Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indahmamiAvatar border
TS
indahmami
Tren Menggunakan Kebaya, Akankah Bertahan Sampai Nanti?
Tren Menggunakan Kebaya, Akankah Bertahan Sampai Nanti?





Tren Menggunakan Kebaya, Akankah Bertahan Sampai Nanti?



Tren Menggunakan Kebaya, Akankah Bertahan Sampai Nanti?

Sumber: Instagram


Tren Menggunakan Kebaya, Akankah Bertahan Sampai Nanti?






Quote:





Kebaya memiliki banyak peran penting dalam pembentukan sejarah, terutama sejarah kebudayaan dan pakaian khas perempuan indonesia. Bahkan kebaya termasuk iconnya indonesia. Jika ada yang menggunakan kebaya, dunia akan langsung mengenal bahwa ia adalah orang indonesia, perempuan indonesia. Karena kebaya bagian dari jati diri indonesia, selain batik dan jenis pakaian khas lain tentunya.




Dulu pada jaman kerajaan sebelum indonesia merdeka, kebaya menjadi pakaian sehari-hari bagi kaum perempuan. Kebaya bagian terpenting bagi perempuan dan tidak bisa dipisahkan. Ibarat siang adalah kebaya dan matahari adalah perempuan. Jenis dan bentuk kebaya pun bervariasi dari jaman ke jaman. Apalagi di era modern ini, kebaya mengalami banyak metamorfosa.



Seperti halnya kebaya modern, sekarang kebaya bisa divariasi berbagai model. Meski pakemnya tetap kebaya tutu yang favorit. Banyak sekali jenis kebaya lama yang disulap menjadi modern dengan kolaborasi berbagai jenis kain, contohnya bisa kain batik, tile, satin, balotely, dan masih banyak lainnya. Modelnya pun tentu cantik dan anggun, seperti yang mengenakan. Bagaimanapun model dan trennya, kebaya tetap memiliki nilai khusus di hati perempuan indonesia.


Walaupun seiring perkembangan jaman, kebaya memiliki sedikit pergeseran fungsi. Dulu kebaya melekat di badan setiap hari, karena hal yang tak terpisahkan dari perempuan indonesia. Kemana pun pergi, selalu menggunakan kebaya. Entah dari orang besar sampai ke rakyat biasa. Namun kini abaya hanya ada di acara tertentu saja seperti wisuda, pernikahan, dan acara-acara khusus lainnya. Sangat kontras dengan kebiasaan dulu, tentu semua itu tak terlepas karena sentuhan peradaban yang semakin canggih dan modern pula.


Harapan kami khususnya sebagai kaum perempuan, semoga budaya yang diwariskan oleh leluhur dan memang ciri khas dari jiwanya perempuan indonesia tidak akan punah tergerus oleh jaman. Selalu ada turun temurun hingga generasi yang akan datang.


Seperti kami yang mencintai dan menjaga kebaya tetap ada, semoga generasi selanjutnya pun melakukan hal sama. Menggunakan kebaya dengan penuh kebanggaan. Ini lho, aku perempuan indonesia.
emoticon-Cool
Jangan pernah malu, karena kita sangat istimewa.
emoticon-Cool





Spoiler for Kebaya dari masa ke masa:




Tren Menggunakan Kebaya, Akankah Bertahan Sampai Nanti?



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
:terimakasih:terimakasih:terimakasih:terimakasih



Belajar Bersama Bisa
Diubah oleh indahmami 10-07-2020 02:08
alizazet
ceuhetty
tata604
tata604 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
3.4K
90
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
FashionistaKASKUS Official
2.2KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.