Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

taofikkillsAvatar border
TS
taofikkills
Menggenjot Peran UKM Dalam Perdagangan Internasional Lewat e-Commerce
Spoiler for UKM:



Sebagai negara dengan tingkat penggunaan internet yang besar, kontribusi perekonomian e-commerce Indonesia tergolong masih minim. Sekalipun sektor e-commerce cukup mempengaruhi perekonomian nasional, namun kontribusinya hingga saat ini belum maksimal.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 145,26 juta jiwa pada 2018. Mengacu pada catatan tersebut, pemanfaatan internet bidang ekonomi terbagi menjadi beragam klasifikasi. Kasifikasi tersebut antara lain sektor membantu pekerjaan sebesar 41,04%, Informasi Membeli sebesar 37,82%, pembelian online sebesar 32,19%, pencarian kerja sebesar 26,19%, transaksi perbankan sebesar 17,04%, dan jual online sebesar 16,83%.

Sedangkan berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan (Kemendag), total transaksi e-commerce di Indonesia atau gross merchandise value (GMV) pada 2018 mencapai US$12,2 miliar. Angka tersebut naik sebesar US$1,7 miliar atau 94% dari capaian transaksi di 2015.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Dody Edward ingin ke depannya kontribusi e-commerce terhadap perekonomian dapat digenjot. Pemerintah terus mendorong perkembangan ekspor nasional. Salah satu strateginya melalui program pelatihan bagi para pelaku ekspor yang sudah diadakan di Jakarta, Semarang dan Bandung.

Program tersebut diikuti 75 peserta dan telah menghasilkan 35 eksportir. Program ini sudah berjalan dari tahun 2010 dan hingga tahun lalu sudah berhasil melahirkan 149 eksportir baru.

"Ada bimbingan dari sisi kemasan, kemudian coaching program, dari sisi branding banyak program-program yang bisa diberikan untuk UKM," jelasnya.

Sumber 1

Pihaknya juga mendorong pelaku e-commerce yang ada di Indonesia untuk membantu UMKM dan UKM memasarkan produknya, bahkan ekspor. Sejauh ini sudah ada e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan Bukalapak yang terus memberikan edukasi kepada UMKM yang ada di kota-kota di Indonesia mengenai berjualan online.

Data Ditjen PEN, saat ini penetrasi e-commerce di Pulau Jawa sudah mencapai 75,77%, Sumatera 13,51%, Sulawesi 3,99% dan Kalimantan 3,77%.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin menilai, industri 4.0 yang disiapkan pemerintah akan sangat berkaitan dengan e-commerce dan dampaknya signifikan untuk pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Hal ini mengingat, perdagangan e-commerce mendorong efisiensi dalam kegiatan ekonomi, inovasi, dan keterjangkauan yang lebih luas.

Visi pemerintah pada 2020, Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan memokuskan pengembangan ekonomi digital berbasis lokal, yakni akselerasi UMKM dan bisnis rintisan (startup). Sektor UMKM sebagai pilar ekonomi kreatif harus mendapatkan perhatian lebih agar mereka mampu mengambil peran dalam perdagangan global melalui e-commerce.

Diakui pemerintah sampai saat ini Implementasi Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (roadmap e-commerce) masih berlangsung dan dalam tahap penggodokan yang ditargetkan rampung pada 2019.

Roadmap tersebut mencakup program pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan dan sumber daya manusia, infrastruktur komunikasi, logistik, keamanan siber dan pembentukan Manajemen Pelaksana Peta Jalan SPNBE 2017-2019.

Ini akan menjadi acuan bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menetapkan kebijakan sektoral untuk mempercepat pelaksanaan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (e-commerce).

Sumber 2

Spoiler for 2020 nanti:
0
422
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.