Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kolam.nalarAvatar border
TS
kolam.nalar
Penculikan Aktivis 97/98 Bukan Perintah Atasan, Murni Inisiatif Kebablasan Prabowo
Penculikan Aktivis 97/98 Bukan Perintah Atasan, Murni Inisiatif Kebablasan Prabowo

Prabowo Subianto menurut seumlah investigasi terlibat dalam penculikan aktivis dan pelanggaran HAM di seputar tahun 197-1998. Hal ini telah dibenarkan oleh Jenderal Wiranto.

Mantan Panglima ABRI Wiranto sempat memberikan klarifikasi. Pasalnya, dia dianggap sebagai pemberi tugas dari penculikan aktivis tersebut.

Namun, setelah dikonfirmasi kepada Faisal Tanjung yang saat itu menjadi Panglima ABRI, tidak pernah memberikan perintah untuk melakukan tindakan represif ataupun penculikan.

Berdasarkan keterangan Wiranto, penculikan oleh oknum Kopassus dilakukan pada media Desember 1997 s/d Maret 1998. Pada saat itu posisi Panglima ABRI masih dipegang Faisal Tanjung, dirinya menjadi Panglima saat di proses pengusutan.

Kebijakan ABRI sendiri saat itu adalah menghadapi demonstrasi mahasiswa dengan menggunakan cara persuasif, dialogis dan komunikatif. Cara-cara represif digunakan hanya saat keadaan benar-benar terpaksa dan atas perintah atasan.

Dengan demikian, berdasarkan kronologi dan pengakuan dari yang bersangkutan, kasus penculikan aktivis 1998 adalah murni dilakukan atas inisiatif dan analisis pribadi dari Prabowo Subianto, dan bukan merupakan perintah atasannya.

Inisiatif itu diduga kuat karena perintah mertuanya, yang tak lain adalah Presiden Soeharto. Tindakan itu untuk memastikan kekuasaan Orde Baru langgeng.

Sekarang kita tahu cerita yang sebenarnya dari kasus penculikan aktivis di seputar 1997-1998. Pelanggaran HAM itu dengan sah dan meyakinkan melibatkan Prabowo Subianto sebagai Danjen Kopassus.
0
3.6K
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.8KThread4.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.