Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sukhoivsf22Avatar border
TS
sukhoivsf22
TNI AD dan Tentara AS di Pasifik Latihan Bersama Garuda Shield
Huminca Sinaga Rabu, 21 Agt 2019, 11:29


TENTARA Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dan angkatan darat AS di Pasifik, U.S. Army Pacific, memulai latihan bersama Garuda Shield 2019 yang digelar di Jawa Timur, tanggal 19-30 Agustus.*/DOK KEDUBES AS


SURABAYA, (PR).- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dan Angkatan Darat AS di Pasifik, U.S. Army Pacific, memulai latihan bersama (Latma) Garuda Shield 2019 yang digelar di Jawa Timur. Latma itu dimulai sejak 19 Agustus 2019 sampai 30 Agustus 2019.

Melansir siaran pers Kedubes AS yang diterima Pikiran Rakyat, Selasa, 20 Agustus 2019, Garuda Shield merupakan latihan bersama bilateral yang digelar secara rutin setiap tahun. Kegiatan itu disponsori oleh U.S. Army Pacific dan TNI-AD yang sekaligus bertindak sebagai tuan rumah.

Tahun 2019, penyelenggaraan Garuda Shield merupakan latihan yang ke-13. Latma itu kelanjutan dari latihan sebelumnya yang berupaya untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan di kawasan ini.

Sekitar 700 personel U.S. Army Pacific dari Jepang, California, Hawaii, dan negara bagian Washington serta Wincosin, mengikuti latma. Personel TNI-AD yang mengikuti latihan pun sebanyak 700 orang.

Keseluruhan tentara melakukan serangkaian kegiatan kemitraan dan latihan bilateral yang berfokus pada operasi pendukung perdamaian. Kegiatannya meliputi pelatihan untuk para staf brigade, latihan lapangan, latihan aviasi dan kesehatan, serta latihan menembak gabungan. Bagi U.S.Army Pacific, latma Garuda Shield merupakan latihan ke tiga dari program Pasifik Pathways 2019.



TNI AL dan US Corps Marine juga melakukan kerja sama berupa pertukaran latihan

Masih dalam rangkaian latihan bersama, Angkatan Laut AS dan TNI Angkatan Laut (TNI-AL) juga melakukan hal serupa. Pelatihan juga diselenggarakan seperti yang dilakukan kolega mereka di Angkatan Darat.

Dalam hal ini, Korps Marinir Amerika Serikat (U.S. Corps Marine) dan Korps Marinir TNI-AL mengikuti program pertukaran pelatihan militer selama satu bulan. Pelatihan dilakukan di Jawa Timur dan di Marine Corps Base Hawaii (MCBH) di Kaneohe Bay di AS. Pertukaran pelatihan itu berlangsung dari 6 Agustus 2019 hingga 29 Agustus 2019.

Program pertukaran ini juga dirancang untuk mempererat kemitraan antarmiliter. Angkatan Laut AS dan Indonesia masing-masing mengirimkan satu peleton marinir untuk tinggal dan berlatih bersama di pangkalan militer di kedua negara.***

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...-garuda-shield
noisscat
rob.pedro
pemburu.kobokan
pemburu.kobokan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.