News
Batal
KATEGORI
link has been copied
544
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5d1c1c65b24d0c976391ff/ustaz-somad-tegaskan-tak-perlu-minta-maaf-atas-kontroversi-video-salib
Ustaz Abdul Somad (UAS) menegaskan dirinya tak perlu minta maaf atas kontroversi soal video salib yang menjadi viral. Somad menegaskan yang dibicarakannya adalah soal akidah Islam, yang disampaikan di internal umat.
Lapor Hansip
21-08-2019 17:25

Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib

Past Hot Thread
Quote:https://news.detik.com/berita/d-4675...si-video-salib

 Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib

Jakarta - Ustaz Abdul Somad menegaskan dirinya tak perlu minta maaf atas kontroversi soal video salib yang beredar luas. Somad menegaskan yang dibicarakannya adalah soal akidah Islam, yang disampaikan di internal umat.

"Bahwa kemudian ada orang yang tersinggung, apakah saya musti meminta maaf... Contoh, dalam Islam dikatakan: Sesungguhnya, maaf, sesungguhnya, maaf, memang bunyi ayatnya begitu, sesungguhnya kafir lah orang yang mengatakan Allah itu tiga dalam satu, satu dalam tiga. Saya jelaskan itu di tengah umat Islam. Otomatis orang luar yang mendengar itu tersinggung atau tidak, tersinggung, apakah perlu saya minta maaf. Udah terjawab. Karena ajaran saya," kata Somad dalam jumpa pers di Kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

"Kalau saya perlu minta maaf berarti ayat itu perlu dibuang, nauzubillah," imbuhnya.

Somad mengatakan tak mungkin dia mengatur satu persatu prilaku umat yang menghadiri pengajiannya, termasuk melarang merekam dan menyebarkannya. Tak mungkin pula dia membuat perjanjian agar peserta pengajiannya tak merekam dan menyebarkannya.

"Saya di mana-mana ceramah tak mungkin saya tanya orang satu persatu, matikan hp matikan. Saya di mana-mana ceramah, hp orang hidup, orang merekam, tak bisa saya larang itu karena dia mau mendapat pengajian. Tak mungkin pula saya buat perjanjian semua yang mau masuk ke sini materai enam ribu, tak boleh disebarkan. Payah kali lah ceramah sekarang ini kalau begitu," ujarnya.


Komeng TS =
Yang ini pernyataan dari MUI

https://www.inews.id/news/nasional/m...uk-ranah-hukum

Quote:JAKARTA, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta keterangan Ustaz Abdul Somad (UAS) terkait video ceramahnya yang viral dan berujung laporan ke polisi. Salah satu kesepatan dari pertemuan dengan UAS adalah tidak memperpanjang kasus tersebut ke ranah hukum.


https://news.detik.com/berita/d-4675...k-lagi-melebar

Quote:MUI ingin persatuan dan persaudaraan sesama muslimtetap terjaga. Maka, untuk mengklarifikasi isu yang berasal dari rekaman video ceramah UAS itu, MUI mengklarifikasinya ke UAS secara langsung.


Ane ga mampu komen lagi dah emoticon-No Hope
Diubah oleh mendadakranger
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 19
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 06:34
Ane gak begitu ngikutin ceramah dia sih, soalnya kurang suka aja ama gayanya yang terkesan songong.


Cuma ya jangan juga kita kata-katain dia pake ledekan fisik, itu sama aja kita keluar dari konteks.
profile-picture
mendadakranger memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 06:39
Quote:Original Posted By donal.duck.
masa gak salah ? tau haditsnya yg mana yg dipake somat ? gw udah ubek2 google gak ketemu, malah katanya jin suka hidup di pasar, di lorong, di kandang onta dll. Tapi gak ketemu yg bilang jin suka hidup di patung, apalagi di salib, apalagi jin kafir, blm ketemu yg spesifik gitu.


Ada bree substansinya kan ngomongin pelarangan masang patung dkk, ane pernah bahas ini sm temen ane...yg bikin kacau krn penyampaiannya dia
profile-picture
mendadakranger memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 06:41
Quote:Original Posted By simsol...
kalau seorang yg bijaksana dan berjiwa besar harusnya itu yg di lakukan,sayangnya si tomat ini bukan orang seperti ituemoticon-Cool


Iyaaa bree masalahnya dia kan pemuka agama yg cukup dipandang oleh banyak orang bahkan pasti punya pengikut"
profile-picture
profile-picture
simsol... dan mendadakranger memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 06:42
ane sempet baca tweet, tulisannya kurang lebih gini intinya "kalo orang kentut itu ga salah dan wajar krn manusiawi, tapi kalo kentutnya bunyi bahkan bau minta maaf karena etika"
profile-picture
profile-picture
mendadakranger dan adolfsbasthian memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 06:43
Quote:Original Posted By zedmorna
Ceramah/dakwah memang utk internal muslim yg ikut pengajiannya..cm apakah elok seorang ustad kondang menjelek2kan & mengolok2 kepercayaan agama lain?? Apakah itu perbuatan seorang ustad yg patut ditiru jamaahnya??

