Rapunzel.iciousAvatar border
TS
Rapunzel.icious
Kebaya Sebagai Outfit Kerja, Elegan Loh


Salah satu aturan mengenai seragam untuk pegawai negeri sipil di Kota Bandung adalah memakai kebaya setiap hari Rabu. Aturan ini diberlakukan sejak Bapak Ridwan Kamil menjabat sebagai walikota Bandung. Sampai saat ini, peraturan tersebut masih belum berubah. Saya pun berharap tidak perlu diubah karena kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu cara agar tetap melestarikan kebaya yang terkadang dikhususkan hanya ketika acara pernikahan saja.

Jangan menilai bahwa mengenakan kebaya untuk bekerja terlihat sangat tidak simpel. Nyatanya, kita bisa memilih model-model yang cukup elegan untuk digunakan bekerja. Apabila bosan dengan kebaya yang itu-itu saja, Sista bisa mencoba untuk menjahit kebaya sesuai dengan kebutuhan.

Lantas, seperti apa kebaya yang pas untuk dipakai sebagai outfit kerja?

1. Kebaya berbahan katun

Pict source

Katun adalah jenis kain yang ringan dan lembut. Selain itu, kain katun memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan baik. Kebaya berbahan dasar katun akan memberikan kenyamanan ketika bekerja tetapi tidak menghilangkan nilai elegan dari kemeja itu sendiri.

2. Model kebaya encim

Pict source

Model kebaya yang merupakan perpaduan budaya dengan budaya Tiongkok ini, diklaim sebagai model kebaya modern. Desainnya yang simpel, sangat cocok digunakan sebagai busana kerja. Kesan elegan yang nampak dari model kebaya ini terdapat pada bordirannya.

3. Dipadukan dengan bawahan yang nyaman

Pict source

Agar tetap gesit dalam bekerja, tentu saja bawahan berupa rok span tidak direkomendasikan. Bawahan yang cocok bisa berupa rok dengan banyak lipit atau rok A-line yang tetap terlihat elegan dan tetap formal. Sista juga bisa memilih celana bahan untuk bawahan kebaya. Dengan model bawahan seperti itu, Sista bisa lebih leluasa dalam beraktivitas.

4. Kebaya lengan pendek

Pict source

Untuk Sista yang tidak berjilbab, mengenakan kebaya lengan pendek sebagai outfit kerja masih tetap menampilkan nuansa elegan dan formal. Model kebaya lengan pendek sudah banyak dibuat oleh para desainer misalnya Anne Avantie dan Ivan Gunawan.

5. Tambahkan sedikit accessories

Pict source

Tidak ada salahnya menambahkan pemanis berupa accessories yang sederhana seperti kalung dengan bandul kecil. Tambahan accessories tidak akan mengurangi tingkat keformalan dalam berbusana. Sista akan terlihat lebih fresh dan tentu saja elegan.

Cukup banyak hal yang bisa dipadu padankan saat mengenakan kebaya untuk outfit kerja. Selain bisa membuat Sista tetap energik, tampilan elegan pun akan menguar dalam diri dan bisa memberikan energi positif. Hal yang pasti, mengenakan kebaya sebagai busana kerja secara rutin sekali dalam seminggu dapat mempertahakankan dan melestarikan budaya berkebaya yang sudah ada sejak Indonesia belum merdeka.

So', apakah Sista mau coba pakai kebaya meskipun bukan tuntutan pekerjaan?


Sumber tulisan: opini pribadi
Diubah oleh Rapunzel.icious 23-08-2019 14:02
tata604
cheria021
janeeta97
janeeta97 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
8.7K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
FashionistaKASKUS Official
2.2KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.