alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5ad5cb26377205785d269a/lima-ucapan-ustaz-abdul-somad-paling-menggegerkan
Lapor Hansip
20-08-2019 00:00
Lima Ucapan Ustaz Abdul Somad Paling Menggegerkan
Lima Ucapan Ustaz Abdul Somad Paling Menggegerkan


Jakarta - Abdul Somad seorang ustaz dengan sederet kontroversi. Tak jarang pernyataannya membuat gaduh, memantik riuh rendah perdebatan di ruang media sosial.

Berikut ini lima ucapan Ustaz Abdul Somad (UAS) yang paling menggegerkan.


1. Kasus Rina Nose

Nama UAS ramai diperbincangkan di linimasa media sosial setelah dirinya membuat pernyataan dalam salah satu ceramahnya di Medan, Sumatera Utara bahwa ia tak pernah mengamati artis jelek.

"Rina Nose Siapa? Artis? Yang pesek itu? Saya kalau artis jelek kurang berminat. Apa kelebihannya? Pesek, buruk, itu saja," kata UAS dalam video di platform YouTube yang banyak beredar.

Akibat pernyataannya, banyak kalangan menilai UAS tak sepatutnya menghina makhluk ciptaan Tuhan. Rina Nose pun memberikan tanggapannya melalui postingan Instagram pribadinya, @rinanose16.

"Saya memang jelek, pesek, buruk, dan tidak memiliki kelebihan apa-apa. Saya sudah tahu sebelum Anda mengatakannya," tulisnya.

Rina menambahkan dalam caption Instagramnya bahwa dengan segala keterbatasan dan kelemahan ilmunya, ia tidak sampai hati mengatakan hal buruk tentang orang lain.


2. Polemik Starbucks

Pernyataan yang mengundang perdebatan kembali dilontarkan oleh UAS. Dalam ceramahnya, ia menyebut bahwa pembeli Starbucks artinya mendukung LGBT dan akan masuk neraka.

"Nanti di akhirat nampak sumbangannya untuk LGBT. Ditanya malaikat, LGBT, kenapa kalian besar? Karena ada sumbangan. Siapa yang menyumbang? Itu yang di surga. Eh tarik balik. Diobok-obok masuk neraka, gara-gara menyumbang ke Starbucks," kata UAS dalam video ceramahnya yang beredar di YouTube.


3. Halalkan Korupsi

Pernyataan terkait UAS menghalalkan korupsi ini bermula dari pertanyaan audiens dalam ceramahnya di sebuah masjid di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Saat itu, pertanyaannya berisi tentang hukum seseorang yang menyogok untuk menjadi pegawai di instansi pemerintahan serta bagaimana gajinya nanti, halal atau haram.

UAS pun memberikan jawabannya. Menurutnya, nyogok itu terbagi dua, konvensional dan syariah. Menyogok syariah dimaknai olehnya dengan membayarkan uang tertentu untuk mendapatkan hak yang sudah harus dimiliki oleh seseorang.

"Kalau sudah memenuhi syarat, tidak masalah. Karena itu artinya dia sedang mengambil haknya. Daripada haknya itu diambil orang lain," kata Somad dalam ceramahnya di video yang beredar.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), Febri Diansyah berpendapat bahwa hal tersebut salah menurut undang-undang.
“Praktik suap tersebut terbukti dikumpulkan sebagai setoran untuk pejabat-pejabat yang mengambil keputusan. Hal ini jika ditoleransi dan berlaku masif akan memunculkan korupsi yang lebih besar,” kata Febri pada wartawan, Senin, 5 Februari 2018.


4. Bom Bunuh Diri

Pria kelahiran 18 Mei 1977 ini kembali dliputi kontroversi terkait pernyataannya yang menyebut aksi bom bunuh diri sebagai gerakan mati syahid. Merespon hal ini, UAS kemudian mengklarifikasi bahwa pernyataan tersebut telah dipotong dan diunggah kembali oleh sejumlah pihak yang menyebabkan multitafsir.

