uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
PNS Pindah ke Ibu Kota Baru Dijamian Dapat Rumah
Jakarta - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di pemerintah pusat bakal ikut pindah ke ibu kota baru negara di Kalimantan. Pemerintah mengatakan keluarga PNS akan diikutsertakan.

Pemerintah pun menjamin hunian bagi PNS dan keluarganya yang pindah ke ibu kota baru. Rumah bagi PNS ini kemungkinan modelnya adalah rumah vertikal alias apartemen.

1. Anak dan Istri/Suami Diajak

Pegawai negeri sipil (PNS) di pemerintah pusat bakal ikut pindah ke ibu kota baru negara di Kalimantan. Pemerintah mengatakan keluarga PNS akan diikutsertakan.

"Membawa keluarga. (Alasannya) tentunya ya lebih mereka dekat dengan keluarganya kan. Masa bolak-balik ke Jakarta-Kalimantan," kata Ketua Tim Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara dari Bappenas Imron Bulkin kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

PNS, termasuk anggota legislatif dan yudikatif beserta keluarganya yang akan pindah, lanjut dia sebanyak 884.840. Jika keluarga tak dihitung jumlahnya sekitar 200 ribuan PNS termasuk legislatif dan yudikatif.

"Memang desain kita itu ya ASN membawa keluarganya, anak istri satu keluarga. Tiap pegawai memiliki anggota keluarga. Itu totalnya sekitar 884.840, jadi sekitar 900an ribu lah (yang pindah ke ibu kota baru)," jelasnya.

Hanya saja mengenai biaya kepindahan para PNS dan keluarganya belum dibahas. Dia belum bisa mengatakan, apakah biayanya ditanggung pemerintah atau menggunakan skema lain.

"Kita belum sampai detail itunya ya, pembiayaan (kepindahan PNS) ini," tambahnya.


2. Dapat Rumah Vertikal

Pemerintah menjamin hunian bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang pindah ke ibu kota baru negara di Kalimantan. Pemerintah yang akan membangunkan rumahnya. Kemungkinan modelnya adalah rumah vertikal alias apartemen.

"Perumahan ASN (PNS) ini disiapkan oleh pemerintah. Artinya apartemen ya, apartemen semacam untuk perumahan pegawai, dibuat oleh pemerintah," kata Ketua Tim Kajian Pemindahan Ibu Kota Negara dari Bappenas Imron Bulkin kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Tapi desain hunian ini belum diketuk palu akan berbentuk apartemen. Tapi melihat desain besar ibu kota baru negara, yang paling cocok adalah hunian vertikal.

"Kita belum sampai detail itu ya. Tapi kita hanya menghendaki nanti kotanya itu jadi compact city, jadi tidak menyebar. (Yang cocok) memang apartemen," jelasnya.

Namun akhirnya akan diputuskan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mereka lah yang akan menyiapkan urban design-nya.

Rumah bagi PNS ini memang disediakan oleh pemerintah. Namun pemerintah belum membicarakan lebih lanjut apakah nantinya PNS harus membayar sewa atau tidak.


Sumur: https://m.detik.com/finance/properti...umah/3/#search


Bakal bekurang 1 jutaan nih penduduk jakarta..

emoticon-Traveller
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
1.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.