Kenapa g menjelaskan sesuai Al Qur'an & hadist saja tanpa offside kmn2..bukannya ad ayat Al Qur'an lain yg menyebutkan utk tidak mengolok2 agama lain?? Situ lupa Mad?

Menyedihkan emoticon-Najis


Kalau internal ya jangan sampe tersebar...kalo tersebar ya ikut tanggung jawab...apakah dulu ariel niat nyebarin vidionya...kenyataan dia yg dibui paling lama...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
L0ST dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:08
Yg saya penasaran gimana skrg sipenanya ke Somad masalah itu ye..?? emoticon-Big Grin campur aduk dah tuh..
profile-picture
mendadakranger memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:11
Quote:Original Posted By khayalan
tai ni orang..

Pak Pol!! Masuk!!

Tambahan:

Mumpung lagi nunggu bini pulang kantor...

Terlepas si somad emang goblok sampe ngomong2 ga penting 3 tahun lalu... dan 1000% pantas dihukum!

Kasus somad ini berasa rada aneh buat gw..

Kenapa?

Si goblok somad itu ngomong 3 taun yg lalu! Di viralin sekarang2 ini..

Apa akibatnya?.ya seperti sekarang.. masyarakat (khususnya yg berbeda keyakinan, lebih spesifiknya antara muslim dan nasrani) ada/banyak saling goblok2an.. entah itu yg offense atau yg defense..

Itu baru awalnya...

Selanjutnya..

Bila somad dipolisikan dan oleh pihak yg berwenang dianggap bersalah atau masuk proses pengadilan sekalipun.. kira2 apa yg terjadi?

Akan sangat mungkin gerombolan cipirit 212 punya job baru! Ngadain demo2 dukung Somad! Bela Agama dll!! Tentu ga ketinggalan dengan embel2 syahid, ganti sistem, atau bahkan turunkan Jokowi!

Kalau dianggap tidak bersalah walaupun dengan alasan untuk menjaga stabilitas nasionalndan kerukunan bagaimana? Beres?.

Oh jelas kaga!

Jangan lupakan peristiwa yg baru saja terjadi di papua!

Kok nyambung?

Nyambung!!

Kita semua tau bahwa masyarakat timur terutama papua adalah non muslim! Mereka kebanyakan adalah penganut agama yg agamanya disebut2 somad di ceramahnya 3 taun lalu!

Pokok kasus utama masalah papua kemarin adalah bendera.. tapi sangat mudah digiring ke ranah agama!

Jadi begitu somad diputuskan tidak bersalah apalagi dengan proses instan.. maka.gejolak2 akan terjadi lagi, walaupun dengan massa yg berbeda dan tempat yg berbeda dengan massa dan tempat massa demo dengan tema "Bela Somad" seperti yg di atas ane tulis tadi...

To be continue...bini ane udah nongol....

Lanjut.. mumpung bini ane balik lagi ke ruangan kantornya.. hp nya ketinggalan..
emoticon-Hammer

Jadi kira2 apa tindakan yg paling bener?

Gantung dulu kasus somad! Perlama proses penyidikan terhadap si somad! Paralel dengan pencarian siapa sih yg punya awalnya tu video yg beredar sekarang2?

pencarian tokoh2 utama penggebrekan massa di sby thd mahasiswa papua dapat didahulukan.. setelah itu bungkus mahasiswa yg jadi provokator yg suka teriak2 merdeka itu!

Penyidikan somad digantung sampai kapan? Sampai masalah papua beres atau sampai 2 minggu setelah pelantikan presiden! Setelah jelas siapa menteri dll..

Setelah itu baru proses hukum somad sebagaimana mestinya!!

Posisi pemerintahan jelas lebih kuat pada saat itu untuk memberangus demo2 anarkis ga penting yg mungkin akan terjadi dengan mengatasnamakan "Bela Ulama" dan sejenisnya!

Saran ane buat semua..

Ane percaya semua yg di kaskus ini pinter2...educated.. pada sabar2.. pada bisa liat kondisi.. dan yg terpenting pada cinta NKRI..

Jadi stop dulu kopar kapir.. stop dulu menghujat agama A agama.B! Mau negara ini Hancur?

Jangan mau di adu domba!

Siapa yg ngadu domba?

Liat nanti! emoticon-shakehand

NKRI DAN PANCASILA HARGA MATI!

MERDEKA!