Dalam video yang diunggah oleh akun YouTube milik Tafaqquh video berjudul 'Benarkah Ustaz Abdul Somad, Lc. MA Membolehkan Bom Bunuh Diri? Simak Penjelasan Ini dengan Baik', UAS memberikan klasrifikasinya.

"Dua hari ini, video saya, menjawab pertanyaan di An Nur, lebih kurang dua tiga tahun lalu, diviralkan lagi. Tapi video itu di- cut , dipotong. Saya masih ingat, tempat lokasi masjid itu, An Nur, kajian subuh Sabtu," kata Abdul Somad.

UAS menambahkan, umat Islam harus bisa membedakan antara bom bunuh diri yang dilakukan muslim Palestina dan di luar Palestina.


5.Kontroversi Salib Jin Kafir

Terbaru, pria asal Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, ini dilaporkan ke polisi akibat pernyataannya mengenai salib jin kafir. Ia dilaporkan oleh Organisasi Massa (Ormas) Brigade Meo Nusa Tenggara Timur (NTT) ke polisi pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Anggota Brigade Meo, Jemmy Ndeo menganggap dakwah Somad telah menistakan salib dan patung yang merupakan simbol agama Katolik dan Kristen Protestan.

"Apa yang dikatakan Ustaz Abdul Somad dalam videonya itu sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen dan Katolik. Dia harus bertanggung jawab," kata Jemmy.

UAS membantah tuduhan itu. Dalam sebuah video, ia menyampaikan klarifikasi bahwa ia hanya menjawab pertanyaan jemaah.

"Itu pengajian di dalam masjid tertutup, bukan di stadion, bukan di lapangan sepak bola, bukan di teve, tapi untuk intern umat Islam yang meminta penjelasan tentang patung, tentang kedudukan Nabi Isa alaihi salam. Untuk orang Islam dalam Alquran dan Sunah Nabi Solallahualaihi wassalam," kata UAS.

"Pengajian itu tiga tahun yang lalu. Sudah lama. Kajian subuh Sabtu. Di Masjid An Nur Pekanbaru. Satu jam pengajian diteruskan tanya jawab tanya jawab tanya jawab. Kenapa diviralkan sekarang, kenapa dituntut sekarang, saya serahkan kepada Allah Subhanallahu wataala," kata UAS lagi.



https://www.tagar.id/lima-ucapan-ust...g-menggegerkan

Diubah oleh kabar.kabur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
20-08-2019 09:10
Quote:Original Posted By lucid
jgn suka hoax bray... tukang hina satu ini beragama islam kokemoticon-Big Grin


takut ke ban bre
id cuma 1
males buat baru
emoticon-Ngakak
0
20-08-2019 09:29
Quote:Original Posted By lucid
hah... lu salah masuk forum kali bu.. babu.... ini kaskus, kalo lu masuk forum islam ya laen lagi ceritanya, dasar onta tersesat emoticon-Big Grin


khuoooontol
emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
20-08-2019 09:40
Balasan post Jimmydog2
Quote:Original Posted By Jimmydog2
Sedikit ikut berpendapat di sini. Menurut saya, UAS tidak salah. Sudah bukan rahasia, ledek-meledek dengan ujaran satire sangat lazim kita temui sekarang, apalagi di bagian komen youtube. Mulai dari kaum atheis vs kaum religius di setiap video bertema sains, sampai debat antar agama versi Zakir Naik. UAS hanya memanfaatkan trend di mana pendengarnya rata-rata ingin mendengarkan sesuatu yang lucu. Satire.....adalah jalan pintas yang sangat mudah untuk membuat pendengar tertarik. Saya juga pernah mendengar pendapat di mana...pengajian yang ada guyonnya...cendrung lebih rame daripada pengajian yang kaku. Dan apakah itu sah? Dalam pandangan saya, seharusnya itu sah kalau 2 sisi siap menerima acara saling ejek tanpa harus terjadi konflik fisik.

