News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e116809b5ca75ea19f6cb/maafkan-sikap-saudaraku-wahai-saudaraku
Sesungguhnya Islam itu damai dan membawa kedamaian bagi pribadi dan bagi siapapun yang berada disekelilingnya. Begitu yang diajarkan Baginda Nabi Rasulullah Nabiyullah Muhammad Sallallahu 'alaihi wa Aalihi Wassalam. Nabi mengajarkan bagaimana cara Berinteraksi atau berakhlak dalam proses hidup dan kehidupan kita baik sesama muslim maupun penganut agama lain ataupun kepercayaan lainnya. Bagi saya,
Lapor Hansip
22-08-2019 10:52

Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Sesungguhnya Islam itu damai dan membawa kedamaian bagi pribadi dan bagi siapapun yang berada disekelilingnya. Begitu yang diajarkan Baginda Nabi Rasulullah Nabiyullah Muhammad Sallallahu 'alaihi wa Aalihi Wassalam. Nabi mengajarkan bagaimana cara Berinteraksi atau berakhlak dalam proses hidup dan kehidupan kita baik sesama muslim maupun penganut agama lain ataupun kepercayaan lainnya.

Bagi saya, sepengetahuan saya, tidak ada satupun agama yang mengajarkan keburukan, penghinaan, penghasutan atau bahkan mengkerdilkan orang lain yang tidak sejalan dengannya. Agama ada sebagai kontrol, sebagai rel agar kita semua tetap berada di jalur yang benar untuk mengenal Tuhan, Sang Pencipta, Pemilik alam dan semesta ini. Karena sifat manusia yang sombong, angkuh, merasa paling benar, merasa paling berilmu dibuatlah aturan agar tidak terjerumus terlalu dalam, itulah fungsi AGAMA.

Diluar Pro dan Kontra akibat adanya perkataan seorang pemuka agama, da'i, ustadz, yang menyinggung lambang dari saudara saya Nasrani, itu menurut pendapat pribadi beliau. Pendapat itu tidak mewakili semua umat Islam, saya adalah salah satu yang tidak diwakili oleh pendapat beliau. Kembali lagi, dan selalu diingatkan oleh para Ulama terdahulu bahwa sebelum ILMU hendaknya AKHLAK yang didepan. Karena dengan Akhlak, ilmu itu disampaikan dengan Baik tanpa menyinggung siapapun, sebaliknya ketika ILMU tidak disandarkan pada AKHLAK maka yang keluar dari ilmunya hanya sebagai pemuas EGO dari Nafsunya saja. Ini salah satu sebab kenapa ulama besar, ulama sepuh sangat berhati-hati dalam berkata-kata. Karena pertanggungjawabannya yang sangat besar.

Wahai saudaraku Nasrani, kalau seandainya ada salah satu saudara kami menyakiti bahkan menghina lambang suci kalian, maka aku pribadi mengucapkan maaf, maaf karena itu bukanlah ajaran yang diajarkan oleh Nabi kami. Kalau mengutip perkataan Al Imam Ali Bin Abi Thalib Karamallah Wajhahu, "yang bukan saudaramu seiman maka ia adalah saudara dalam kemanusiaan". Artinya kalian semua adalah SAUDARAKU. Ajaran kita semua mengajarkan cinta kasih terhadap sesama, maka terimalah maaf ini dari orang yang mencintai dan mengasihi kalian sebagai saudara. Semoga negara ini kembali sejuk, kembali adem agar kita semua bisa menjaga Tanah Air ini dengan keberaneka ragamannya, dengan kemajemukannya, tanpa harus menyakiti siapapun yang berada didalamnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa menjaga kita semua, menjaga bangsa ini dari orang-orang yang tidak ingin kita BERSATU DALAM DAMAI...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kenpachiku dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
Lapor Hansip
22-08-2019 13:14
Balasan post fahree.muhammad
Quote:Original Posted By fahree.muhammad


Mksh gan, kalau pun beliau tidak minta maaf, minimal saya minta maaf gan karena sedikit banyak pasti ada saudara ane yang tersinggung. Mudah2an kita semua berada dalam kebaikan amiiin....

emoticon-Salaman


Setuju mas bro...kita juga nggak pengin seperti ini, saya hargai agan seperti Ibu Khofifah yg mau minta maaf atas nama warganya
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 13:17
Paling demen saya dengan bagian yang bilang : yang bukan saudaramu seiman, saudara dalam kemanusiaan.

Kenapa demen banget? Karena kalau saya amati, baik yg mayoritas, maupun yang minoritas, yang ngaku liberal dan progresif, atau yang berusaha menjaga akidah.

