Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaka10ciaoAvatar border
TS
kaka10ciao
Ibu Kota Pindah, Para Pengembang Ini Ketiban Durian Runtuh
Diam-diam para pengembang kakap sudah memiliki stok lahan di kawasan Kalimantan Timur (Kaltim) terutama di Balikpapan dan Samarinda. Kedua kota mengapit calon lokasi ibu kota Indonesia yang baru nantinya. 

Ketua DPD Realestate Indonesia (REI) Kaltim Bagus Susatyo mengatakan memang ada para pengembang besar yang sudah punya stok lahan di kedua kota tersebut. Mereka sudah menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum ada rencana pemindahan ibu kota. 

Ia bilang Sinarmas Land punya cadangan lahan sampai 200 hektar di Balikpapan, dan jumlah yang sama di Samarinda Kaltim. Bagus bilang Agung Podomoro juga punya lahan hektaran di Balikpapan maupun Samarinda. 


Pengembang lain seperti Ciputra juga punya lahan hektaran di kedua kota tersebut. Ciputra memang punya kerja sama operasi di Balikpapan dan Samarinda. Selain itu, ada pengembang lain yang punya cadangan lahan di Kaltim. 

"Itu sudah sejak 10 tahun lalu," kata Bagus kepada CNBC Indonesia, Kamis (22/8) 


Bagus mengatakan dampak pemindahan ibu kota tentu akan berimplikasi berputarnya ekonomi terutama dalam jangka pendek dari biaya pembangunan yang mencapai Rp400 triliun lebih. Belum lagi adanya pembangunan kawasan permukiman dan pusat komersial lainnya. Properti di Kaltim dalam empat tahun terakhir sedang mandek, adanya lokasi ibu kota baru akan mengerek kawasan ini. 

"Yang jelas akan ada proses konstruksi dan pembangunan paling tidak ada sentral ekonomi yang bergerak, hunian tetap berjalan kalo pasca tambang sudah habis di Kaltim, sekarang dengan ibu kota baru, ada sedikit harapan," katanya.

Direktur PT Ciputra Development Tbk Tulus Santoso Brotosiswojo mengakui perseroan memang punya banyak proyek di dua kota di Kaltim, di Balikpapan dan Samarinda. 



"Iya itu memang proyek pengembangan oleh CTRA tapi under KSO (Kerja Sama Operasi) artinya land bank tersebut milik partner lokal kita," katanya. 

Sementara itu, Direktur Sinar Mas Land Ignesjz Kemalawarta, tak mau menjawab saat dikonfirmasi. Ia bilang masalah stok lahan perseroan di Kaltim "masih rahasia". 


Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) F. Justini Omasbahkan tak merespons saat dikonfirmasi. 


Ibu Kota Pindah, Para Pengembang Ini Ketiban Durian Runtuh



https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-durian-runtuh

Lahan yg empuk ..gurih.
Masa yg akan datang hutan2 bakal gundul..

Makasih pak jokowi. emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh kaka10ciao 24-08-2019 07:07
animegazone
mamatsapien
fira262
fira262 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.5K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.