sukamakantemanAvatar border
TS
sukamakanteman
Doktrin Rasisme Yang Secara Tidak Sadar Kita Terima Sejak Kecil

Assalamualaikum

Rasisme ya menurut saya adalah doktrin yang secara tidak sadar telah mengakar dalam kehidupan kita sehari-hari. Entah dari didikan orang tua, stigma masyarakat, tontonan maupun lingkungan kita sehari-hari telah membuat kita secara sadar maupun tidak sadar melakukan rasisme.

Mulai dari tradisi orang zaman dulu yang mengakar sampai sekarang kadang orang dari suku tertentu tidak boleh menikah dengan suku yang lain di karenakan sifat bawaan dari suku tersebut. Padahal sifat adalah prilaku individu yang tidak ada hubungannya dengan suku ras dan agama manapun. Tapi karena stigma masyarakat satu suku jelek akhirnya berdampak pada orang tersebut kasian kan. Padahal di hadapan tuhan semua manusia itu sama tanpa memandang suku ras dan agama. Apalagi cinta adalah bahasa yang universal yang di miliki setiap manusia.



Selain itu doktrin dari rasisme sendiri secara tidak sadar sudah sering kita nikmati dari kita kecil. Bahkan hal ini secara tidak sadar kita menikmatinya dan menertawakannya. Seperti contoh sebuah film yang orang kulit hitam tinggal di hutan dan terkesan primitif pergi ke sebuah kota yang banyak manusia "normal" lainnya. Sehingga tingkah-tingkah konyol mereka layak untuk ditertawakan. Padahal secara tidak sadar itu doktrin yang secara tidak sadar walaupun itu hiburan. Dimana manusia dalam satu ras di gambar yang jelek-jeleknya saja. Padahal itu hanya sebagaian kecil atau bahkan hanya buatan untuk membuat ras tersebut tertindas.

Selain itu isu SARA itu sudah kita lakukan dari kecil. Selalu tanpa sadar kita selalu menganak tirikan minoritas dalam pergaulan maupun kehidupan sehari-hari. Entah dalam lingkup kecil mayoritas akan menyisihkan minoritas karena mereka berbeda ataupiun lingkup kecil mayoritas yang menjadi mayoritas dalam sebuah lingkup tertutup tertentu contohnya di sekolah. Padahal mereka semua itu sama perbedaan itu membuat warna coba bayangkan jika semua sama seperti kita akankah hidup kita menjadi monoton.

Terakhir saya mengajak sih renungkan perilaku yang secara sadar maupun tidak sadar yang kita lakukan kepada orang di lingkungan kita dan bayangkan jika itu terjadi pada kita. Karena di mulai dari kita sendiri kita bisa menghilangkan perilaku-perilaku rasial. Perbeddan bukan untuk di benci tapi perbedaan membuat warna untuk hidup kita.


Quote:
arbib
vly69
tomaz.im
tomaz.im dan 27 lainnya memberi reputasi
20
9.8K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.