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman di sini. Saya suka UAS. Saya suka Zainuddin MZ yg juga sering Guyon. Saya suka AA Gym yang juga senang Guyon. Saya suka Cak Nun yang ada guyon plus cerita mistisnya. Saya suka Gus Mufawiq atau ulama-ulama khas Jawa Timur yang ngomong ceplas-ceplos. Akan tetapi, karena dakwahnya guyon, inti ilmu yang mereka sampaikan sering terabaikan, dan berakhir hanya pada kesan......stand up komedi oleh orang berpangkat ulama. Tidak ada niat untuk merendahkan, hanya menyampaikan perasaan sebagai seorang yang mengaku telah memeluk Islam.

Bukan mengaku berilmu, bukan pula berniat sok tahu, sedikit saya ingin memberikan pendapat. Banyak saudara muslim saya yang saya tanya sebuah pertanyaan. Sejak kapankah Anda muslim? Rata-rata menjawab mereka muslim sejak lahir. Mereka melontarkan dalil semacam "manusia terlahir dalam keadaan suci". Suci = Islam. Fitrah. Dan cedrung menuju kepada Allah. Menurut saya pendapat ini ada benarnya, namun saya cendrung lebih memilih bahwa menjadi seorang muslim itu harus ada ijab qabulnya. Rukun Iman yang pertama dan Rukun Islam yang pertama. Sebagai manusia, saya merasa wajib untuk mendefinisikan konsep Tuhan. Apakah saya mempercayai keberadaan suatu zat yang mengatur jagat raya ini, ataukah jagat raya ini jadi yah jadi aja tanpa harus ada aktor intelektual di balik eksistensi jagat raya ini? Setelah saya mendefinisikan konsep ketuhanan menurut pikiran dan hati saya, baru saya mempertanyakan siapa yang menyebarkan konsep ketuhanan tersebut, atau konsep ketuhanan seperti siapa yang cocok dengan pemahaman saya. Nabi Muhammad. Isa. Atau mungkin Sidartha Gautama? Nah konsep ketuhanan, alias tauhid ini....jarang dijadikan bahan ceramah oleh Ustad-ustad mainstream di Indonesia. Semua sibuk soal hadits, asli, palsu, wah segala macam. Semua sibuk jenggot, celana cingkrang, jidat hitam, jihad wah banyaklah. Mereka lupa.....10 tahun Rasulullah berdakwah di Mekah hanya untuk menegakkan Tauhid. Ketika shalat berjamaah...ayat2 yang dibaca imamnya begitu aneh di telinga saya. Maklum, saya hanya sering bolak-balik juz amma ( surat-surat Makkiyah yang penuh konsep teologi ). Saya gak hafal surat dengan awalan alif lam mim. Saya hanya hafal yah surat2 yang terlihat cemen. Imam2 cendrung berlomba-lomba menghafal ayat yang macam2. Makin asing ayat itu makin terdengar keren. Makmum juga berpendapat.....wah imamnya hebat...hapal Al Qur'an byk. Suatu konsep kuantitas. Maaf, saya hanya sering bolak-balik juz amma dan itupun gak hafal2 ampe sekarang.

