kaniarfAvatar border
TS
kaniarf
Diceletukkin Hal Rasis? Ini Pengalaman Ane!

ALOHA GANSIS

WELCOME TO MY THREAD

 emoticon-Selamatemoticon-Ultah

Sebelum masuk ke tema pembahasan, ane mau tepuk tangan dulu buat Kaskus yang udah ngelempar banyak event bulan ini. Apalagi eventnya yang tentang opini-opini kaya gini. Menurut ane sih event kaya gini bermanfaat banget buat para kreator. Bukan soal bonus poinnya aja, tapi kreator diajak untuk berpikir kritis, gak cuma rewrite artikel yang sudah ada sebelumnya. Fungsi Kaskus sebagai Forum Diskusi juga jadi lebih hidup. Well, menurut ane, inilah event menulis yang sebenarnya. (Happy~)

 

KEEP CALM AND STOP RACISM!

emoticon-Tepuk Tangan

Gansis pernah gak sih mendapat komentar atau celetukan rasis dari orang sekitar? Iya, bisa dari teman, saudara, tetangga atau bahkan orang tua sendiri. Biasanya apa yang gansis lakukan? Ngajak mereka debat atau mangut-mangut aja daripada ribut? (hehe)

Ane pribadi pernah ngalamin nih, bahkan lumayan sering. Gak cuma dari temen loh, bahkan dari keluarga sendiri. Nah kalau udah gitu agak gak enak kan ngebantah apalagi kalau yang nyeletuk orang tua, dilema banget takut dibilang gak sopan kalo ngebantah. Padahal kalau dilihat dari silsilah pohon keluarga, suku ane gak murni-murni amat. Iya, maksudnya ada campuran suku bangsa yang berbeda. Lebih tepatnya ane sering dijuluki anak suku JA-NDA alias Jawa dan Sunda (hayo mikir apa?).

Oh iya, di sini ane mausharing pengalaman celetukan rasis yang pernah ane terima. Kalau ada kata yang kurang berkenan, ane mohon maaf karena percayalah ane pun kesal saat mendengarnya. Ane di sini hanya mengulang apa yang ane dengar, gak ada maksud untuk merendahkan suku tertentu (apalagi cari ribut) karena suku yang disebutkan sebenernya ya suku ane juga. Jadi, mohon disikapi dengan bijak ya!

 

Quote:

 

Quote:

 

Nah kira-kira begitulah sedikit pengalaman ane soal celetukan rasis yang pernah ane terima. Kalau gansis gimana? Pernah ngalamin juga gak? Kalau pernah, apa yang biasanya gansis lakukan? Sikap ane sih biasanya liat dulu siapa yang nyeletuk. Kalau teman seumuran ya bisa ane tegur langsung. Tapi kalau sama orang yang lebih tua perlu trik khusus biar gak tersinggung. Minimal dicari waktu yang tepat untuk duduk bareng sambil diskusi santai.

Menurut ane pribadi, perbedaan di Indonesia tidak seharusnya dibuat ribut-ribut dan saling menjelekkan. Justru hal ini bisa kita jadikan kekuatan untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia dengan segala perbedaannya bisa bersatu dengan menjunjung tinggi toleransi, baik toleransi antar suku, budaya maupun agama. Gimana? Setuju gak?

 

emoticon-Big Kissemoticon-Rate 5 Staremoticon-Cendol Ganemoticon-terimakasih

Quote:
Diubah oleh kaniarf 22-08-2019 09:41
davecchio
ulermaboq
screamo37
screamo37 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
12.3K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.