Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Bikin Iri! Inilah 5 Fenomena Unik di Greenland
Bikin Iri! Inilah 5 Fenomena Unik di Greenland
Sumber gambar

Assalamualaikum.

Hai hai hai, jumpa lagi sama ane, Agan dan Sista. Pada kesempatan kali ini, ane mau kasih tau ni, fenomena unik di Greenland, apa aja, sih. Kok, bisa-bisanya sampai iri, gitu.

Sebelum membahas fenomenanya yang unik, kita kenalan dulu sama negara terbesar di dunia ini. Meskipun menjadi negara terbesar, tapi jumlah penduduk di Greenland sangat sedikit, GanSist. Menurut Statistics Greenland pertanggal 1 Januari 2019 penduduk Greenland hanya tercatat 55.992 jiwa. Ini disebabkan lebih dari separuh perempuan yang hamil memutuskan untuk mengaborsi kandungannya.

Meskipun Greenland mempunyai pemerintahan sendiri, tapi ia masih wilayah yang bergantung kepada Denmark. Sebagian besar wilayah Greenland tertutup salju, karena pulau ini berdekatan dengan kutub utara.

Berikut ini fenomena unik yang ada di Greenland.

1. Midnight Sun
Bikin Iri! Inilah 5 Fenomena Unik di Greenland
Sumber gambar

Fenomena matahari dua bulan penuh di Greenland. Ini terjadi karena kemiringan bumi yang relatif terhadap bidang orbitnya. Kebayang enggak, sih, GanSist kalo matahari tidak terbenam, otomatis tidak ada malam hari. Bagaimana bisa tidur, ye kan. Akibat fenomena ini banyak penduduk yang mengalami kesulitan tidur.

Ternyata bukan hanya di Greenland yang mengalami fenomena "midnight sun", beberapa wilayah di Lingkaran Arktik juga mengalaminya, contohnya Alaska. Matahari akan terus bersinar di Greenland kisaran tanggal 25 mei sampai 25 juli. Nah, bagi GanSist yang ingin bermain sepuasnya tanpa takut dijewer emak, jalan-jalan ke Greenland bisa jadi solusi.

2. Aurora Borealis
Bikin Iri! Inilah 5 Fenomena Unik di Greenland
Sumber gambar

Eits, itu bukan nama orang, ya, GanSist. Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari.

Nama Aurora berasal dari nama Dewi Fajar kepercayaan orang Romawi Kuno, sedangkan Borealis berasal dari bahasa Yunani yang artinya angin utara. Fenomena ini benar-benar sangat menakjubkan, GanSist. Syarat untuk melihatnya adalah ketika langit cerah, ya, karena selain itu Aurora akan sulit tampak.

3. Banyaknya Batu Mulia
Bikin Iri! Inilah 5 Fenomena Unik di Greenland
Sumber gambar

Bagi GanSist pecinta dan kolektor batu, Greenland tempat yang cocok untuk Anda. Cara mendapatkan mudah, karena bebatuan mulia ini seolah berserakan begitu saja. Batuan di Greenland bukan sembarang batu GanSist, karena ini jenisnya khusus dan mahal-mahal pastinya, mulai dari Ruby dan Sapphire. Ada yang berminat?

4. Tempatnya paus-paus terbesar di dunia
Bikin Iri! Inilah 5 Fenomena Unik di Greenland
Sumber gambar

Semua jenis paus raksasa berkumpul di Greenland, GanSist, mulai dari paus biru, paus sperma, paus pilot, paus biru , dan lainnya. Waktu yang tepat untuk melihatnya adalah pada periode Mei hingga Juni. Agan dan Sista cukup menyewa perahu untuk melihatnya. Kalo sedang beruntung, GanSist bisa menyaksikan paus-paus berkembangbiak secara live.

5. Musim panas yang beku
Bikin Iri! Inilah 5 Fenomena Unik di Greenland
Sumber gambar

Meskipun sebagian wilayahnya tertutup salju, Greenland juga punya musim panas, loh. Tapi musim panasnya tidak seperti di Indonesia, ya, GanSist. Musim panas di Greenland tetaplah beku, bahkan suhunya tidak lebih panas dari 10 derajat celcius menurut Encyclopedia Britannica.

Bagaimana, GanSist, ada rencana untuk pergi ke Greenland. Yang pasti, pengalaman luar biasa menanti GanSist di sana. Dari merasakan salju sepanjang tahun, GanSist bisa bermain seluncur es tanpa kenal waktu.

Sekian dulu trit ane kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas apresiasinya. Jangan lupa cendol dan subscribenya. Salam hangat, selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi 01-10-2019 08:07
eShopSulis
agungdar2494
hvzalf
hvzalf dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.1K
74
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.