Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5724f6e83c725de9071adf/3-hal-underrated-yang-ada-di-indonesia
Apa itu underrated? Underrated adalah kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sebenarnya bagus tapi tidak diminati atau dikenali khalayak luas. Penyebabnya banyak, tapi umumnya karena salah persepsi dan ketidaktahuan.
Lapor Hansip
17-08-2019 04:49

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia

Apa itu underrated? Underrated adalah kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sebenarnya bagus tapi tidak diminati atau dikenali khalayak luas. Penyebabnya banyak, tapi umumnya karena salah persepsi dan ketidaktahuan.

Oleh karena itu, ane rasa hal-hal ini perlu dibahas lagi agar bisa lebih dikenali oleh khalayak. Sebab produk-produk yang disajikan berkualitas bagus dan mampu bersaing dengan produk kompetitor sejenis. Berikut ini adalah 3 hal underrated  yang ada di indonesia versi ane:

1. Warteg

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
Sumur gambar: kompas.com

Warung atau warteg (warung tegal) adalah restoran tradisional indonesia yang sederhana dan sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Biasanya warteg ini berasal dan diperuntukan bagi kalangan ekonomi menengah kebawah. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia tidak mengakui bahwa, sebenarnya makanan warteg itu memang enak. Daripada makan di warteg, mereka lebih suka makan di restoran yang lebih mewah demi mengukuhkan status sosialnya. Walau memang restoran mungkin lebih bersih dan nyaman, tapi kebanyakan makanan di restoran rasanya hambar (bagi lidah indonesia).  

Makanan yang tersedia di warteg lengkap dari makanan pokok macam nasi dan mie, serta lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan dan sebagainya. Dari yang rasanya nampol sampai biasa, beraneka sayuran, tempe, tahu, bakwan, perkedel dan banyak lagi. Semua yang bisa dimakan dapat dijumpai di warteg.

Harganya pun sangat terjangkau berkisar dari Rp 10-15 ribu (tergantung daerah) kita sudah bisa menikmati sajian lengkap (nasi, lauk serta sayur) dan minumannya. Tapi kenapa orang indonesia dari kalangan atas tidak makan disini? Lebih karena stereotip bahwa orang yang makan di warteg berarti buruh, mahasiswa atau orang yang ekonominya lemah.

Terkadang bagi ane, makanan tersebut enak karena makanan itu dari warteg. Memang ada restoran yang menyajikan menu seperti di warteg, tapi entah kenapa rasanya lebih enak yang ada di warteg. Pendapat ane ini juga diamini oleh temen ane yang lahir dan besar di luar negeri.


2. Buah-Buahan Indonesia

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
Sumur gambar: grid.id

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, hanya 4,5 persen masyarakat Indonesia yang memenuhi kebutuhan sayur dan buahnya. Padahal buah yang ada di Indonesia jenisnya sangat banyak dengan variasi rasa yang bermacam-macam. Selain menyehatkan, harganya juga terjangkau dan mudah didapat (jenis yang tersedia biasanya tergantung keadaan dan musim).

Apabila sampai musimnya (pohon berbuah dan siap panen), harga buah tertentu bisa jatuh sangat murah. Seperti yang saudara ane alami didaerahnya, Kalimantan tahun lalu. Durian disana saat itu, bahkan sempat hanya dihargai seribu rupiah per biji. Sungguh mabuk durian.

Komuditas buah Indonesia pun beberapa telah menjadi primadona dan diekspor ke berbagai negara. Nanas misal, telah diekspor ke Jepang, Australia, Korea, Amerika, Timur Tengah, Eropa dan lain-lain. Nilai ekspor nanas ini bahkan hampir mencapai Rp 3 triliun.

Selain nanas, Indonesia juga mengekspor berbagai jenis buah lain seperti pisang, durian, salak, manggis, rambutan dan banyak lagi. Kalau dunia aja suka, kenapa kita tidak?


3. Komik Indonesia

3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
Sumur gambar: Nusantaranger

“Yaelah komik Indonesia mah jauh, gak bakalan bisa nyaingin komik level Marvel, DC atau manga macam Naruto.” Eits, jangan salah. Komik Indonesia juga banyak yang bagus. Bahkan tak jarang dapat membantu belajar dan mengenalkan kita mengenai suatu topik tertentu, terutama Indonesia.

Ane misalnya, mulai belajar membaca ketika paman ane membawakan beberapa koleksi komik jadulnya, yaitu seri Brama Kumbara karya Niki Kosasih. Karena komik jadul biasanya memakai bahasa baku, sehingga memudahkan ane belajar membaca dan mengenal bahasa Indonesia walau belum sekolah. Dari sini ane juga mengenal dan belajar budaya, mulai tahu apa itu benar dan salah dan sebagainya. Tidak lupa juga dengan petualangan Si Petruk dan kawan-kawan karangan Tatang. Komik yang mengenalkan ane pada hantu-hantu Indonesia.

Komik modern sekarang juga gak kalah keren. Nusantaranger karangan Sweta Kartika misalnya. Komik ini adalah satu yang paling berkesan untuk ane, baik cerita maupun visual. Selain yang telah ane sebutin tadi masih banyak komik Indonesia lain yang gak kalah bagus. Gak hanya di toko buku, sekarang kita juga bisa mengakses komik tersebut di portal komik online, baik lokal maupun internasional. Yap Internasional, seperti Garudayana karya Is Yuniarto yang telah dipublish oleh portal komik Jepang.




