Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

freedomzzAvatar border
TS
freedomzz
Ceramah Provokatif, Abdul Somad telah Menista Agama
Ceramah Ustadz Abdul Somad yang menyinggung soal salib dan keyakinan umat Kristiani memang pantas untuk dikritik. Terlepas dari keyakinannya, ceramah provokatif seperti itu tak layak ada dalam nalar kebangsaan.

Kritik pun hadir dari berbagai pihak, termasuk dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Ia sangat menyayangkan ceramah Abdul Somad yang dituding menistakan agama lain tersebut.

JK mengatakan, ceramah agama seharusnya bisa membuat hati umat yang mendengarkan menjadi lebih tenang. Bukan menimbulkan kebencian dan permusuhan.

"Kita semua, Islam, Kristen, Budha, dalam berdakwah maupun memberikan khotbahnya, haruslah lebih adem dan lebih menghormati satu sama lain," begitu kata JK.

Karena bola panas ini telah bergulir liar, Abdul Somad pun harusnya bertanggung jawab atas ceramahnya tersebut. Ia harus memberikan klarifikasi ke publik.

Kita pun juga sepakat dengan pernyataan Wapres JK di atas. Apa yang telah diungkapkan oleh Abdul Somad itu sungguh tak pantas.

Dengan isi ceramah seperti itu, Abdul Somad memang telah memancing kemarahan dan menista agama orang lain. Isi ceramahnya bisa diketegorikan sebagai provokasi.

Boleh saja kita meyakini agama masing-masing yang paling benar, tetapi dalam konteks hidup bermasyarakat dan berbangsa, kita tak boleh menyinggung atau menista agama lain.

Karena bagaimanapun, kita hidup dalam masyarakat yang plural. Bangsa kita terdiri dari beragam agama, suku, etnis, dan golongan politik.

Saling tenggang rasa, menghargai dan menjaga perasaan di antara saudara yang tidak seiman merupakan bagian dari kehidupan berbangsa yang beradab. Jangan rusak lagi itu.

Abdul Somad pantas dijerat hukum dan dipenjara sebagaimana penista agama lainnya. Tak ada toleransi untuknya.
Diubah oleh freedomzz 22-08-2019 05:50
0
1.8K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.