alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d57bc5ba727685c9d23a4d1/ceramah-salib-uas-viral-politikus-nasdem-negara-harus-cepat-bertindak
Lapor Hansip
17-08-2019 15:35
Ceramah Salib UAS Viral, Politikus Nasdem: Negara Harus Cepat Bertindak
https://m.suara.com/news/2019/08/17/...epat-bertindak


Ceramah Salib UAS Viral, Politikus Nasdem: Negara Harus Cepat Bertindak


Suara.com - Ustaz Abdul Somad (UAS) tengah membuat geger media sosial karena video ceramahnya soal simbol agama Kristen dan Katolik viral.

Salah satu orang yang mengunggahnya adalah pengguna akun Twitter @P3nj3l4j4h.

Sejak dibagikan pada Jumat (16/8/2019), cuitan @P3nj3l4j4h itu langsung menuai banyak komentar dan telah di-retweet lebih dari 1.900 kali.

Video tersebut menayangkan ceramah UAS soal hukum melihat salib , seperti biasa, setelah mendapat pertanyaan dari catatan di selembar kertas.

"Apa sebabnya, Ustaz, kalau saya menengok salib, menggigil hati saya? Setan," kata UAS, membaca pertanyaan dan memberi jawaban satu kata yang mengawali penjelasannya.

UAS mengatakan, salib didiami oleh jin kafir karena patung yang tergantung di situ. Begitu juga simbol palang merah di ambulans, ia menyebutnya sebagai 'lambang kafir'.

Ceramah Salib UAS Viral, Politikus Nasdem: Negara Harus Cepat Bertindak
Ceramah Ustaz Abdul Somad - (Twitter/@P3nj3l4j4h)


Tak diketahui pasti lokasi dan waktu ceramah UAS di video itu, tetapi banyak warganet yang tak berkenan dengannya.

Politikus Partai Nasdem Birgaldo Sinaga juga ikut memberikan komentar untuk UAS di Facebook dan Instagram, Jumat.

Melalui sebuah catatan yang cukup panjang, Birgaldo Sinaga menerangkan, hinaan dari UAS tak memiliki pengaruh pada keagungan Tuhan yang ia percaya.

Namun ia dibuat resah dengan sikap intoleransi, yang menurutnya ditunjukkan oleh UAS lewat ceramah soal salib itu.

Menurut Birgaldo Sinaga, sikap tersebut merupakan bibit terorisme, sehingga ia mendesak negara supaya segera bertindak. Berikut keterangan lengkapnya:


Ceramah Salib UAS Viral, Politikus Nasdem: Negara Harus Cepat Bertindak
Respons Birgaldo Sinaga untuk Ustaz Abdul Somad - (Facebook/@birgaldosinaga)


"Negara Harus Hadir Menyelesaikan Ucapan Penghinaan dan Kebencian Abdul Somad
Sejarah ribuan tahun mencatat hinaan, nistaan, cemoohan, ejekan pada Yesus Kristus tidak mengurangi kemuliaan Yesus.

Hinaan, ejekan dari Abdul Somad yang mengatakan salib patung Yesus Kristus itu adalah jin kafir tidak akan membuat kita berfatwa halal darahnya. Tidak. Tidak ada dalam ajaran Kristen seperti itu.

Yang membuat kita sebagai sesama anak bangsa miris dan sedih adalah ucapannya itu akan menyemai bibit kebencian baru. Perbedaan sebagai rahmat Ilahi dijadikan musuh yang harus dimusuhi. Keberagaman sebagai keniscayaan dianggap sesuatu yang aneh. Tidak lagi saling menghargai saling melengkapi.

Kita tahu terorisme bermula dari intoleransi. Ketika orang intoleran akan berubah menjadi radikal. Intoleransi bermula dari penolakan pada nilai pluralisme atau keberagaman. Kebhinekaan.
Penolakan pada nilai pluralisme ini dimulai dari paham yang menilai orang di luar kelompoknya adalah salah, sesat, pendosa, kafir, setan, iblis, orang jahat dlsb.

Pada suatu titik tertentu, jika ini terus membesar, akan terjadi titik singgung yang saling bergesekan. Ini bak bara api dalam sekam. Yang jika dipandang sepele akan membakar hubungan persaudaraan sesama anak bangsa.

Untuk itu, negara harus hadir. Negara harus cepat bertindak.

Negara itu diwakili oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Presiden Jokowi sebagai kepala negara kepala pemerintahan punya mandat menjaga nilai Pancasila ini.

Negara harus melihat ucapan Somad itu bak racun yang sedang menularkan virus perongrongan pada nilai Indonesia kita. Nilai kebhinekaan tunggal ika. Nilai persatuan Indonesia kita.