MERDEKAAAAA!!!!!
profile-picture
profile-picture
khayalan dan mendadakranger memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:13
Quote:Original Posted By epaepa11
ane sempet baca tweet, tulisannya kurang lebih gini intinya "kalo orang kentut itu ga salah dan wajar krn manusiawi, tapi kalo kentutnya bunyi bahkan bau minta maaf karena etika"


Quote:Original Posted By antonyus578
woi dungu . . .

masa’ kentut . . . mau kowe samain dengan ceramah dalem mesjid . . .

kentut udah jelas bau busuk . . . apa lagi kentut kowe . . . mbangkai . . .


otak kowe di lobang burit . . . makanya kowe nyamain kentut dengan ceramah.

dasar idiot.


Mungkin maksudnya adalah "Berbuat salah itu manusiawi, tapi jika kesalahan tsb merugikan pihak lain maka sudah sepatutnya untuk meminta maaf"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ninolol dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:16
Quote:Original Posted By yellowmarker
@masfuad2015

jadi gedhe itu karena ulah oknum itu sendiri, jangan ditarik ke parte sapi atau fans ahok dulu.
karena saat akidah lebih berharga dari keutuhan bangsa, saat itu pula lah sudah berdiri negara di dalam negara. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


nggak ada salahnya negara berdiri dalam negara . . . yang penting semua sesuai aturan yang disepakati bersama.


emang yang agama kristen . . .
mau ngakui Pancasila lebih benar dari Yesus . . .
mau ngakui UUD 45 lebih baik dan benar dari Bibel . . .

dasar goblok kowe.

0 0
0
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:35
Astaghfirullah. sombong mu hanya di dunia. diakhirat akan dpt balasannya.
profile-picture
profile-picture
BeerWeen dan mendadakranger memberi reputasi
1 1
0
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:37
soal ILMU HAPALAN uas mmg jago... tp soal ILMU MENJADI MANUSIA... ternyata uas msh hrs berguru.
beliau belum memahami.. bahwa ilmu tertinggi itu.. ILMU TAHU DIRI.
profile-picture
profile-picture
ninolol dan mendadakranger memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:40
Menyampaikan kebenaran itu memang sulit
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 07:55
baguslah
biar ada kesempatan biar hina tuh agama, dr dl enek sama bbrp kelakuannya.
skrg bisa hina sepuasnya dlm tempat ibadah saya emoticon-Malu (S)
profile-picture
jazz.93 memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 08:02
parah yah
selalu koar2 damai-damai terus ada pula slogan agamamu agamaku
TAPI
kalau ada ceramah internal bahas agama lain? emoticon-Big Grin malah cenderung menyinggung dan menjelekkan? emoticon-Wakaka

kok jadi kesannya MUNAFIK banget yah

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

sungguh ajaran yang damai emoticon-Busa emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BeerWeen dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 08:05
Quote:Original Posted By khayalan
tai ni orang..

Pak Pol!! Masuk!!

Tambahan:

Mumpung lagi nunggu bini pulang kantor...

Terlepas si somad emang goblok sampe ngomong2 ga penting 3 tahun lalu... dan 1000% pantas dihukum!

Kasus somad ini berasa rada aneh buat gw..

Kenapa?

Si goblok somad itu ngomong 3 taun yg lalu! Di viralin sekarang2 ini..

Apa akibatnya?.ya seperti sekarang.. masyarakat (khususnya yg berbeda keyakinan, lebih spesifiknya antara muslim dan nasrani) ada/banyak saling goblok2an.. entah itu yg offense atau yg defense..

Itu baru awalnya...

Selanjutnya..

Bila somad dipolisikan dan oleh pihak yg berwenang dianggap bersalah atau masuk proses pengadilan sekalipun.. kira2 apa yg terjadi?

Akan sangat mungkin gerombolan cipirit 212 punya job baru! Ngadain demo2 dukung Somad! Bela Agama dll!! Tentu ga ketinggalan dengan embel2 syahid, ganti sistem, atau bahkan turunkan Jokowi!

Kalau dianggap tidak bersalah walaupun dengan alasan untuk menjaga stabilitas nasionalndan kerukunan bagaimana? Beres?.

Oh jelas kaga!

Jangan lupakan peristiwa yg baru saja terjadi di papua!

Kok nyambung?

Nyambung!!

Kita semua tau bahwa masyarakat timur terutama papua adalah non muslim! Mereka kebanyakan adalah penganut agama yg agamanya disebut2 somad di ceramahnya 3 taun lalu!

Pokok kasus utama masalah papua kemarin adalah bendera.. tapi sangat mudah digiring ke ranah agama!

Jadi begitu somad diputuskan tidak bersalah apalagi dengan proses instan.. maka.gejolak2 akan terjadi lagi, walaupun dengan massa yg berbeda dan tempat yg berbeda dengan massa dan tempat massa demo dengan tema "Bela Somad" seperti yg di atas ane tulis tadi...