Hope you enjoy it

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aapuu dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 10:50
maju terus komik indonesia emoticon-Angkat Beer
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 10:54
musik2 tradisional, lagu daerah, tarian juga underrated buat sekarang emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 12:03
Ane si lebih suka makan di warteg
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 12:32
Warteg juga ada kelasnya kok...dari legendaris dan bersejarah ke yang biasa dan ke gerobak pkl....


Buah mahal cok....dan ga mengenyangkan...sehat sih...sayuran mah ada lah yang konsumsi di warteg sayuran juga banyak..emoticon-Big Grin


Komik Indonesia...ga tertarik, soalnya komik di sini mesti ngikutin norma2 ketimuran dan ga boleh terlalu nyeleneh...itu aja emoticon-Ngacir
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 13:32
yg overrated = 3gp made in indonesia
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 13:34
mantul emang warteg, sehari hari juga gue di kerjaan makan di warteg.. lebih manusiawi harga nya, sayurnya bisa di atur mau banyakin protein apa apa.. malas makan di resto, uda relatif mahal, rasa biasa aja, porsi dikit, bersih juga ga tentu orang temen gue makan di resto minuman nya ktemu kecoak.. mamam tuh gengsi
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 13:38
daripada komik indonesia yg b aja, gw rasa untuk kategori "underrated" lebih cocok Film gan, film2 indonesia gak kalah dengan film2 luar, dapet awards juga sering.
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 13:57
Dangdut koplo gan...
Orang kota kadang sok2an bilang dangdut kampungan. Kalo udah kena koploan jawa timur mana tahan buat ga goyang
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 14:31


Quote:Original Posted By sagutumbuk
iya ane pensiun warteg uga

gegara itu

pernah makan tahu asem bener ane buang dah


Betul gan, jgn sampe kita keracunan makanan gara2 makanan basi emoticon-DP
profile-picture
sagutumbuk memberi reputasi
1 0
1
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 14:37
Quote:Original Posted By pemburu.kobokan
Betul gan, jgn sampe kita keracunan makanan gara2 makanan basi emoticon-DP


sebenernya ada uga yg ga basi tapi ya namanya makanan kena oksidasi ya pasti tau ndiri

klo kepepet ane sering cari di warteg yg sering habis

jadi mereka selalu fresh
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 15:34
anyway, soal buah-buahan sih kayanya ada beberapa warteg yang nyediain buah juga kok gan. standardnya pisang.
inilah alasan ane lebih pilih makan di warteg ketimbang di restoran mahal or fast food.
kedua tempat tersebut belum tentu nyediain buah (gak ada di menu).
sekalinya ada, harganya amit-amit gan. beli seporsi bisa buat beli sekilo di pasar emoticon-Ngakak (S)
kalo di warteg 20k udah aman tuh nasi+sayur+daging+minum+buah
nikmat kenyang mana lagi yang kau dustakan gan/sis emoticon-Wakaka
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 15:35
emoticon-Hammer

nusantara ranger .. baru liat ane dan baru tau ane emoticon-Ngakak (S):

kreatip juga ya netijen indo emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 15:36
Lah, dimari warteg mlah jd andalan. Selain murah, bbrapa warteg nasinya bsa ambil sendiri, jamin kenyang dah.
Klo buah ane jrang bgt konsumsi, mahal, mending buat makan
Komik lokal jga jrang bgt baca. Klo komik buatan Tatang S. emang lejen itu. Dlu pernah liat, ktanya ad yg mw bkin komik smacam itu lg. Tp entah jd ap kgak, blon ad lg kelanjutannya emoticon-Bingung
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 16:27
Quote:Original Posted By x310


Elai itu buah apaan gan? Kayak mana bentuknya?


Buahnya kayak durian tapi kuning semua, beda" sih penyebutan namanya di setiap daerah di kalimantan, cuma ditempat gua namanya buah Lai / elai
Diubah oleh akuanakgembala9
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 16:29
Quote:Original Posted By sambaskara


Dulu saya 12 tahun di Banjarmasin, pernah makan buah mirip durian tapi jeroannya kuning semua. Kalau gak salah namanya papakin ya gan?


Iya mungkin gan 🤣 saya bukan orang banjar jadi gatau pasti,
Tapi kayaknya itu kalau ditempat saya namanya buah lai / elai, kayak durian tapi isinya kuning semua dan teksturnya agak lebih padat...
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 16:39
Warteg ga boleh diremehkan gan. Tabungan jadi gendut gara" dia emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 16:51
Quote:Original Posted By akuanakgembala9
Iya mungkin gan 🤣 saya bukan orang banjar jadi gatau pasti,
Tapi kayaknya itu kalau ditempat saya namanya buah lai / elai, kayak durian tapi isinya kuning semua dan teksturnya agak lebih padat...


Ya benar, kuning semua agak padat. Harum banget, tapi harumnya beda sama durian.
0 0
0
3 Hal Underrated Yang Ada Di Indonesia
20-08-2019 17:38
warteg buat ane nomor 1. apalagi tempatnya bersih. auto jadi langganan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Asli, Bhinneka Tunggal Ika Itu Masih Ada Gak Sih?
asli-bhinneka-tunggal-ika-itu-masih-ada-gak-sih
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia