• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Kebebasan Finansial Bisa Didapatkan dengan Kerja Bebas ala Digital Nomad

adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Kebebasan Finansial Bisa Didapatkan dengan Kerja Bebas ala Digital Nomad


Pekerjaan masa kini mulai berkembang menjadi beragam jenis, selain jadi PNS atau ASN, guru, dokter, tentara dan pekerjaan kantoran lainnya yang selama ini familiar di telinga kita, ada juga pekerjaan yang tak terpaut pada dimana harus "ngantor", tak terbatas oleh jarak dan tak melulu mengandalkan gaji bulanan. Pekerjaan apakah itu?

Ada, yaitu digital nomad. Tentu saja profesi satu ini berhubungan dengan dunia digital sesuai namanya. Meskipun bekerja di dunia maya namun upah yang dihasilkan benar - benar nyata. Trend pekerjaan digital nomad memungkinkan seseorang untuk bisa bekerja darimanapun sehingga mereka dapat hidup berpindah - pindah dari suatu negara ke negara yang lain tanpa kebingungan mengerjakan tugasnya. Pekerjaan ini dapat dilakukan oleh freelancermaupun orang yang bekerja di suatu perusahaan jarak jauh tapi mengerjakan proyeknya secara remote working.

Digital nomad telah booming sejak sepuluh tahun belakangan. Rata - rata didominasi oleh generasi Y dan Z yang sudah melek teknologi. Mayoritas pekerja digital yang nomaden ini berasal dari negara Barat seperti Eropa dan Amerika. Kebanyakan dari mereka memilih tinggal di Bali dan Istanbul dengan alasan biaya hidup yang terjangkau serta fasilitas koneksi internet yang bagus dan telah menjamur tempat - tempat ramah wifi disana.

Mereka memutuskan menjadi digital nomad karena menginginkan kebebasan dalam bekerja, ingin menjelajah panorama alam di seluruh dunia, mengeksplor kecantikan negeri tetangga yang belum pernah mereka kunjungi dan mengenal budaya asing. Pengalaman travelling adalah hal yang penting bagi jiwa penjelajah seperti mereka. Basecamp pekerja digital biasanya berada di co working space, caffee hingga pinggir pantai sekalipun.

Profesi digital nomad berkembang pesat karena akses internet yang kini semakin mudah, banyaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang mumpuni dalam penguasaan teknologi yang tidak didapatkan di area lokal membuat perusahaan merekrut orang dari luar daerah sesuai dengan kriterianya untuk ikut bergabung menjadi tim dalam proyeknya. Bekerja jarak jauh merupakan sistem yang dijalani oleh pekerja digital tersebut.

Menjadi seorang digital nomad tidak memerlukan gelar pendidikan yang spesifik selama kita memiliki skill yang dibutuhkan, kita bisa dengan mudah menjalani profesi ini. Keterampilan yang bisa dikerjakan oleh pencari rezeki digital itu pun beragam mulai dari digital marketing, copywriting, content writing, web developer, statistic, web design, blogging, editting, translation dan proof reading pun bisa dipakai untuk mendukung kita bergelut dalam pekerjaan ini.

Sumber referensi :
1. Chris the freelancer
2. Digital Nomad, Pekerjaan Ideal untuk Para Introvert

Jika thread ini dirasa bermanfaat, silahkan follow adnanami di kaskus, kasih cendol, rate 5 dan komentar di bawah ya, Gan ... Sis !
Diubah oleh adnanami 20-08-2019 04:52
febrianaryna
elvici
swiitdebby
swiitdebby dan 29 lainnya memberi reputasi
30
7K
320
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.