To be continue...bini ane udah nongol....

Lanjut.. mumpung bini ane balik lagi ke ruangan kantornya.. hp nya ketinggalan..
emoticon-Hammer

Jadi kira2 apa tindakan yg paling bener?

Gantung dulu kasus somad! Perlama proses penyidikan terhadap si somad! Paralel dengan pencarian siapa sih yg punya awalnya tu video yg beredar sekarang2?

pencarian tokoh2 utama penggebrekan massa di sby thd mahasiswa papua dapat didahulukan.. setelah itu bungkus mahasiswa yg jadi provokator yg suka teriak2 merdeka itu!

Penyidikan somad digantung sampai kapan? Sampai masalah papua beres atau sampai 2 minggu setelah pelantikan presiden! Setelah jelas siapa menteri dll..

Setelah itu baru proses hukum somad sebagaimana mestinya!!

Posisi pemerintahan jelas lebih kuat pada saat itu untuk memberangus demo2 anarkis ga penting yg mungkin akan terjadi dengan mengatasnamakan "Bela Ulama" dan sejenisnya!

Saran ane buat semua..

Ane percaya semua yg di kaskus ini pinter2...educated.. pada sabar2.. pada bisa liat kondisi.. dan yg terpenting pada cinta NKRI..

Jadi stop dulu kopar kapir.. stop dulu menghujat agama A agama.B! Mau negara ini Hancur?

Jangan mau di adu domba!

Siapa yg ngadu domba?

Liat nanti! emoticon-shakehand

NKRI DAN PANCASILA HARGA MATI!

MERDEKA!


Ane sependapat sama ente gan. Cuma sptnya gak sedikit jg kaskuser di sini yg udah termakan umpan sebagaimana org2 di luar sana. Ane rasa semua jg sudah terang ada "sesuatu" yg bermain di sana dengan tujuan merusak NKRI, memecah bangsa, tinggal mencari dan membuktikan "sesuatu" itu aja yang perlu dikerjakan sekarang.
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan mendadakranger memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 08:09
Gue waktu makan di rumah makan aja, pelayannya bilang 'maaf' waktu mau beresin makanan. Begitu juga waktu gue mau nanya sama orang asing, biasanya gue bilang 'maaf numpang tanya'. emoticon-Big Grin

Bagi gue kata 'maaf' itu cuma formalitas, bukan sesuatu yang hina. Dan bukan berarti yg bilang itu salah. Ini si UAS, merasa berat banget kalau bilang 'maaf' doang. emoticon-Big Grin
profile-picture
mendadakranger memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 08:10
pantesan dia di tolak di bali...
profile-picture
mendadakranger memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 08:15


Quote:Original Posted By mikir10rbx
Sy mencoba beropini,kesimpulannya sepakat dgn MUI, masalah ini tidak perlu diperpanjang lagi.
Sy ingat dengan kisah teman saya, dia suatu ketika pernah sakit terus dirawat di rumah sakit non muslim. tiap pagi selalu diberikan khutbah oleh pemuka agama terkait dan selalu diajak pindah agama. Dia bercerita sambil marah marah, terutama ditujukan ke pihak rs, protes krn selalu dikasih khutbah sama diajak pindah agama. Sy justru nyalahkan dia, kenapa kok protes. mereka kan begitu karena wajar itu di "rumah" mereka.ya bebas bebas aja dong mereka mau bekhutbah, bahkan ngajak pindah agama. Soalnya kalo ga di "rumah" mereka, dimana lagi mereka bisa melakukan kegiatannya itu.
Kesimpulannya, sy yakin berkhutbah dengan tema sejenis yang dilakukan UAS, itu adalah hal yang universal. tiap agama pasti melakukannya, di tiap tiap rumah ibadah atau kegiatan ibadah masing masing


Ane non Muslim, tapi ga setuju sama kelakuan RS itu. RS tsb ‘didirikan oleh yayasan agama xxx’ tapi yg namanya RS logikanya adalah fasilitas umum. Ga ada aturan cuma agama xxx yg boleh berobat di sana. Sebagai RS yg melayani umum, ya sewajarnya bertindak sesuai pemahaman umum. Jadi wajar temen ente protes.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
coldblacksnow dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustaz Somad Tegaskan Tak Perlu Minta Maaf Atas Kontroversi Video Salib
22-08-2019 08:26
Quote:Original Posted By lopez112
Menyampaikan kebenaran itu memang sulit


Bisa dijelaskan lebih detail mas? Setau saya untuk menyampaikan kebenaran itu perlu bukti bukan sungut doang. Yang sulit itu kalau udah salah masih keras kepala.
profile-picture
mendadakranger memberi reputasi
1 0
1
Halaman 14 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia