khayalanAvatar border
TS
khayalan
Polisi Identifikasi 5 Akun Penyebar Konten Provokatif yang Picu Demo di Papua
Selasa, 20 Agustus 2019 | 22:09 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengidentifikasi lima akun yang diduga menyebarkan konten provokatif terkait penangkapan mahasiswaPapua di Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan polisi, konten negatif tersebut diduga memprovokasi massa sehingga melakukan demonstrasi yang sempat diwarnai kericuhan di Papua dan Papua Barat, Senin (19/8/2019).

"Kurang lebih sampai dengan hari ini sekitar 5 akun," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019).

Ia mengatakan bahwa akun tersebut berada di platform Youtube, Facebook, dan Instagram.

"Sementara dari Direktorat Siber Bareskrim bilang masih profiling satu akun yang Youtube dan FB. FB bukan hanya 1, tapi beberapa yang nyoba untuk viralkan narasi-narasi maupun video provokatif. Kemudian ada akun Instagram yang didalami," ujar dia. 

Konten-konten tersebut berisi berita bohong atau hoaks terkait penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya. Salah satu hoaks tersebut mengungkapkan bahwa ada mahasiswa yang meninggal.

Konten yang dibangun di media sosial dan tersebar di antara warga Papua, lanjut Dedi, dapat membangun opini bahwa peristiwa penangkapan mahasiswa Papua adalah bentuk diskriminasi.

Hingga siang tadi, polisi mengatakan bahwa kegiatan masyarakat di Jayapura, Papua, sudah berjalan normal.

Begitu pula dengan wilayah Manokwari, Papua Barat. Menurut dia, kegiatan masyarakat di wilayah tersebut juga berangsur-angsur normal.

Namun, di wilayah Sorong, kata Dedi, masih terdapat kegiatan unjuk rasa yang diikuti sekitar 500 orang.

Pihak TNI, Polri, dan pemerintah daerah terus melakukan komunikasi dengan massa.

"Di Sorong memang masih ada kegiatan masyarakat di satu titik massanya 500 orang, masih dalam negosiasi dan komunikasi secara intens antara aparat keamanan, baik TNI, Polri, dan seluruh tokoh masyarakat di sana," kata dia. 

Kendati demikian, secara keseluruhan, situasi di wilayah Papua kondusif. Hari ini, aparat gabungan melaksanakan pembersihan, seperti pohon tumbang, agar kegiatan masyarakat dapat segera kembali normal.

https://nasional.kompas.com/read/201...g-picu-demo-di

Bungkus pak...

Makanya.. daripada nyebar2 hoax, hujat2an SARA, provokasi dll..

Mari kita barter nocan aja.. itung2 menjalin silahturahmi dan membantu adek2 yg sedang membutuhkan bantuan kita bersama.. emoticon-Genit
Diubah oleh khayalan 20-08-2019 15:34
whellere
whellere memberi reputasi
1
1.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.