Jadi sebenarnya saya ngomong panjang lebar ini maksudnya apa???? Saya mengingatkan....ulama kita telah mengambil konsep yang mungkin keliru dalam berdakwah ( mungkin keliru tidak berarti salah ). Ulama kita karena termakan "mind set" Islam sejak lahir lupa untuk berdakwah soal konsep Ketuhanan. Sangat jarang saya ikut majelis taklim ada pertanyaan...bagaimanakah cara kita "bertemu dengan Allah"? Kita menganggap kita tidak perlu lagi membahas hal itu karena toh..."kita sudah Islam sejak lahir". Kita merasa tidak perlu lagi mempertanyakan keimanan kita terhadap Tuhan karena kita menganggap diri kita telah beriman pada Allah. Kita tidak pernah mempertanyakan hati kita apakah arti rindu dengan Rasulullah. Kita menganggap semuanya cukup hanya dengan suatu kalimat pendek..."Islam sejak lahir". Untuk saya yang telah mengorbankan "segalanya" demi menemukan Allah...." Islam sejak lahir itu = it is fucking ridiculous". JIKALAH NIKMAT ALLAH YANG TERBESAR ITU IMAN DAN ISLAM...HARUSNYA ANDA MERASA KASIHAN DENGAN ORANG-ORANG KAFIR, NON MUSLIM, ATHEIS ATAU APALAH SEBUTAN ANDA UNTUK MEREKA. Saya bukan sombong mengaku-aku telah "bertemu Allah"....saya justru masih lulus alakadarnya dari rukun Islam pertama dan rukun Iman pertama. Masih 4 lagi rukun Islam yang harus saya kejar, masih 5 lagi rukun Iman yang harus saya pahami. SAYA BUKAN APA-APA.

Sekali lagi saya tekankan. Saya bukan apa-apa. Ilmu saya gak ada tai-tainya dibandingkan dengan seorang UAS yang punya ijazah LC MA dan masih banyak lagi. Namun saya merasa terpanggil untuk mengingatkan. Ceramah stand up komedi satire dan ejekan itu sudah terlalu lama menjadi trend di kalangan dakwah kita ( sejak zaman Zainuddin MZ ). Mungkin ada baiknya kita lebih sering mendengarkan ceramah Ustad semacam Muhammad Bakhiet. Sesuatu yang lebih mengajarkan "kaji dasar". Ketika kita mati, suatu alam baru yang terdekat dengan kita, kita akan disodori pertanyaan.... Man rabbuka? Siapa Tuhanmu?....bukan bagaimanakah bentuk bendera Rasulullah, bukan pernahkah anda menegakkan Khilafah di muka bumi, bukan apakah haditsnya beristri lebih dari satu, bukan apakah anda makan riba bukan berapa banyak kafir yang mati karena kesaktian anda....tapi Man rabbuka? Siapa Tuhanmu?


Sorry bro gw cm baca sedikit atas nya doank. Males baca sampe bawah wkwk.. Yg gw tangkap, menurut ente itu wajar karna untuk guyonan aja. Pertanyaan gw, kalo lambang agama yg ente sendiri anggap sakral dijadiin guyonanan agama laen dibilang ada jin nya, ente bakal bisa sebijak ini ga? Kaum2 ente yg fanatik bakal bisa sebijak ini juga ga? Gw sih ragu ya. Lah kaum ente yg fanatik kalo ngeliat pohon natal aj langsung gerah, ngeliat salib aj menggigil, liat restoran babi aj ditutup, tau cina masak babi aj di persekusi.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1
Lapor Hansip
20-08-2019 09:46
Balasan post Jimmydog2
guyonan apa yang bilang ras cina setan?
lu cari dah pelawak mana yang gitu kalo ngomongnya
saya melihatnya pure ujaran kebencian
Lima Ucapan Ustaz Abdul Somad Paling Menggegerkan
Diubah oleh saekicorp.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1
20-08-2019 10:07
saya Islam dan punya banyak teman berbeda Agama, intinya sih saling toleransi beragama aja, gak usah menjelekan Agama Lain,

Bhinneka Tunggal Ika, meskipun kita tidak bersaudara se Agama, kita tetap Saudara Se Tanah Air emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
richwyn dan areszzjay memberi reputasi
0
20-08-2019 10:08
Point kedua yg paling hebat... Bisa²nya malaikat versi UAS dibodohi ama yg sudah masuk surga padahal nyumbang lewat Starbuck ya??? Sampai mesti dikeluarin lg dari surga??
Ngacoo bin unik. Jd surga nya seperti itu toh, haha
Diubah oleh geeblink
0
20-08-2019 11:46
Quote:Original Posted By sibuk.nyaleg
Masalahnya satu.. khotbah disebar2..

