Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amik22Avatar border
TS
amik22
Sulitnya Menjadi Anak Turunan Pribumi Dan Non Pribumi
Kalian tau gak sih susahnya jadi anak yang memiliki keturunan tionghoa atau yang biasa kalian sebut dengan china?
Sini gua kasih tau.

Ya gua anak keturunan tionghoa dari bokap gua dan jawa dari nyokap gua, selama gua hidup, gua selalu susah untuk mendapatkan teman yang dimana ketika gua SD gua sekolah di kalangan mayoritas tionghoa (gua gak mau nyebut china karna terlalu rasis menurut gua), gua sering mendapatkan perlakuan yang bisa disebut rasis dan bully, contohnya seperti ini, ketika gua sekolah kisaran kelas 1 atau 2 sd gitu, temen gua mungkin tidak sengaja menginjak sepatu gua lalu gua ngomong sama dia "eh kaki gua keinjek" ntah dia gak dengar atau gimana gua ngomong lagi ke dia "jef kaki gua lo injek" setelah itu dia hanya mengangkat kakinya sambil senyum licik gimana ya mungkin kalian bisa ngebayanginnya ya dan disitu gua ngerasa dia emang sengaja, refleks tangan gua ngambil botol minum plastik merek AHUA dan gua tokok kepalanya dan dia langsung menerjang gua dan terjadilah perkelahian, gua mencoba menangkis dan membalas pukulannya dan tidak disangka 3 temennya menangkap tangan gua dari belakang dan muka gua kenak tinju dari dia, ntah gimana caranya gua bisa lepas dari 3 temannya yang megang gua, gua mulai menghajar 3 temen nya itu dan dia hingga nangis ketiganya.
Ketika pulang sekolah gua tibatiba didatangin oleh ke 4 orang tua mereka yang marahmarah ke gua, gua lupa apa katakata mereka, yang jelas gua sampai takut untuk masuk sekolah mungkin sekitar 2 hari gua gak mau disuruh nyokap gua sekolah dan akhirnya nyokap gua nanya kenapa gua gak mau disuruh sekolah dan akhirnya gua ceritain semuanya ke nyokap gua daa nyokap gua cerita ke bokap gua yang akhirnya bokap gua nyuruh nyokap gua buat datangin ke 4 orang tua yang telah memarahin gua dan akhirnya nyokap gua kesekolah untuk memarahin balik nyokap temen temen gua.
Dari sini gua mendapatkan rasis yang parah gua dijauhin sama temen-temen sekelas gua dengan alasan "gua seorang pribumi". Sampai dengan tamat SD gua tetap dijulukin seorang pribumi walaupun tidak semua temen gua menjauhi gua tetapi perlakuan itu selalu terlihat ketika punya masalah gua dikroyok habis-habisan sampai tidak bisa apaapa. Oke skip.

Gua pindah sekolah ketika SMP yang dimana mayoritas orang pribumi disini tidak terlalu banyak cerita karna gua disekolah ini sampai tamat SMA.

