• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hati2, modus penipuan berkedok pembelian barang di OLX dengan meminta foto identitas

irfanrmd71Avatar border
TS
irfanrmd71
Hati2, modus penipuan berkedok pembelian barang di OLX dengan meminta foto identitas
Misi gan, ane mau sharing pengalaman ga enak yang baru aja ane alamin.
Ane izin share di kaskus buat dokumentasi ane sekalian sharing ke agan2 biar ga hati2 kalo jualan online.

Ane jualan baju di olx. Terus si penipu ngechat ane lewat whatsapp kalo dia mau beli baju ane.
Belum deal harga sama ongkir, si penipu udah langsung kirim nama alamat lengkap. 
Setelah deal harga sama ongkirnya, si penipu minta nomer rekening ane. Abis itu dia langsung kirim foto ktp sama selfi sambil pegang ktp (yang belakangan ane sadar kalo foto ktp sama foto selfi yang dia kirimin bukanlah identitas si penipu, melainkan identitas milik korban penipu yang juga mengirimkan foto ktp dan foto selfinya). 

Setelah ane kasih nomer rekening ane, si penipu minta ane buat kirim foto ktp sama selfi juga biar sama2 enak katanya. Disini ane ga curiga sama sekali, akhirnya ane kirim lah foto ktp ane sama foto selfi sambil pegang ktp (ane inisiatif foto sambil pegang pegang ktp karena si penipu kirim foto selfi sambil pegang ktp juga, betapa bodohnya ane -_-).

Setelah ane kirim foto ktp sama selfi sambil pegang ktp ane, si penipu minta kirimin npwp sama bpjs juga. Disini ane agak curiga karena kenapa sampe minta npwp sama bpjs segala. Ane nawarin si penipu apa transaksi lewat tokped aja, cuma si penipu ga mau katanya percaya saya ane.

Karena background ane yang biasa sewa motor kalo travelling keluar kota, dimana si penyewa selalu minta foto 3 identitas kalo mau sewa motornya, akhirnya dengan polosnya saya kirimkan foto npwp dan bpjs ke si penipu. Disini ane mikirnya mungkin pemikiran si penipu sama tukang sewa motor yang biasa ane suka sewa sama, mereka butuh identitas lebih dari satu untuk memastikan identitas ane valid dan ga akan nipu mereka.

Setelah ane kirim foto ktp, selfi sambil pegang ktp, npwp, dan bpjs ane ke, si penipu minta ane buat kirim kk. Disini ane bener2 curiga, karena buat apa sampe kirim kk segala. Akhirnya ane minta ke si penipu buat transaksi lewat tokped aja karena ane ga nyaman kalo kirim semua identitas ane sampe kk juga. Abis itu langsung ane hapus semua foto yang udah ane kirim ke si penipu. 

Ga lama kemudian si penipu ngirimin ane screenshot kalo dia udah berhasil transfer ke rekening ane, dia transfer pake bri briva, ane disuruh ke atm buat aktifin kode briva katanya. Disitu ane sadar kalo ini cuma kedok penipuan yang ujung2nya ane disuruh isiiin rekening brivanya dia, karena dulu ane pernah kena juga yang model gini dengan kedok ecash, cuma ga sampe ketipu juga karena ane disuruh ke atm juga yang ujung2nya ane tau buat ngisiin ecashnya dia. Bedanya kasus ane yang dulu ga pake minta2 foto identitas kaya sekarang.

Setelah itu ane diemin chat si penipu, terus dia telpon dua kali langsung ane reject. 
Terus akhirnya ane di block sama si panipu.

Buat agan2 hati2 kalo transaksi online, jangan mudah kasih identitas ke orang ga dikenal.
Jangan gampang percaya kalo disuruh ke atm dengan alasan untuk nyairin duitnya karena itu cuma kedok biar agan isiin rekening si penipu ujung2nya.
Lebih baik transaksi lewat bukalapak atau tokped biar aman sebagai penjual maupun pembeli.

Kalo suatu saat ada orang yang mengatasnamakan ane dalam suatu penipuan, mohon jangan dipercaya. Karena ane ga akan pernah ngelakuin itu gan.
Ane takut foto identitas ane dipake buat nipu orang terus ane yang kena akhirnya gan emoticon-Frown Semoga tuhan selalu melindungi kita dari orang2 yang ga baik ya gan emoticon-Frown

Identitas ane:
Nama: M Irfan Ramadhan
Tanggal lahir: 5 Maret 1993
Alamat: Prima Lingkar Asri B3/31, jl caman raya, Jatibening, Bekasi 17412
No Hp: 087853037103

Berikut ane sertakan foto2 yang ane kirim ke si penipu, kalo ada yang kirim foto atau hubungin agan dengan foto yang ane cantumin dibawah dengan nomor selain yang ane sebutin diatas (087853037103 ) hati2 itu bukan saya artinya.

Spoiler for foto yang ane kirim ke si penipu:



Berikut ane sertakan screenshot chat ane sama si penipu:

Spoiler for screenshot:



Nomor hp penipu: 083177726957
ID OLX penipu: MIGNIG95

anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
6.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.