Jika negara membiarkan dan mendiamkan masalah ini, menganggap angin lalu dan tidak bersikap, percayalah suatu saat ketika magma api kebencian dan intoleransi itu membesar, ledakan dan letupan akan terjadi.

Dan jika itu terjadi, sia-sialah semua yang kita bangun selama ini.

Saya mendesak negara turun tangan menyelesaikan persolaan ini.

Salam perjuangan penuh cinta
Birgaldo Sinaga."



Belum ada keterangan langsung dari UAS terkait video ceramahnya tentang salib yang kini viral.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
velocairaptor dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 15
17-08-2019 20:16
Ceramah Salib UAS Viral, Politikus Nasdem: Negara Harus Cepat Bertindak
profile-picture
z-0o-m memberi reputasi
1
17-08-2019 20:29
Percaya uztads yg ngibulin politikus lewat mimpi? gw sih ogah.
0
17-08-2019 20:35
pemakan emoticon-babi tak akan pernah senang dengan perjuangan umat emoticon-Sorry
Diubah oleh heavenisnomore
0
Lapor Hansip
17-08-2019 20:38
Balasan post donal.duck.
@donal.duck. tanda plus( + )di matematika jelas2 salib🙊

so...mad=so..angat madatemoticon-Big Grin
profile-picture
donal.duck. memberi reputasi
1
17-08-2019 20:39
rame kie emoticon-Hammer2
0
17-08-2019 20:40
biasalah ustad karbitan haluan kiri (k), makin bisa memprovokasi kan makin penuh pundi2 itu ya kaaan?? hal yg tidak diketahui dengan pasti tapi berani dan sanggup mengajarkan kepada orang lain adalah penistaan terhadap ilmu pengetahuan. jadi definisi uas saat ini adalah katak dalam tempurung yg membisikkan kepada khlayak diluar tempurungnya
0
17-08-2019 20:42
Ahokkan si bangsat ini bray, yg penting banyak yg lapor gw kira bakal bisa buat jeblosin si bangsat ini kekandang.

emoticon-thumbsup
profile-picture
itilnjepat memberi reputasi
1
17-08-2019 20:43
Kalau ketemu gerombolan fpi atau nomor togel bawa salib aja berarti, langsung pada gemetar.
Diubah oleh vangoz
0
17-08-2019 20:43
Kyknya besok UAS mau ke masjid deket rumah nih.. Bakal seru nih keknya.. emoticon-Big Grin
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1
17-08-2019 21:02
Gw yakin 10000% kasus ini ga akan naik, tekanan dan bekingannya pasti langsung gonggong semua wooof woooof kainnnggg kainngggggg
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1
17-08-2019 21:04
Masuk penistaan agama ga nih? emoticon-Malu (S)
0
17-08-2019 21:11
Quote:Original Posted By Sebarkanlah
jadi inget dulu sempat mabok agama. liat lambang salib langsung istigfar, bersyahadat karena takut banget iman gw jadi terguncang dan murtad emoticon-Big Grin


Lha... Skrg udh gak takut gan?? Coba cek keimanan ente emoticon-Malu
0
17-08-2019 21:16
Quote:Original Posted By gunliejack
Astajim....

Karna umat itu2 saja yg berbuat jadi aman... Coba umat lain.. bisa pada kebakaran jenggot...

Betul???


Si ibu yuliana di medan cm bilang "knp tuh corong akhir2 ini tambah nyaring?"..... Ente liat kan gmn efek nya?.... Hancur rumah ibadah agama lain, dan si ibu mungkin sampai hari ini msh mendekam di dalam penjara tuh.. emoticon-Takut
0
17-08-2019 21:16
Sebenarnya males komen, tapi karena udah bikin jelek Islam jadi gk ada salahnya ngluarin unek2.

Salah tafsir Quran emang fatal. Klo emang penafsirannya tepat, sesungguhnya menghormati agama lain itu hukumnya wajib! Bahkan Qurasih Shihab pernah bilang, apabila Budha atau lambang agama lain dihina umat Islam juga wajib marah untuk membela. Jadi sebenarnya tidak ada ruang buat ngehina agama lain!

Dan perlu dicatat, di Islam gk ada namanya perlombaan buat meng-"Islam'kan, yang ada hanya memberitahukan tentang wahyu Tuhan yang dirangkum pada Quran, perkara mau percaya silahkan tidak ya silahkan karena masing2 sudah memiliki akal untuk memilah. Sayangnya banyak umat Islam yang jg salah kaprah soal ini!.