Kl ceramah2 di mesjid, itu artinya audience nya adalah muslim. Krn khotbah/ceramah itu ditujukan untuk meningkatkan iman, bukan dakwah. Yg kristen jg ga us terguncyang.. karena gw sendiri pernah masuk bantu2 perkumpulan gereja, mrk jg bicara kejelekan2 agama lain. Itu bagian dari metode keimanan. Terlepas isinya ngawur pa kagak.

Beda pasti kl ada ustad kasih dakwah pd non muslim.


Lu screenshoot ya tulisan lu ini,
Selang bbrp tahun 3-5 tahun coba liat lagi,
Ada yg lucu gak?
profile-picture
profile-picture
greedaon dan areszzjay memberi reputasi
2
20-08-2019 13:41
Jika UAS nggak salah, maka berdakwah tentang sisi gelap khilafah pun nggak salah
https://kask.us/iCilQ
0
Lapor Hansip
20-08-2019 14:06
Balasan post windmilz
Betul.. tapi sapa jamin setiap individu bisa ilang sifat ngerumpinye?
0
Lapor Hansip
20-08-2019 14:07
Balasan post sibuk.nyaleg
@lucid pake toa aja dah salah
0
Lapor Hansip
20-08-2019 14:08
Balasan post syl1189
itu tergantung orangnye.. ada aje sales yg ngejelek2in produk lain..
0
Lapor Hansip
20-08-2019 14:11
Balasan post carlito256gmail
kl di youtube ade, ngapain gw musti stalking org cm buat buktiin ke elu nyet?
0
Lapor Hansip
20-08-2019 14:12
Balasan post SiPenembakJitu
perlu gw google-in nih? emoticon-Malu
0
20-08-2019 14:30
Quote:Original Posted By sibuk.nyaleg
perlu gw google-in nih? emoticon-Malu


Katanya denger sendiri sekarang googling. Buset tololnya kaum onta
profile-picture
profile-picture
greedaon dan areszzjay memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
20-08-2019 14:39
Quote:Original Posted By 22.0408
Buat lu2 pada yg mo ribut plis serang orangnya jangan serang agamanya. Benci boleh, goblog jangan


Buat lu lu pada yg nyuruh benci org nya jgn agama nya
Plia deh.emang lu lu smua pernah protes kalo ada yg intoleran
Plg cuma diem aja
Giliran ginian baru bacot
Tai eslam
profile-picture
profile-picture
greedaon dan areszzjay memberi reputasi
2
20-08-2019 14:40
Quote:Original Posted By sibuk.nyaleg
kl di youtube ade, ngapain gw musti stalking org cm buat buktiin ke elu nyet?


Goblog lo
Youtube bikinan bisa blog
Lu minta gw manggil petir jg bisa blog
Pantesan goblog.eslam sih
profile-picture
greedaon memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-08-2019 14:46
Balasan post SiPenembakJitu
ya sendiri juga nyet.. susah ngomong ma anak monyet
0
Lapor Hansip
20-08-2019 14:47
Balasan post carlito256gmail
ya ud.. silakan denial lah.. itu kan emg penyakit kaum beragama.. ente sama onta sama aje.. sama2 import..
0
20-08-2019 14:50
Quote:Original Posted By Reikouki
#kamiBersamaUas

Wajar krn inilah wajah uclim sebenarnya


gw gak tuh emoticon-Cool
0
Lihat 1 balasan
20-08-2019 15:10
Quote:Original Posted By sibuk.nyaleg
ya sendiri juga nyet.. susah ngomong ma anak monyet


Dasar onta tolol

Ngomong semua agama sama, katanya pernah denger liat sendiri minta bukti ternyata dari Youtube

ONTA KAGAK ADA YANG KAGAK TOLOL emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
greedaon dan areszzjay memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.