Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

triwinartiAvatar border
TS
triwinarti
Jadi Korban Rasisme, Jangan Sampai Kejadian Lagi Deh
Jadi Korban Rasisme, Jangan Sampai Kejadian Lagi Deh

Sudah jadi kebiasaan mungkin ya menilai orang dari fisiknya saja.
Aneh saja kenapa kebiasaan ini sulit hilang, sampai mengarah ke rasisme.

Padahal rasisme harusnya di hentikan selain dampak kecil melukai hati seseorang tapi juga berdampak pada masa depan orang itu sendiri.


Jadi Korban Rasisme, Jangan Sampai Kejadian Lagi Deh

Sumber: persmakinday.com


Sedikit pengalaman saya pernah ngalamin tuh rasisme, jaman masih kecil ya jaman udah jadi ibu-ibu gini. Masalahnya cuma karena warna kulit sama bentuk wajah secara tidak langsung memicu rasisme.

Dulu pas masih TK inget banget cerita ibu saya, karena saya banyak main di luar jadi kulit agak hitam gitu. Banyak yang bilang pas perpisahan TK di pakein makeup katanya kayak orang madura. Kata ibu saya dari kecil banyak yang bilang anaknya kok kayak anaknya orang madura sih dengan nada seperti menghina gitu.

Jadi Korban Rasisme, Jangan Sampai Kejadian Lagi Deh

Sumber: pngdownload.id


Bahkan sampai kerja ada beberapa teman yang bilang mukanya kayak orang madura. Di kampung suami pas setelah menikah juga gitu, saya di ajak bicara pakai bahasa madura cuma karena di kira sama, kan saya gak ngerti.

Padahal saya gak ada turunan madura sama sekali lo, ibu bapak saya asli jawa bahkan kakek nenek jawa semua. Ini kan termasuk rasisme masak orang jawa gak boleh sama kayak orang madura, kita semua kan sama gak usah lah bandingin ras dari jenis kulit.

Kejadian terulang pas anak saya masih kecil di ajak jalan-jalan sama ibu saya ke salah satu tempat belanja baju di kota Batu, cuma gara-gara anak saya putih sipit di kiranya ibu saya itu pengasuhnya.

Jadi Korban Rasisme, Jangan Sampai Kejadian Lagi Deh

Sumber: Dokumentasi Pribadi


Dengan entengnya salah satu pegawai yang melihat anak saya yang di gendong bilang ke ibu saya, " anak momong ya bu, kok ganteng banget, putih sama sipit gitu ? ", sakit banget tau rasanya hati ini. Langsung aja di jawab padahal kan itu anak saya putih dari turunan kakeknya kalau sipit itu ya dari ayahnya.

Jadi Korban Rasisme, Jangan Sampai Kejadian Lagi Deh

Sumber: Dokumentasi Pribadi


Yang lebih bikin sakit hati lagi kata pegawai itu, " Pasti ayahnya cina ya anaknya sipit banget ", padahal suami saya gak ada turunan cina yang ada dia itu turunan jawa sama madura.

Heran deh, sama orang yang bicara kayak gitu, padahal orang jawa, madura bahkan suku lainnya ada kok yang sipit sama putih.

Jadi Korban Rasisme, Jangan Sampai Kejadian Lagi Deh

Sumber: Dokumentasi Pribadi


Masak iya gara-gara warna kulit terus bentuk mata gak sama di bilang kayak gitu. Kan sama kayak merendahkan sampai neneknya di bilang pengasuhnya.

Cobalah biasakan jangan menilai orang dari fisiknya saja yang bisa memicu pada rasisme. Perbedaan warna kulit, rambut, bentuk wajah semua itu kan anugerah Tuhan harus kita hargai bukan untuk menyakiti hati orang ataupun mengelompokkan orang.

Kesimpulannya sih, buat semua orang harus bisa jaga lisan sama perbuatan, bisa jadi ucapan kalian bisa memicu rasisme dan melukai hati seseorang.

Perbedaan untuk di hormati dan di hargai, karena sejatinya perbedaan itu indah.

Keanekaragaman kita tidak boleh kita jadikan untuk saling mengelompokkan, seperti semboyan kita Bhineka tunggal ika berbeda tapi tetap satu, jadi tidak ada pengelompokan ya kita tetap satu Indonesia.

Begitulah sedikit pengalaman saya jadi korban rasisme dulu, semoga tidak terulang atau terjadi pada orang lain.


Stop rasisme, berbeda bukan untuk di hina, berbeda untuk di hormati.




Sekian terimakasih...

Bye bye emoticon-Big Kiss

Seperti biasa kalau mampir jangan lupa tinggalin jejak

emoticon-Cendol Gandan emoticon-Rate 5 Star
delia.adel
ceuhetty
ceuhetty dan delia.adel memberi reputasi
2
871
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.