Tidak menutup mata, emang masih banyak umat Islam yang pemahaman agamanya kurang tepat. Sebenarnya sah saja menyakini kebenaran agama masing2 (tapi sifatnya ke dalam) -- klo udah keluar ya wajib saling menghormati, tidak ada paksaan dalam agama dan tidak ada juga saling mencela!

Dan ceramah untuk kalangan internal jika menyingung agama lain jg tidak diperbolehkan mengolok2 agama lain, fakta memang ada pertentangan soal keyakinan tp ttp harus disampaikan dengan bijak. Makanya dalam hal ini sikap Somad juga Gak bener, wlopun jika alibinya untuk ceramah internal.

Buat agan diluar Islam yang mau mengenal Islam sesunggunhnya, silahkan mampir di kajian Prof Quraish Shihab https://www.youtube.com/channel/UCCI...qj57WveQduyjew

0
Lihat 3 balasan
17-08-2019 21:16
Kemarin kemarin segitiga, sekarang Salib.. ntar apalagi

Mata juga... Ntar ada mata lu kena tonjok satu hingga lebam auto pengikut freemason gitu emoticon-Wkwkwk
profile-picture
jokerandbane memberi reputasi
1
17-08-2019 21:17
Quote:Original Posted By ahmad.malibu
pikir aja, gimana umatnya tak penuh kebencian ?
dakwah2 ulama mereka diisi hinaan dan menanamkan kebencian kpd umat agama lain


nanti begitu kebencian ini dilampiasakn dgn aksi2 demo berjilid2, teror dan bom bunuh diri
ulamanya ngeles, islam tak pernah mengajar teror, islam agama damai


jadi walaupun islam "tak pernah" secara langsung mengajarkan teror dan bom bunuh diri,
tapi islam telah memotivasi umatnya dgn kebencian2, hingga umatnya melampiaskan dgn terror atau bom bunuh diri.


Pada dasarnya Islam itu cuman satu, tapi pada perkembangannya jadi ada Islam versi anu, ini, itu dll.
Hal ini bahkan sudah "diramalkan" sejak dulu.

Islam radikal? Bisa jadi benar bisa jadi salah tergantung Islam versi siapa yg dimaksud. Islam yg diyakini ISIS contohnya, kita semua sepakat bahwa mereka mempresentasikan Islam radikal.

Tuhan Yesus sekalipun sengerti ane ga mengajarkan soal kristen, katolik, saksi Jehuwa dll. Pasti satu jenis aja.
0
17-08-2019 21:18
si oppa bakal turun tangan langsung keknya tar. g bakal kena paling disuruh dialog aja. kalo dipenjara bisa ga kondusif soalnya. apalagi di riau ma padang.
0
17-08-2019 21:19
Quote:Original Posted By praymoney
Sebenarnya males komen, tapi karena udah bikin jelek Islam jadi gk ada salahnya ngluarin unek2.

Salah tafsir Quran emang fatal. Klo emang penafsirannya tepat, sesungguhnya menghormati agama lain itu hukumnya wajib! Bahkan Qurasih Shihab pernah bilang, apabila Budha atau lambang agama lain dihina umat Islam juga wajib marah untuk membela. Jadi sebenarnya tidak ada ruang buat ngehina agama lain!

Dan perlu dicatat, di Islam gk ada namanya perlombaan buat meng-"Islam'kan, yang ada hanya memberitahukan tentang wahyu Tuhan yang dirangkum pada Quran, perkara mau percaya silahkan tidak ya silahkan karena masing2 sudah memiliki akal untuk memilah. Sayangnya banyak umat Islam yang jg salah kaprah soal ini!.

Tidak menutup mata, emang masih banyak umat Islam yang pemahaman agamanya kurang tepat. Sebenarnya sah saja menyakini kebenaran agama masing2 (tapi sifatnya ke dalam) -- klo udah keluar ya wajib saling menghormati, tidak ada paksaan dalam agama dan tidak ada juga saling mencela!

Dan ceramah untuk kalangan internal jika menyingung agama lain jg tidak diperbolehkan mengolok2 agama lain, fakta memang ada pertentangan soal keyakinan tp ttp harus disampaikan dengan bijak. Makanya dalam hal ini sikap Somad juga Gak bener, wlopun jika alibinya untuk ceramah internal.

Buat agan diluar Islam yang mau mengenal Islam sesunggunhnya, silahkan mampir di kajian Prof Quraish Shihab https://www.youtube.com/channel/UCCI...qj57WveQduyjew



Ane tambahin bre... pengajian jawa timuran ala NU juga enak kok adem apalagi Kyai Anwar Zaid
0
17-08-2019 21:22
Setan takut dengan salib udh itu aja emoticon-Ngakak
0
17-08-2019 21:25
kelewatan kali ini. anggap aja onta lagi bunyi.
0
Halaman 8 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.