Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritaFlashAvatar border
TS
BeritaFlash
Jawab Kritikan Riyanni Djangkaru, Pemprov DKI: Kita Gunakan Batu Gamping
sebelumnya....

Riyanni mengatakan, dirinya belum bisa bertemu secara langsung karena berdomisili di Bali dan baru ke Jakarta jika ada kegiatan. Namun, dia mengatakan sore tadi telah ditelepon langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati. Mereka kemudian berdiskusi terkait permasalahan tersebut.

"Beliau bilang ada beberapa poin yang menarik. Pertama, beliau bilang dia bertanya pada staf-stafnya bahwa memang karang itu disupply oleh pembuat proyeknya melalui sebuah toko batu. Beliau mengakui ketidaktahuan, jadi lalai mengenai batu apa yang digunakan untuk instalasi tersebut," kata Riyanni.

==> https://news.detik.com/berita/d-4679...548.1561209675


---


selanjutnya ....
Jawab Kritikan Riyanni Djangkaru, Pemprov DKI: Kita Gunakan Batu Gamping

Jakarta - Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati menyatakan instalasi gabion di Bundaran Hotel Indonesia tidak menggunakan material terumbu karang. Setelah dicek, lanjut Suzi, gabion dibuat dari batu gamping.

"Jadi menanggapi informasi selama beberapa hari ini tentang viral, penggunaan terumbu karang di instalasi gabion. Saya nyatakan itu tidak benar. Bahwa yang kita gunakan adalah batu gamping. Sesuai dengan konsep yang telah disiapkan oleh Dishut," kata Suzi di lokasi instalasi gabion, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2019).

Baca juga: Instalasi Gabion Dikritik Riyanni Djangkaru, Ini Tanggapan Warga

Suzi mengatakan telah menerima masukan terkait gabion dari kalangan masyarakat seperti aktivis dan akademisi. Dia memaklumi kekhawatiran berbagai pihak soal dugaan instalasi gabion menggunakan terumbu karang.

"Oleh sebab itu kita mengevaluasi, bahwa semua masukkan masyarakat untuk kita, menjadi bahan evaluasi. Akhirnya semua kita evaluasi, semua bahan kita kumpulkan dan masukkan dari akademis, kemudian kita lanjut ke lokasi," jelas Suzi.

Dari pemeriksaan jenis batuan, terang Suzi, akademisi dari Univesitas Indonesia (UI) menyatakan instalasi gabion menggunakan batu gamping. Dia menegaskan lagi bahwa kabar yang beredar di publik terkait instalasi gabion berbahan terumbu karang adalah tidak benar.

"Kita periksa bersama-sama dan dinyatakan oleh (akademisi) dari UI bahwa itu adalah batu gamping yang terproses jutaan tahun yaitu menjadi batu gamping," ucapnya.

Baca juga: Riyanni Djangkaru Persoalkan Material Terumbu Karang di Instalasi Gabion

"Jadi sama sekali tidak benar bahwa yang kita gunakan adalah terumbu karang," tegas Suzi.

Ahli Geologi UI, Asri Oktaviani, turut memberi penjelasan ilmiah terkait material gabion. Dia memaklumi jika orang menyangka material gabion adalah terumbu karang. Asri menyatakan batu yang digunakan merupakan batu gamping terumbu atau gamping kerangka.

"Jadi kemarin kan sempat ramainya dia terumbu karang ya. Kita mikirnya dia diambil di laut, terus hewan-hewannya pada mati. Jadi sebenarnya setelah tadi saya lihat, saya perhatikan ternyata dia itu batu. Batuan itu kita sebutkan itu batu gamping, batu gamping terumbu," kata Asri di lokasi.

Asri mengatakan gamping terumbu berasal dari terumbu karang yang telah mati pada jutaan tahun lalu dan mengalami proses kristalisasi. Selanjutnya, batu gamping terumbu atau kerangka ini pun banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Posisinya pun sekarang bukan di pantai, tapi di gunung. Kalau tahu penambangan di Tuban, di Lamongan, di Gresik, nah itu dia pemanfaatannya seperti itu," jelasnya.
(aud/tsa)

==> https://news.detik.com/berita/d-4680...m=news_mostpop

---

waduh gimana ini gan, apa jatuhnya itu fosil atau gimana ini ?
pakar geologi, marine biologis, kehutanan di kaskus silahkan ramaikan trid ini

---

ah untung udah berhenti dengan hormat atas permintaan sendiri sbg PNS, slh satunya ya ane gak bisa berada di lingkungan orang2 yang terlalu mudah dan cepat bilang "TIDAK TAHU"
Diubah oleh BeritaFlash 25-08-2019 15:34
epicenter
epicenter memberi reputasi
1
2.7K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.