alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5cbb566df2311ee27fc72e/kalah-gugatan-anies-didesak-bersihkan-trotoar-dari-pkl
Lapor Hansip
21-08-2019 10:32
Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL
Past Hot Thread
Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL

Ketua Koalisi Pejalan Kaki, Ahmad Safrudin mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mematuhi putusan Mahkamah Agung yang memenangkan gugatan dari dua politikus Partai Solidaritas Indonesia soal fasilitas trotoar yang bersih dari pedagang kaki lima (PKL).

MA sebelumnya memenangkan gugatan politikus PSI William Aditya dan Zico Leonard terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.


Dua anggota DPRD DKI terpilih PSI itu menggugat pasal 25 ayat 1 tentang kewenangan Gubernur DKI Jakarta memberikan izin trotoar dan jalan sebagai tempat usaha PKL.


Putusan MA mengamanatkan bahwa Perda nomor 8 tahun 2007 pasal 25 ayat 1 tidak memiliki kekuatan hukum tetap dan tidak berlaku.

Salah satu kegiatan di atas trotoar yang banyak disoroti ialah kegiatan jual beli yang dilakukan PKL di trotoar Tanah Abang dan kegiatan jual beli PKL di sejumlah lokasi sementara (Loksem).

"Loksem harus segera dipindahkan ke lokasi tetap atas biaya APBD," kata Safrudin kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/8).


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...otoar-dari-pkl


Loksem ialah lokasi sementara PKL yang nantinya dipindahkan ke tempat permanen. DKI memiliki sejumlah loksem di Ibu Kota dan beberapa di antaranya berdiri di atas trotoar.

Sejauh ini Safrudin mengatakan banyak kepentingan warga yang diambil dari atas trotoar. Beberapa di antaranya ialah banyak lahan parkir, etalase restoran dan jalur sepeda motor.

"Ada juga yang menempatkan material bangunan, diokupasi barrier pengamanan kedutaan negara lain pos jaga istana dan lain-lain," lanjut dia.

Safrudin menegaskan dengan putusan MA tersebut, harusnya menjadi dasar Gubernur Anies untuk menindak para pelanggar aturan. Ia menegaskan Gubernur harus memprioritaskan kepentingan pejalan kaki.

"Dengan keputusan MA adalah saatnya Gubernur menertibkan trotoar dari berbagai kepentingan yang tak sejalan dengan kepentingan pejalan kaki," kata dia.


William sendiri selaku penggugat berharap Anies bisa membereskan PKL di Tanah Abang menindaklanjuti putusan MA tersebut. Menurutnya kebijakan Anies membuka Tanah Abang untuk PKL hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang.

"Kebijakan ini jelas sangat tidak layak karena mengorbankan kepentingan lebih besar yakni pejalan kaki. Jika sekarang Gubernur melegalkan PKL di jalanan akan semakin kacau dan hancur," kata dia.


Maju kotanya
Bahagia warganya




Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugolix dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
21-08-2019 10:33
Quote:Original Posted By enolajr
Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL

Pfffttttttt!!! emoticon-Malu

Diubah oleh .poison4u.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Lihat 2 balasan
21-08-2019 10:34
fungsi jalan aja gak paham emoticon-Ngakak jadi pak rt aja gak qualified itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 11 lainnya memberi reputasi
10
21-08-2019 10:36
Quote:Original Posted By donal.duck.
fungsi jalan aja gak paham emoticon-Ngakak jadi pak rt aja gak qualified itu


Sama kaya so mad....Gobloknya kuadrat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 17 lainnya memberi reputasi
12
21-08-2019 10:37
yg penting wan abud udah sempat tampil dgn citra : pembela pkl. itu yg utama buat bekal nyapres ntar emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 17 lainnya memberi reputasi
16
21-08-2019 10:39
bisanya apa sih ini gabener satu ini
udah jomblo ga punya wakil emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 6 lainnya memberi reputasi
5
21-08-2019 10:39
Anies harus mentaati putusan MA.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
21-08-2019 10:39
wah ngamuk, mobilnya di angkut dari makan trotoar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radio.head911 dan 3 lainnya memberi reputasi
-2
21-08-2019 10:40
sekalian bud,
tertibkan motor mobil yg parkir di trotoar
gedek gue, trotoar di lebarin, tapi isinya motor parkir liar sama mobil

herannya petugas kaga ada batang hidungnya
ada juga ga yakin mau menindak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 16 lainnya memberi reputasi
15
21-08-2019 10:40
Bersihin jalan make anggaran APBD lagi dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 4 lainnya memberi reputasi
3
21-08-2019 10:42
HIDUP ANIES!!

ANIES UNTUK GUBERNUR DKI 10 PERIODE!

MAJU KOTANYA, SEJAHTERA BAHAGIA WARGANYA!!

HIDUUUP!!

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chibitora dan 15 lainnya memberi reputasi
12
21-08-2019 10:45
7jt onta siap membela one aboutemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jackkopie dan 4 lainnya memberi reputasi
3
21-08-2019 10:46
Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 7 lainnya memberi reputasi
4
21-08-2019 10:46
kira2 gabener ngarab bakal diplototin ma lulung gak ya ........... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
21-08-2019 10:47
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
yg penting wan abud udah sempat tampil dgn citra : pembela pkl. itu yg utama buat bekal nyapres ntar emoticon-Cool



Gabener hasil dari rasis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leevinee dan 2 lainnya memberi reputasi
3
21-08-2019 10:47
Anies riwayatmu kini emoticon-Ngakak

Gubernur belum kerja kok sudah ditagih-tagih, aneh emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 8 lainnya memberi reputasi
7
21-08-2019 10:47
klo pak gubernur kagag mau terus gimana??
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan simsol... memberi reputasi
0
Lihat 2 balasan
21-08-2019 10:47
nanti bisa jadi lebih galak pkl nya daripada polpp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
3
21-08-2019 10:47
Ombus,polantas,mendagri,aja dicuekin abud.

Kpk dan kader psi bakal dicuekin juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
3
21-08-2019 10:48
mampos , siap2 di demo pedangan tanah abang , udah rapih jaman ahok , di kasih liar lagi , sekarang ga bisa liar lagi, pasti PKL nya nuntut2 lagi sama abud emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leevinee dan 10 lainnya memberi reputasi
9
21-08-2019 10:57
Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL

Pfffttttttt!!! emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dontaskmyname. dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.