Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

randomstalkAvatar border
TS
randomstalk
Sistem Pendidikan Indonesia. Perlukah Dirubah?

Berbicara mengenai Pendidikan. Ane selalu teringat masa-masa di mana ane masih sekolah / kuliah dulu. Masa-masa yang selalu buat ane pingin cepet-cepet dewasa. emoticon-Ngakak (S)

Berbicara mengenai pendidikan di Indonesia, semua orang pasti memiliki pandangannya masing-masing, mungkin ada yang menganggap bahwa sistem pendidikan di kita itu harus dikurangi jam sekolah dan juga PR nya agar para siswa tidak terbebani, ada juga yang mungkin berpendapat sebalikanya yang menganggap bahwa pendidikan di Indonesia harus di tambah padat agar menjauhkan anak-anak dari perbuatan yang tidak baik seperti pacaran, tawuran, dll. emoticon-Malu (S)


Ane sendiri lebih setuju dengan pendapat yang mengurangi jam sekolah karena dulu waktu ane masih pelajar ane merasakan betapa tertekannya menjadi seorang pelajar. emoticon-Berduka (S)Hingga kini ane sudah bekerja, rasanya lega sekali masa-masa sekolah sudah terlewati emoticon-Malu (S)

Dan satu persatu, jawaban dari pertanyaan ane ketika masih pelajar dulu mulai terkuat ketika ane akhirnya saat ini sudah lulus dan sudah kerja. Dulu ane bertanya-tanya, apakah semua yang ane pelajarin ini, mulai dari rumus matematika yang rumit, hingga pengetahui tentang tumbuhan yang sekarang ane udah lupa akan terpakai dikemudian hari? emoticon-Bingung (S)Dan ternyata sampai saat ini tidak terpakai emoticon-Malu (S)


Dan pertanyaan tentang seberapa penting Nilai Rapot saat sekolah & IPK saat kuliah pun terjawab sudah ketika pada akhirnya nilai Rapot lah yang membantu ane bisa masuk Perguruan Tinggi yang ane mau dan IPK ane yang cukup tinggi lah yang membantu ane mendapatkan pekerjaan impian ane di perusahaan yang memiliki nama besar.

Dan kedua jawaban dari pertanyaan ane diatas pun menjadi dilemma karena agar sukses kita membutuhkan nilai yang bagus, sementara apa yang kita pelajari itu sendiri tidak semuanya terimplementasikan dalam kehidupa sehari-hari ketika kita lulus.


Maka dari itu ane sendiri berpendapat bahwa ada yang harus dirubah dari sistem pendidikan kita. Menurut ane pelajaran yang sangat penting di era milenial ini adalah pelajara Bahasa Inggris dan Pelajaran Komputer. Karena kedua hal tersebut merupakan gerbang menuju dunia untuk saat ini. Bahasa Inggris bisa membantu kita mengeksplor lebih banyak hal di Internet karena sebagian besar konten di Internet berbahasa Inggris, dan Ilmu Komputer akan memudahkan siapa saja nantinya dalam bekerja. Karena hampir semua pekerjaan saat ini mengguanakan komputer. Untuk pelajaran matematika ane kira sampai perkalian saja sudah cukup berguna untuk digunakan dalam transaksi jual beli tidak perlu sampai yang jelimet. Dan pelajaran menghapal nama-nama tumbuhan / lainnya menurut ane tidak terlalu diperlukan karena di era milenial ini ada google yang bisa menyedikan banyak informasi secara gratis. Jam sekolah / kuliah yang panjang pun menurut ane tidak diperlukan karena kapasitas otak manusia itu sendiri terbatas, bila di cocoki oleh kebanyakan materi dalam satu waktu yang ada malah membuat tertekan dan banyak materi yang tidak bisa diserap.


Namun demikian itu hanyalan opini ane sebagai orang yang pernah merasakan betapa penuh perjuangannya menempuh pendidikan di Indonesia, di luar sana mungkin banyak orang yang lebih tahan untuk belajar sampai berasap-asap kepalanya, namun demikian tentunya banyak juga yang tidak kuat bila dicocoki pelajaran dalam satu waktu seharian penuh.

Demikian yang ada ane sampaikan, semoga sistem pendidikan kita bisa lebih bagus lagi kedepannya dengan melahirkan bibit-bibit unggul dan berprestasi agar bisa mengguli Amerika yang meskipun jam sekolanya tidak sebanyak di Indonesia tapi orang-orangnya bisa bikin tekonologi canggih emoticon-I Love Indonesia (S) 
Diubah oleh randomstalk 23-08-2019 15:42
erina79purba
erina79purba memberi reputasi
1
533
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.