• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gak Hanya Bikin Fun, ini 4 Manfaat Lain dari eSports Buat Anak SMA

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Gak Hanya Bikin Fun, ini 4 Manfaat Lain dari eSports Buat Anak SMA
Dulu zaman Ane SMA ya, selain belajar, biasanya Ane banyak ngabisin waktu ama kegiatan – kegiatan olahraga GanSis. Entah itu main bola, futsal, atau main sepak takraw. Ane gak main basket GanSis, soalnya Ane kalah tampang ama anak basket yang lain...hahaha


Itu pas zaman Ane, kalau zaman sekarang mungkin olahraga yang Ane geluti itu masih banyak yang main, tapi sekarang ada olahraga baru yang gak kalah rame GanSis. Orang – orang bilangnya “eSports”. Pasti kalian udah tau donk ama jenis olahraga yang satu ini. Bukan Ane doank loh yang bilang eSports olahraga, pemerintah juga udah masukin ini sebagai cabang olahraga GanSis. Bahkan eSports udah masuk salah satu cabang olahraga di Sea Games Filipina nanti.


Tapi ada yang ngeganjel bagi Ane nih GanSis, kalau olahraga kayak futsal atau sepakbola, jelaslah yah selain bikin badan sehat, keuntungan lain dari olahraga ini adalah ngembangin nilai sportifitas dan kerja sama. Tapi kalau eSport selain untuk kesenangan batin, manfaat lainnya apa ya?

Setelah Ane terawang lebih dalam ya GanSis, ternyata ada beberapa manfaat lain dari eSports, apalagi buat anak SMA yang pribadinya masih labil...hehe

Mengasah skill problem solving


Setiap game yang masuk kategori eSports, pasti butuh keterampilan khusus untuk menyelesaikan misinya. Gamers biasanya akan ngerancang strategi yang cocok buat bisa nyelesain misi GanSis. Selain kecakapan dalam merancang strategi, kecepatan dan kecekatan juga dibutuhin GanSis. Misalnya pada game Free Fire GanSis, gamers harus bisa memikirkan solusi dalam waktu yang cepat untuk menyelesaikan misi. Lambat dikit yah lo kalah...hehe

Melatih skill cognitive


Wuihh udah kayak kurikulum sekolah aja yah skill cognitive. Tapi benar GanSis, manfaat ini bisa lo dapat kalau lo sering main game eSports. Kognitive disini tuh lebih kepada kemampuan menganalisa GanSis. eSports bakalan ngelatih pemain untuk menganalisa kelemahan dan kekuatan timnya dan lawan. Selain itu, eSports juga ngelatih gamers untuk berpikir strategis. You know lah yah...kalau lo gak bisa menganalisa kemampuan lawan, yah siap – siap aja lo mengakhiri permainan lebih cepat.

Melatih skill sosial


Nah kalau yang ini gak hanya di eSports aja GanSis, hampir disemua cabang olahraga semua atletnya dituntut untuk memiliki kemampuan ini, terutama untuk cabang olahraga yang mengandalkan teamwork kayak eSports. Minimal gamers harus bisa berinteraksi baik dengan rekan setim, pelatih, dan semua orang yang terlibat di tim tersebut.

Melatih kemampuan berbahasa Inggris

Karena semua game eSports menggunakan bahasa Inggris, jadi mau gak mau sedikit banyaknya gamers harus paham bahasa Inggris. Tapi kalian gak harus les loh yah...Secara otodidak gamers akan dengan sendirinya paham terhadap apa yang ditulis atau diomongin di game itu sendiri. Dan apa yang diperolehnya itu juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari, bahkan di sekolah sekali pun.

Ternyata banyak juga yah manfaat eSports. Tapi layaknya olahraga lain, ketika lo cuman main sendiri tanpa mencoba untuk masuk ke dunia pertandingan resmi yang lebih kompetitif, mungkin manfaat yang didapat yah segitu – gitu aja. Nah, buat lo yang demen ama eSports monggo asah kemampuan lo dengan ikut turnamen eSports.

Salah satu event atau turnamen eSports yang bisa Agan dan Sista ikuti adalah kompetisi gaming terbesar dari KASKUS bertajuk KASKUS BATTLEGROUND Owsem School Festival. Dengan ngikutin event ini, selain lo bisa dapetin manfaat dari main game eSports, lo juga bisa dapetin total hadiah ratusan juta rupiah.


KASKUS mengajak siswa SMA/SMK di Jabodetabek, Bandung, Medan, dan Surabaya untuk join di KASKUS BATTLEGROUND Owsem School Festival. Dalam kegiatan ini para pelajar bisa main bareng dan juga belajar tentang berbagai peluang di industri eSports.

Game yang dipertandingkan di gelaran KASKUS BATTLEGROUND ini adalah FREE FIRE. Game yang sekarang ini banyak diminati oleh gamers tanah air.

Total hadiah sebesar Rp 350.000.000,-untuk kalian yang sukses memenangkan kompetisi ini.

Ayo segera daftarin diri kalian dan ajak teman – teman sekolah kalian untuk unjuk gigi di gelaran KASKUS BATTLEGROUND Owsem School Festival. Periode pendaftaran dibuka hingga 31 Agustus 2019. Info selengkapnya kalian mampir aja ke thread ini


ziont
ofiq22
ofiq22 dan ziont memberi reputasi
2
3K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.