ketika SMP teman-teman gua menganggap gua ini ada oraag tionghoa kebalikan dari SD gua dianggap orang pribumi dan SMP gua dianggap orang tionghoa. Disini gua sering juga mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakan dari beberapa temen gua yang dimana gua sering dipalakin mungkin hampir setiap hari selama 3 tahun gua bertahan dengan alasan gua menghindari masalah, mungkin kalian menganggap gua cemen gak berani ngelawan, tapi dibeberapa kasus gua sering ngelawan sampai terjadi pekelahian walaupun gua yang sering babak belur tapi setidaknya gua bisa ngelampiasin emosi gua yang dibawa dari rumah hahahaaha.
Tidak semua temen gua yang di SMP seperti itu ada juga yang sampai sekarang menjadi sahabat gua mereka adalah yang selalu membantu gua ketika gua berantem sama orang yang ngompasin gua.
Oiya bagi yang gak tau ngompasin artinya itu malakin hahaahaha.
ketika SMA orang yang sering malakin gua pindah sekolah dan gua aman selama 3 tahun itu, walaupun gua sering dikatain temen temen gua dengan sebutan "CHINA" tapi gua tau mereka hanya bercanda, ya bercanda selama 3 tahun hahhahaha.
Masuk di kehidupan yang sebenarnya dimana gua kuliah di semester 8, gua mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah gua. Gua jurusan akuntansi, dari semester 4 sampai pertengahan semester 8 gua udah kerja tapi gua ditawarin kerja sama abang gua buat ngelamar di perusahaan tempat abang gua bekerja tetapi beda PT abang gua di PT yang menyediakan motor dan gua di tawarin di PT yang menyediakan mobil hanya beda nama PT dan management makanya gua bisa masuk keperusahaan tersebut dan gua juga dibantu oleh manager HRD PT tersebut yang sebelumnya 1 PT sama abang gua.
Gua pun melamar di PT tersebut sebagai internal auditor dan gua lulus masuk kerja disana.
Hari pertama masuk kerja manager gua udah ngomong "lu bisa bahasa hokkien?" Gua jawab "bisa pak, tapi saya cuma bisa tau orang ngomong apa, kalo ngomongnya saya kaku" terdia jawab "lu belajar ya bahasa hokkien" disini gua udah curiga dalam hati gua "gawat nih pasti bakal ada cerita rasis lagi".
Ternyata apa yang gua pikirin bener, gua dirasis in bukan sekedar gua dianggap pribumi tapi sekarang karna agama gua, gua seorang muslim. Mulai dari gua ditanya "lu makan babi?" Gua jawab "gak pak" lalu dia jawab "kenapa diagama lu gak boleh makan babi?", gini gua bukan masalah bisa jawab atau gak kalau gua lawan orang begini gak ada gunanya dia gak bakal mau ngerti, akhirnya gua jawab "gak tau pak" terus dia jawab "jangan ngedoktrin gitu dong" disini gua mikir nih orang gila ya agama orang di bilang ngedoktrin, gini deh agama mana yang gak ngedoktrin?. Gua cuma bisa diam padahal rasanya pengen gua obrak abrik mejanya, disini gua berat ngelawan karna gua harus menjaga nama baik HRD yang ngebantuin gua masuk dan nama baik abang gua. Tidak sampai disitu gua makai gelang tasbih pasti kalian tau lalu manager gua megang dia nanya "apa ini? Ini yang buat allahuakbar allahuakbar itu kan" kalian paham gak sih orang yang gak biasa ngucapin nya pasti agak aneh kan? Apalagi yang gak muslim mengucapkan nya apa gua gak ngerasa aneh gitu? Gua hanya bisa diam seribu bahasa. Selajutnya ketika mendekati hari raya imlek ditahun ini tepatnya H-1 sebelum imlek perusahaan gua masuk setengah hari, iya setengah hari untuk seluruh karyawan kecuali gua, gua masuk 1 hari, padahal dikantor itu gak hanya gua yang muslim di divisi lain ada yang muslim tapi mereka semua tetap setengah hari, disini gua tetap sabar gua tetap masuk 1 hari, dalam pikiran gua berharap dia berubah dengan gua gak ngelawan apaapa. Tetapi yang gua harapkan gak pernah terjadi karna gua kembali di rasisin dengan dia nanya "lu kok gak pernah sholat?" Disini gua memang salah gua akui gua bukan muslim yang taat dan gua hanya jawab "pernah kok pak" dia jawab "udahlah ayok makan babi lu kan gak pernah sholat, cuma islam ktp doang" wah gua disini emang bego karna untuk menjaga nama baik orang gua jadi bulanbulanan bullyan dia.Akhirnya di akhir bulan juni kemarin gua resign, bukan karna gua takut sama dia karna gua takut akal sehat gua rusak.

Jadi intinya yang mau gua bilang tolong kami anak turunan tionghoa dengan suku yang dianggap pribumi ini, sebenarnya susah untuk hidup dikalangan seperti yang gua ceritain diatas itu, kami samasama gak bisa milih harus ke pribumi atau ke non pribumi, emang segitu penting ya pribumi dan non pribumi itu? Sama kami gak ada yang namanya pribumi atau non pribumi kami ditengah tengah jadi tolong hilangkan kata pribumi dan non pribumi dan untuk perusahaan yang selalu mencari karyawan dengan kriteria "Pandai Berbahasa Hokkien" tolong lu mau cari karyawan apa mau ngumpulin orang tionghoa buat diperusahaan elu? Jadi tolong jangan ada perbedaan gitu deh yang bisa kerja ya lu ambil jangan karna dia bisa bahasa hokkien lu terima yang bisa kerja gak pande bahasa hokkien lu tolak, karna apapun yang kami pelajarin diuniversitas tidak semuanya ada ketika kita praktek di dunia kerja paling cuma 10% yang ilmunya bisa diterapkan.

Jadi gua hanya berharap untuk orang orang yanh ngebaca tread ini semoga kalian bisa hilangkan persepsi pikiran kalian yang dia pribumi dia non pribumi tolong hilangkan karna orang yang kayak gua ini 2 turunan bingung harus berteman sama siapa.

Sekian deh cerita dari gua, gua minta maaf kalau ada salah cakap atau gimana gua mohon maaf sebesar-besarnyaemoticon-Shakehand2
Diubah oleh amik22 23-08-2019 13:22
indahmami
cindurmato
anasabila
anasabila dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.