Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NinjaAceh999Avatar border
TS
NinjaAceh999
Suka Duka Pramuka


Halooooooooooo
Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika mengikuti kegiatan jambore nasional yang berlokasi di Cibubur.



Sumber gambar : http://assets.kompas.com/data/photo/...ka1780x390.jpg

Jambore Nasional (Jamnas) adalah Pertemuan Pramuka Penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Jambore Nasional pertama kali dilaksanakan pada tahun 1973 di Situ Baru Jakarta.
Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Sebenarnya saya merasa sedikit takut ketika dipilih untuk mengikuti kegiatan tersebut,yang ada dalam bayangan saya sebelum itu adalah "waaah pasti banyak ular dan binatang binatang buas lainnya". Tetapi saya mencoba memberanikan diri saya untuk mengikuti kegiatan ini,terlebih lagi kesempatan ini hanya diberikan kepada 2 orang dari setiap sekolah.
Ketika sampai di lokasi ternyata begitu banyak yang mengikuti kegiatan ini,saya langsung berkenalan dengan mereka setelah itu kami pun mencari lokasi yang tepat untuk membangun tenda yang pastinya dekat dengan sumber air.Setelah itu kami mencari kayu untuk dibakar sebagai penerang di malam hari.

Ada juga berbagai kejadian yang kami alami saat itu,misalnya pada saat sedang membersihkan lokasi untuk dibangun tenda kami menjumpai ular,luka lecet terkena ranting kayu,dan yang paling banyak adalah orang kesurupan.

Momen yang paling saya ingat sampai saat ini adalah ketika JURIT MALAM.


Sumber gambar : https://citraalam.id/wp-content/uplo...6306574921.jpg

Jurit malam itu aktivitas yang dilakukan oleh para peserta camping, gunanya untuk melatih kepemimpinan, mengasah keberanian dan memecahkan masalah dalam waktu yang singkat dan juga kerja sama. Misalnya disuruh keliling bumper satu persatu anggota dan disetiap pos pasti ada yang nakutkan gitu
Jadi hantu KW. Yang serunya lagi Saat jurit malam tidak diperbolehkan membawa senter dan alat penerangan apapun,bahkan ada juga yg ngadain nya di kuburan wkwkwk.

Dan yang terkahir saya ingin mengucapkan kepada seluruh anak anak pramuka yaitu " Terus lanjutkan,
Karena pramuka itu banyak unsur positif,contohnya melatih kita untuk jadi disiplin,bertanggung jawab,mandiri,dan melatih mental sebagai seorang pemimpin".
Diubah oleh NinjaAceh999 21-08-2019 11:23
ShadowHunter611
anasabila
anasabila dan ShadowHunter611 memberi reputasi
2
2.2K
2
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.