Dari semua golongan deh, kayaknya banyak yang sudah lupa kalau kita ini masih satu spesies. Begitu beda golongan, langsung auto-rasa setan. Yang segolongan, langsung auto-rasa malaikat.

Pdhl bro, yg namanya manusia itu unik sebagai satu individu. Mau Jawa, mau Cina, mau Muslim atau Nasrani, atau sebutin dah semua golongan, dlm kelompok itu yang brengsek pasti ada, yang baik jg ada.
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan fahree.muhammad memberi reputasi
2 0
2
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 13:43
iman itu ditunjukkan dengan perbuatan,
dari perbuatanmu, kelihatan macam apa kau

gitu aja

emoticon-Cool
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 13:45
Quote:Original Posted By a_dewa
Tiada sehelai daun pun yang jatuh ke bumi tanpa izin ALLAH SWT.

Dan sesungguhnya kesombongan itu adalah milik ALLAH semata. Siapapun manusia yg sombong, apapun pangkat nya, setinggi apapun ilmu nya, maka diharamkan surga baginya....


Semoga kita semua dalam kebaikan dan kedamaian, dilindungi dari perpecahan amiin Allahumma Amiin... Mksh gan 🙏
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 13:48
Quote:Original Posted By 1stroland
Luar biasa Saudaraku, tapi sayang berbeda dgn Pak Usd UAS. Apa karena ilmu agamanya tinggi ya, kembali lagi ke Akhlak yg Saudara bilang di atas Dan, ane cukup bingung... Proses hukum, tetap harus berjalan itu sudah. Permohonan maaf sudah diwakili MUI emoticon-Smilie


Beda orang beda cara menyikapinya gan, tinggal kita lihat mana yang bisa diambil dan mana yg tidak. Ilmu dan amal yang berkah seharusnya bisa memperbaiki akhlak, karena ia akan membawa kedamaian bagi semua. Semoga kita semua masuk dalam kebaikan itu Amiiin.... Terimakasih gan 🙏
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 13:59
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Saudara ku????? Aulo sampeyan kan melarang berkawan/panggil sodara ke yg beda iman (surah 5:51)


Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
Diubah oleh samsungbatam
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:03
Goreng terosss sampe pahitemoticon-Wakaka



Cari duit masi enak mala cari perkaraemoticon-Bingung
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:15
Quote:Original Posted By titoa.ja
Krn ada pepatah dr Ujung Kulon : "Minta maaf berarti mengaku salah."


Kalau menurut saya pribadi gpp gan yang penting berbuat sesuatu dulu agar kedepan tidak terulang lagi, tidak juga jd terhina kok dengan minta maaf atas apa yg terjadi, bukan pula punya niat utk ditinggikan, tidak. Tapi minta maaf bahwa apa yang terjadi itu tidak mewakili seluruh umat Islam termasuk saya. Terimakasih gan 🙏🙏🙏🙏🙏
0 0
0
Lihat 1 balasan
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:16
Quote:Original Posted By angopmaksimal
Sori ni gan, emangnya masih pada ribut? Ane ga ngikutin berita maupun tv.

Ane cm tau dr kaskus UAS sendiri yg heboh bikin klarifikasi segala macam.
Bukan dr pihak kristen.

Kl dikaskus terkesan ribut itu demi traffic aja... Biar kaskus tetep awet.... emoticon-Ngakak

Btw, ane apresiasi agan yg mencoba utk berempati..


Semoga gk jadi ribut lagi gan dan kita semua jadi adem lagi... Mksh gan
emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:18
Quote:Original Posted By gesit.79
Setuju mas bro...kita juga nggak pengin seperti ini, saya hargai agan seperti Ibu Khofifah yg mau minta maaf atas nama warganya


Iya gan, yang penting berbuat sesuatu agar tensinya tidak semakin tinggi, dan tdk juga berusaha untuk menggoreng masalah agar org lain jadi semakin panas. Jangan sampai.... Terimakasih gan 🙏🙏🙏🙏🙏
emoticon-Salaman
profile-picture
gesit.79 memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
Lapor Hansip
22-08-2019 14:18
Balasan post fahree.muhammad
Quote:Original Posted By fahree.muhammad


Mksh gan, kalau pun beliau tidak minta maaf, minimal saya minta maaf gan karena sedikit banyak pasti ada saudara ane yang tersinggung. Mudah2an kita semua berada dalam kebaikan amiiin....

emoticon-Salaman


Biar diurus secara hukum gan, udah ada hukumnya pasal penistaan, kecuali itu pasal direvisi atau dihilangkan baru dah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan fahree.muhammad memberi reputasi
2 0
2
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:25
memaafkan itu lebih baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
09092013 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:29
Quote:Original Posted By fahree.muhammad
Betul gan, tinggi ilmu beliau dibandingkan saya, beliau jauh lebih memahami agama. Termasuk asbabunnuzul ayat diatas.

