• Beranda
  • ...
  • Fashionista
  • Tidak Harus Baru, Kebaya Nenek Bisa Jadi Style yang Elegan dan Mempesona

Rain171Avatar border
TS
Rain171
Tidak Harus Baru, Kebaya Nenek Bisa Jadi Style yang Elegan dan Mempesona
Kebaya adalah trend warisan budaya yang akan selalu dipakai sepanjang masa. Kebaya diwariskan oleh nenek moyang jaman dahulu dan menjadi salah satu ciri identitas pakaian masyarakat Indonesia hingga sekarang. Revolusi kebaya menjadi beraneka ragam dan selalu terjadi perputaran trend dari masa ke masa. Misalkan kebaya jenis kutu baru menjadi tren masyarakat jaman dahulu dan sekarang digemari kembali oleh generasi milenial untuk menghadiri acara resmi, acara pesta pernikahan dan juga acara wisuda.  Setelah model kutu baru disusul model kebaya dengan bordiran yang sekarang juga masih banyak digemari. Muncul pula kebaya brokat serta berbagai bentuk kebaya yang dimodifikasi oleh desainer dan menggabungkan dengan desain kebaya nan unik dan menarik.
 
Oleh karena revolusi kebaya dari jaman dahulu ke masa sekarang cenderung seperti tren yang terulang kembali, Saya ingin mengajak para pembaca untuk memanfaatkan kebaya lama, kebaya warisan ibu ataupun warisan sang nenek dengan mengkombinasikan dengan pakaian yang telah ada serta menambahkan sentuhan yang menarik sehingga terlihat elegan dan mempesona.Hal hal yang perlu dilakukan antara lain:
 
A.   Cari dan kumpulkan kebaya lama kamu, sang ibu serta sang nenek.
 
Dalam pengumpulan ini kalian harus lihat kriteria sebagai berikut:
1.     Kebaya masih memiliki warna yang bagus dan tidak pudar
2.     Kondisi kebaya masih utuh, tidak sobek atau rusak parah. Apabila kebaya dalam kadaan tidak baik namun masih dapat diperbaiki, kalian harus memperbaiki kondisinya terlebih dahulu. Misalkan kancing yang hilang dapat ditambahkan kancing yang baru, jahitan yang terlepas hendaknya dijahit kembali dengan rapi.
 
B.    Cuci, kenali kondisi dan setrika agar kebaya lama menjadi lebih bersih dan rapi
Hal ini harus dilakukan agar kebaya lama nampak rapi ketika digunakan dan bersih sehingga tidak menimbulkan gatal dan bau apabila dipakai.
 
C.    Kenali jenis kebaya, warna kebaya, serta mencoba memadu padankan kebaya lama dengan bawahan atau aksesoris yang sesuai.
 
Macam kebaya dan pengenalan kriteria kebaya:
 
1. Kebaya Kutu Baru
 Model  kebaya ini tergolong serhana dan tidak banyak terdapat motif, kebanyakan kebaya ini menggunakan kain yang polos atau dengan motif bunga kecil-kecil dan tidak terlalu ramai.
 

[url=https://www.kaskus.co.id/forum/quicknewthread/[removed];][/url][url= www.blackhairstylecuts.com]Kebaya Kutu baru dengan motif bunga kecil[/url]


Jenis kebaya yang simple seperti ini bisa dikombinasikan dengan motif bawahan yang lebih ramai dan heboh agar mengimbangi modl yang simple, misalkan dengan menggunakan rok lilit dengan motif batik yang warnanya snada dengan atasan atau warna yang berbea namun serasi untuk di pandang.

Kebaya kutu baru yang bermotif polos juga dapat dikombinasikan dengan selendang atau kain yang warnanya serasi dengan kebaya.

Kebaya kutu baru dengan slendang

Kebaya kutu baru yang mempunyai desain simple ini juga dapat ditambahkan akseesoris seperti kalung dan bros.
[url= www.pinterest.com][img]https://s.kaskus.id/images/2019/08/22/10675328_20190822042824.jpg[/img][/url]
[url= www.pinterest.com]Kutu baru dengan bros [/url]

2. Kebaya Motif Bordir
Jenis kebaya ini tergolong memiliki motif yang cenderung ramai dan berwarna warni. Kebaya ini dapat dikombinasikan dengan bawahan yang sedikit lebih simple namun tetap bermotif senada, dan dapat ditambahkan aksesoris yang kecil pada bagian tubuh lain seperti anting-anting atau jepitan di bagian rambut agar terkesan simple dan terlihat manis.


[url= www.pinterest.com]Kebaya bordir[/url]

3. Kebaya Bali
Kebaya bali ini cenderung memiliki model yang hampir mirip dengan kebaya kartini nan simpel, namun ada kombinasi selendang yang di ikat di bagian perut.
 Kebaya ini cenderung dengan menggunakan kain brokat yang ramai. Padu padan dengan selendang menjadi hal yang paling penting karena keindahannya terletak dalam perpaduan warna kebaya dan selendang.

Kebaya Bali

Perpaduan yang pas antara kebaya dengan bawahan dan aksesoris akan membuat kesan yang elegan. Tidak harus berwarna senada, namun kita harus bisa mengkombinasikan warna yang berbeda agar terlihat mempesona. tentunya aksesoris yang sesuai juga mempengaruhi keindahannya.

Tips perpaduan warna kebaya:

1. Warna pastel dapat dipadukan dengan warna warna yang cenderung bebas.
2. Warna kuat seperti merah, hijau dan biru lebih baik dipadukan dengan warna netral seperti hitam, putih dan coklat.
3. Warna netral dapat dipadukan dengan segala macam warna.
4. Apabila ingin memadukan warna yang sama sama kontras dan kuat seperti merah dan hijau, sebaiknya 2 warna saja, dan tidak mencampur dengan 3 atau 4 warna karena akan sangat merusak mata dan tidak enak untuk dipandang.
5. Penggunaan kain yang bermotif pada bagian atas sebaiknya menggunakan kain polos atau sedikit motif pada bagian bawahnya, begitu pula sebaliknya.

Semoga dengan tips-tips yang sudah saya paparkan diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca. Jangan takut untuk memakai dan memanfaatkan kebaya lama ibu atau nenek dan mengkombinasikan dengan kebaya lama kalian tanpa harus membeli yang baru.  Selama kalian bisa memadu padankan kebaya kalian dengan baik, kalian akan terlihat sangat elegan dan mempesona. 
Diubah oleh Rain171 09-09-2019 07:34
hvzalf
Richy211
tata604
tata604 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
FashionistaKASKUS Official
2.2KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.