forpetrolAvatar border
TS
forpetrol
Tiba di Seoul, Megawati Berharap Korsel dan Korut Bersatu
Spoiler for Megawati Soekarno Putri Saat Tiba di Seoul:


KabarBerita.co.id - Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri, tiba di Seoul, Korea Selatan dalam rangka menghadiri sekaligus menjadi keynote speaker (pembicara kunci) di acara DMZ International Forum on the Peace Economy yang digelar pada 28 - 29 Agustus. Pesawat Megawati mendarat di Bandara Gimpo, yang terletak di ujung barat ibukota Korea Selatan itu, pada Senin (26/08/2019), sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Selain disambut oleh wartawan, Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi bersama istri dan sejumlah stafnya juga ikut menyambut Megawati di Bandara.

"Saya memang boleh dibilang jadi langganan ya, kalau di sini ada pertemuan, ada konferensi, beberapa kali, karena memang juga, di sini artinya di Korut dan di Korsel, saya dikenal orang yang selain dari Indonesia tentu putrinya Bung Karno," kata Megawati kepada wartawan di ruang VVIP Gimpo International Airport, Seoul, Korea Selatan, Senin (26/8/2019).

Selain dihadiri oleh Megawati, DMZ International Forum on the Peace Economy juga dihadiri oleh mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroder, mantan PM Jepang Yukio Hatoyama, Presiden pertama Mongolia Punsalmaagiin Ochirbat, serta beberapa tokoh penting lainnya dari Rusia, AS, dan Norwegia.

Setelah Perdana Menteri menyampaikan sambutan, Megawati rencananya menjadi pembicara pertama yang menyampaikan pandangannya di forum itu. Forum yang diselenggarakan oleh The Korean Institute for International Economy Policy (KIEP) dan National Research Council for Economics, Humanities, and Social Sciences (NRC) itu mengusung tema "ekonomi damai dan kesejahteraan di Semenanjung Korea dan sekitarnya".

Setiap kunjungannya ke Korea, baik itu Korea Selatan maupun Korea Utara, Megawati selalu berharap agar kedua negara yang pecah ini bersatu kembali. Megawati mencontohkan seperti Jerman, yang dulunya sempat terbelah, namun berhasil bersatu kembali karena didasarkan pada semangat kekeluargaan.

"Karena apapun tidak hanya persoalan politik saja, tapi ini masalah kekeluargaan yang dipecah sedemikian rupa akibat politik. Sehingga tentunya, saya sangat yakin mereka akan menjadi satu negara kembali. Mungkin nanti satu negara dua sistem, karena kalau kita lihat kan Jerman akhirnya bisa bersatu, yang pada waktu itu rasanya tidak mungkin. Saya kira itulah basic-nya saya diundang kembali," ujarnya.

Megawati melihat, betapa sejarah telah menunjukkan bagaimana politik adu domba telah memecah belah Jerman dan Korea. Hal inilah yang kemudian mengingatkannya pada pengalamannya dulu ketika masih menjabat Wakil Presiden di era kepemimpinan Gus Dur, saat itu, dia berusaha menyelesaikan konflik di kawasan timur Indonesia demi menjaga keutuhan dan perdamaian NKRI.

"Kalau saya melihat sebenarnya kerapuhan baik Korea maupun Jerman, itu saya rasakan dan saya perhatikan, tentunya karena kita kadang sangat mudah untuk dipecah belah. Jadi kan saya mengalami sebagai wakil presiden pada waktu itu yang diminta oleh Gus Dur untuk menyelesaikan konflik di bagian timur. Sehingga saya dapat merasakan bahwa sebenarnya rakyat sendiri sering kali sangat tidak mengerti mengapa bisa terjadi seperti itu," ujar Megawati.

Jadi Megawati menyimpulkan, kunci dari persatuan suatu negara terletak pada kebesaran hati para elit - elit pemimpinnya. Seorang negarawan yang baik seharusnya mampu menjunjung tinggi semangat persaudaraan dalam menyelesaikan konflik apapun.

"Jadi berarti sebenarnya ini kembali yang namanya yang harus sangat menentukan itu adalah yang disebut kalangan elite itu. Kalau kalangan elitenya dapat segera mengambil ruang-ruang yang sangat memungkinkan untuk persatuan, untuk persaudaraan, saya kira itu dapat menyelesaikan persoalan," imbuhnya.

SUMUR
Diubah oleh forpetrol 27-08-2019 02:38
anakmudaindia
davecchio
Faqih1730
Faqih1730 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.