Kata Yad'uunaSurat Al An'am 108 diatas itu merupakan Fi'il Mudhari artinya Kata kerja yang terus menerus yang berlaku terus gan, jadi bukan Fi'il Madhi atau kata kerja lampau. Artinya sampai kiamat kita tidak boleh melakukan penghinaan ini.

Kembali lagi, dakwah dengan akhlak itu cara nabi gan, lebih sejuk lebih adem. Dan tidak ada paksaan dalam beragama, apalagi perang memaksa orang lain masuk keagama kita. Nabi perang bukan untuk memaksa orang lain masuk Islam gan, tapi untuk membela agama Allah ketika sudah terdesak dan melampaui batas... Terimakasih gan

emoticon-Salaman


maaf bukanya memaki itu jika kita berhadapan langsug, beda halnya yg dilakukan UAS, itu adalah pengajianya dan tugas beliau adalah mempertebal keimanan jamaahnya, kalo ada jamaah bertanya tentang agama sebelah maka jawabanya pun harus tegas,
lain pula jika UAS menyampaikan diruang publik,,,,
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:34
Quote:Original Posted By lonelylontong
Paling demen saya dengan bagian yang bilang : yang bukan saudaramu seiman, saudara dalam kemanusiaan.

Kenapa demen banget? Karena kalau saya amati, baik yg mayoritas, maupun yang minoritas, yang ngaku liberal dan progresif, atau yang berusaha menjaga akidah.

Dari semua golongan deh, kayaknya banyak yang sudah lupa kalau kita ini masih satu spesies. Begitu beda golongan, langsung auto-rasa setan. Yang segolongan, langsung auto-rasa malaikat.

Pdhl bro, yg namanya manusia itu unik sebagai satu individu. Mau Jawa, mau Cina, mau Muslim atau Nasrani, atau sebutin dah semua golongan, dlm kelompok itu yang brengsek pasti ada, yang baik jg ada.


Iya gan, satu individu tidak bisa dijadikan landasan vonis terhadap keseluruhan, akan tetapi ada kewajiban individu yang lain memberikan perbandingan agar seimbang dalam memahami sesuatu, apalagi itu berkaitan dengan keyakinan. Saya mengutip kalimat dari gus nadir dibawah ini gan...
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Ini adem dan bisa banget gan...
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:41
Quote:Original Posted By optoergo
iman itu ditunjukkan dengan perbuatan,
dari perbuatanmu, kelihatan macam apa kau

gitu aja

emoticon-Cool


emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:44
Ini berandai-andai saja ya, seandainya saya ditanya, kenapa kalau saya melihat salib kok ada perasaan merinding?

Jwb :
Kalau hati ibu merasa timbul rasa was-was ketika melihat sesuatu, apa pun itu, sebaik-nya ibu membaca doa, minta perlindungan dr Allah.

Dalam hati ibu ber-dzikir, fokus-kan hati ibu pada Allah.

Kemudian kalau memungkinkan, hindari barang, atau tempat itu.

Ane kan bukan ahli-nya, tp kira2 jawaban begitu kan cukup ya? Atau salah?

Cm maksud ane, kan bisa kita menyampaikan sesuatu, tanpa mengurangi isi yg penting2 dr yg disampaikan, dgn kata2 yg tertata, shg tdk menyinggung siapa2.
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:54
Quote:Original Posted By samsungbatam
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Saudara ku????? Aulo sampeyan kan melarang berkawan/panggil sodara ke yg beda iman (surah 5:51)


Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...


Kalau dibahas lewat 3 kitab tafsir muktabar rada panjang ini gan, karena kalau mau bahas ayat harus tahu dulu sebab turun dll. Tapi kesimpulannya dari 3 kitab tafsir (Kitab Tafsir jalalain, maraah labiid, Ibnu Katsir maksud ayat ini adalah berteman atau bersaudara/ meminta perlindungan dengan orang atau fihak yang jelas-jelas memusuhi atau bahkan membunuh islam itu sendiri. Jadi konteksnya bukan tidak boleh bersaudara atau konteks memimpin, ini sepengetahuan saya. Bukan saudara seiman tapi tetap saudara dalam kemanusiaan gan... Terimakasih gan
emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:54
Quote:Original Posted By kenpachiku
Biar diurus secara hukum gan, udah ada hukumnya pasal penistaan, kecuali itu pasal direvisi atau dihilangkan baru dah emoticon-Big Grin


Siap gan
:siapgan
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:55
Quote:Original Posted By red.nose
memaafkan itu lebih baik


emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 14:58
damai itu indah pak
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia