terpecah.
Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatu.



Sumber : Opini Pribadi, Google Maps & Earth Sumur 1, Sumur 2
Diubah oleh tsuway.c001 27-08-2019 20:45
pr1mus_corleone
YenieSue0101
adnanami
adnanami dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.