keenandra2910Avatar border
TS
keenandra2910
Dishut DKI: Instalasi Gabion Bisa Jadi Edukasi Masyarakat
Dishut DKI: Instalasi Gabion Bisa Jadi Edukasi Masyarakat

Jakarta - Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan instalasi gabion di kawasan Bundaran Hotel Indonesia bisa jadi sarana edukasi masyarakat. Menurutnya, material gabion yang berupa batu gamping terumbu menjadi pengetahuan baru.

"Keberadaan gabion ini bermakna untuk masyarakat. Jadi kalau anak-anak sekolah atau orang awam datang untuk ke titik temu HI ini dia bisa melihat edukasi," kata Suzi di lokasi instalasi gabion, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2019).

Suzi sendiri telah menjelaskan bahwa instalasi gabion menggunakan material batu gamping terumbu atau gamping kerangka. Dia menegaskan batu gamping terumbu memang digunakan untuk kepentingan ornamen.

"Yang mana memberikan satu penjelasan yang namanya terumbu karang dengan faktor proses alami, proses ekologi menjadikan dia jutaan tahun. Menjadi batu gamping yang dapat digunakan untuk ornamen-ornamen lanskap. Misalkan digunakan untuk bahan bangunan dan sebagainya," ujarnya.

Ia menambahkan, instalasi gabion dibuat dengan mengusung konsep penyelaras lingkungan. Hal itu tampak dari susunan instalasi gabion yang terdiri atas batuan dan tanaman.

"Batu ini memang kita buat. Kemarin itu kan kalau gabion itu kita lihat adalah sebuah keranjang ya, susunan batu bata yang lazimnya itu dibuat secara alami di sungai, sebagai penyerap air, dan di sini memang kita mencotohkan kemarin adalah satu kaitannya dengan HUT RI. Kedua, dengan pelestarian lingkungan, di mana di tempat ini kita gambarkan, kita buatkan contoh penyelaras lingkungan. Kita buatkan tanaman-tanaman contoh jenisjenis polutan. Kenapa batu? Batu itu juga kan alamiah. Jadi kita buat seperti itu konsepnya," tutur Suzi. (tsa/tsa)

Sumber: https://m.detik.com/news/berita/d-46...71.1566291781#

Ane terus terang nih para suhu semua yg ada dimarih, msh bingung apa terumbu karang itu batu apa tumbuhan, terus apa edukasi gabion ada ditengah2 kota gini, trs sepintas kayak bronjongan di pinggir jalan k puncak, tempat mangkal nya aa tkg senter penyedia villa plus isi nya yg variatif dri usia belia same stw...
emol
kenpachiku
kenpachiku dan emol memberi reputasi
2
1.6K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.