Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TerlahirJelekAvatar border
TS
TerlahirJelek
Fadli Zon minta pemerintah bertindak cepat dan tepat
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengimbau pemerintah cepat dan tepat dalam menangani kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019).

"Kita ingin harus ada penanganan yang cepat dan tepat. Cepat saja kurang, kalau tidak tepat. Jadi kecepatan dan ketepatan approach, itu menurut saya sangat penting," kata Fadli Zon saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Kecepatan dan ketepatan penanganan itu, lanjut Fadli, penting agar kerusuhan tersebut tidak merembet ke persoalan baru. "Kalau tidak cepat, ini bisa bergulir lebih panjang lagi masalahnya. Kalau tidak tepat, bisa membuat masalah-masalah yang baru," ujar dia.

Fadli pun meyakini dengan komunikasi yang baik di antara para pemimpin dan para tokoh, persoalan yang menjadi pemicu kerusuhan di Manokwari dapat diselesaikan. Dengan begitu, masalah juga tidak merembet ke lainnya.

"Memang para tokoh dan pemimpin bisa duduk bersama dan jangan membiarkan berlarut-larut, terutama mereka yang menjadi influencer atau tokoh berpengaruh harus duduk bersama menenangkan supaya ini enggak merembet dan menjadi bola salju," kata dia.

Diberitakan, protes atas diamankannya sejumlah mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang, oleh polisi, berlanjut di Manokwari, Papua Barat, Senin pagi.Aksi massa ini berunjung anarkis. Pengunjuk rasa dengan membakar kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Papua Barat di Jalan Siliwangi, Manokwari.


Selain Gedung DPRD, massa juga membakar sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak hanya itu, massa juga melakukan pelemparan terhadap Kapolda Papua Barat dan Pangdam XVIII/Kasuari, yang datang untuk menenangkan massa.

Pembakaran Gedung DPRD Papua Barat di Manokwari, Senin (19/8/2019).
Untuk menghentikan aksi anarkis tersebut, polisi terpaksa menembakan gas air mata.
Baca juga: Mabes Polri: Rusuh Manokwari Disebabkan Provokasi di Media Sosial

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo memastikan, meski sempat terjadi kerusuhan, namun kepolisian dibantu TNI saat ini sudah berhasil mendinginkan massa di Manokwari.

Polri menerjunkan 7 SSK (Satuan Setingkat Kompi), sementara TNI menerjunkan 2 SKK untuk mengendalikan situasi di Manokwari.

"Untuk situasi, secara umum masih dapat dikendalikan oleh aparat kepolisian, baik Polda Papua Barat serta Polres di sekitar Manokwari bersama-sama TNI. Konsentrasi massa saat ini masih ada di satu titik saja, titik lain berhasil dikendalikan," ujar Dedi.

Sumur:https://nasional.kompas.com/read/2019/08/19/12404641/rusuh-manokwari-fadli-zon-minta-pemerintah-bertindak-cepat-dan-tepat

Kalau mau cepat kirim aja FPI sama ormas2 naik pesawat garuda ke Manokwari di sponsori DPR
Diubah oleh TerlahirJelek 19-08-2019 06:19
0
593
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.