gusti.pAvatar border
TS
gusti.p
Sebelum Memulai Bisnis, Agan Harus Tahu Beberapa Hal Dulu
Bisnis merupakan suatu yang menjanjikan. Banyak orang-orang pada terjun kedunia bisnis, tetapi banyak gagal. Kenapa? Karena di belajar terlebih dahulu dan melakukan riset terhadap bisnis yang di buat nya. Kita dapat memulai bisnis dengan modal yang kecil hingga modal yang besar, semuanya tergantung dari kebutuhan modal awal dalam pembuatan bisnis itu sendiri. Sebelum kita terjun ke dunia ini kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara untuk memulai bisnis:


Riset Bisnismu Buat Perencanaan Buat Perencanaan Untuk Keuangan Buat Struktur BisnisBuat Label atau Nama Bisnismu Sistem AkuntansiTentukan Lokasi BisnisBuatlah team bisnis 







RISET BISNIS


Lakukan lah riset terhadap bisnis yang akan anda buat , seperti riset populasi kepadatan penduduk, riset kebutuhan penduduk sekitar, seberapa baik, banyak nya saingan bisnis yang sama seperti anda, dan seberapa dibutuhkannya produk atau bisnis untuk wilayah tersebut. 

Contohnya, jika anda ingin membuat bisnis di bidang kuliner seperti bakso misalnya. Anda harus menentukan terlebih dahulu seberapa banyak dan baik nya bisnis saingan bakso anda, terus seberapa dibutuhkannya bakso di daerah itu. Tetapi kalau untuk bisnis kuliner sepertinya pasti ada pasarnya untuk di daerah mana pun, tinggal menentukan cara bersaing dengan cara sehat. Anda bisa membuat sesuatu yang unik untuk bisnismu, karena kebanyakan orang di jaman sekarang lebih tertarik dengan sesuatu yang unik. 


RENCANA BISNIS


Saat memulai bisnis baru kita harus membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu, mulai dari perencanaan awal, perencanaan saat pertumbuhan bisnis, perencanaan jangka panjang. Perencanaan dibutuhkan untuk bisnis yang baru ingin dibuat, tanpa perencanaan bisnis bisa saja mengalami kegagalan. 


Tentukan perencanaan untuk modal awal dalam membuka bisnis, perencanaan untuk melakukan promosi produk, dan perencanaan 

bisnis untuk jangka panjang. 


PERENCANAAN KEUANGAN


Bisnis baru harus memiliki perencanaan keuangan yang baik dan terstruktur. Membuat bisnis itu baik bisnis besar kecil harus memiliki orang yang memiliki kemampuan untuk perencanaan uang yang baik. Mulai dari berapa modal atau uang yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku, pengeluaran untuk gaji karyawan (jika memiliki karyawan), pengeluaran untuk sewa tempat, pengeluaran untuk promosi, dan masih banyak lagi. Semua pengeluaran harus dirinci serinci mungkin. 


BUAT STRUKTUR BISNIS


Struktur bisnis termasuk dalam keanggotaan atau orang yang terlibat dalam usaha atau bisnis,dan team yang bekerjasama membangun bisnis. Struktur bisnis sangat penting untuk bisnis yang baru saja ingin dimulai. Tentukan orang-orang yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. 


LABEL DAN NAMA BISNIS


Label dan nama bisnis atau usaha sangatlah diperlukan. Kenapa? Karena itu akan memudahkan orang-orang atau pelanggan untuk mengingat bisnis mu, selain itu pelabelan juga dapat mempermudah dalam hal promosi, baik promosi secara online maupun offline. 


SISTEM AKUNTANSI 


Bisnis kecil juga memerlukan sistem akuntansi yang baik, sistem akuntansi merupakan sistem yang paling penting dalam bisnis kecil. Sistem akuntansi diperlukan untuk membuat dan mengelola anggaran Anda, menetapkan tarif dan harga, melakukan bisnis dengan orang lain. Anda dapat mengatur sendiri sistem akuntansi, atau menyewa seorang akuntan untuk mengambil beberapa keputusan.


TENTUKAN LOKASI BISNIS 


Tentukanlah lokasi yang ingin anda pakai untuk memulai bisnis, apa lokasi itu strategis dan layak untuk dijadikan tempat. Tentukan mulai dari kepadatan penduduk, posisi tempat memulai bisnis, harga sewa tempat bisnis. 


BUATLAH TEAM


Bisnis bukan lah hal yang mudah jika ingin dilakukan sendiri, cobalah untuk membuat team yang akan membuat bisnis mu terus berkembang dan berkelanjutan. 


Untuk ide-ide bisnis nya anda dapat membaca melalui beberapa artikel yang sudah saya buat di blog ini. Tentukan pilihanmu sendiri ingin membuat bisnis seperti apa.

Ide Ide Bisnis
Diubah oleh gusti.p 14-12-2019 10:54
0
405
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.