Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

born.as.ghostsAvatar border
TS
born.as.ghosts
Penyebab Listrik Padam di Jakarta dan Sekitarnya


TERNYATA Ini Penyebab Listrik Padam Total (Blackout) di Jakarta dan Beberapa Wilayah di Jawa

Minggu, 4 Agustus 2019 14:21

TERNYATA Ini Penyebab listrik padam Total (Blackout) di Jakarta dan Beberapa Wilayah di Jawa

TRIBUN-TIMUR.COM - PLN menyatakan pemadaman yang terjadi  di Jakarta dan berbagai wilayah di Pulau Jawa disebabkan oleh gangguan di beberapa pembangkit. 

PLN menyatakan gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).

Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan"Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangan resminya, Minggu (4/7/2019).

Di Jawa Barat Jabar terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area sbb :

Bandung, Bekasi,  Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal” Tutup Made.

Dari sisi perbaikan penyebab gangguan :
- sudah dilaksanakan pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya.
- akan dilaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang se type.
- pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.

Seluruh perjalanan kereta rel listrik ( KRL) terhenti akibat pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Minggu (4/8/2019) siang.

"Semua perjalanan terhenti karena Listrik Aliran Atas (LAA) kan off (mati) ya," kata Vice President Communication PT Kereta Commuter Indonesia ( KCI) Anne Purba saat dikonfirmasi Kompas.com.

PT KCI menyampaikan permohonan maaf jika kondisi tersebut mengganggu perjalanan para penumpang.

Saat ini, kata Anne, pihaknya tengah berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengetahui penyebab pemadaman listrik tersebut.

"Petugas saat ini masih berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk menangani permasalahan ini," ungkap Anne.

Anne juga mengimbau para penumpang tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas terutama penumpang yang berada di dalam kereta.

Bagi penumpang yang masih berada di stasiun, mereka dapat membatalkan tiket perjalanannya ke loket stasiun.

Sementara itu, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaludin dalam keterangan tertulisnya, Minggu, menyebutkan, pasokan listrik dari PLN mulai terhenti sejak pukul 11.50 siang.

"Tim Operation Control Center (OCC) MRT mendeteksi empat kereta MRT terhenti diantara stasiun bawah tanah dan saat ini dalam proses evakuasi," kata Kamaludin.

Para penumpang dievakuasi melalui pintu darurat. Pintu Platform Screen Door (PSD) dibuka secara manual untuk proses evakuasi. "Tim Operasi dan Pemeliharaan saat ini memastikan seluruh proses evakuasi berjalan dengan aman," ujar Kamaludin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gangguan di Sejumlah Pembangkit, Aliran Listrik PLN di Wilayah Jawa Padam"

Sumur



PLN Ralat Penyebab Listrik Padam di Jakarta dan Sekitarnya
CNN Indonesia | Minggu, 04/08/2019 13:39 WIB

PLN Ralat Penyebab Listrik Padam di Jakarta dan Sekitarnya I Made Suprateka(CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- PLN sebelumnya mengungkap bahwa penyebab listrik padam di beberapa area di Jakarta, sebagian Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jawa Tengah adalah adanya gangguan gas turbin 1 sampai 6 di Suralaya dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin di Cilegon.

Dalam pernyataan terbarunya yang diterima CNNIndonesia.com, PLN mengungkapkan bahwa listrik padam ini terjadi karena gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Hal ini mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Kegagalan transfer energi dari timur ke barat ini menyebabkan gangguan (trip) di seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.



Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami listrik padam.
Lihat juga: VIDEO: Listrik Padam, Fasilitas Umum Terganggu
Terkait pemadaman listrik di wilayah lainnya termasuk Jawa Barat disebabkan karena gangguan transmisi Sutet 500 kV. Area yang terdampak listrik padam antara lain Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

"Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa gardu sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ungkap Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka.

"Kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal."

Sumur



Pernyataan Resmi PLN Soal Blackout di Banten hingga Jabar
Minggu 04 Agustus 2019, 15:36 WIB

BANDUNG, (PRFM) - Hari ini, Minggu 4 Agustus 2019, PLN memohon maaf atas pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami  trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan"Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka dalam siaran pers yang diterima PRFM.

Di Jawa Barat terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah  Area sbb : Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal” Tutup Made.

dari sisi perbaikan penyebab gangguan :

- Sudah dilaksanakan pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya.

- Akan dilaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang se type.

- Pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.

[url= [url]http://www.prfmnews.com/berita.php?detail=pernyataan-resmi-pln-soal-blackout-di-banten-hingga-jabar]Sumur[/url][/url]




PLN Pastikan Listrik DKI Menyala 100 Persen Pukul 19.27 WIB

PLN Pastikan Listrik DKI Menyala 100 Persen Pukul 19.27 WIB Listrik padam di daerah Sabang, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- General Manager Unit Induk Pusat Pengatur Beban Perusahaan Listrik Negara (PLN), Edwin Nugraha Putra memastikan kondisi listrik di DKI Jakarta akan pulih pada pukul 19.27 WIB. Proses pemulihan telah berangsur dilakukan PLN dengan mengoptimalkan arus listrik dari wilayah timur Jawa.

"Tiga jam setelah 16.27 WIB akan pulih 100 persen Jakarta," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (4/8).

Sebelumnya, Plt Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani menyebut pukul16.27 merupakan tahap recovery yang memastikan pasokan listrik dari Jawa Timur telah masuk PLTA Cirata dan Saguling. Dua lokasi itu mengambil peran sebagai stabilisator pasokan daya yang akan dikirim ke wilayah barat.

Nantinya, sambung Cahyani, pasokan listrik itu akan masuk ke pos PLN di Gandul, Depok. Kemudian akan diteruskan sesuai kebutuhan listrik di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Pasokan listrik untuk DKI akan disuplai melalui PLTU Muara Karang, sedangkan kebutuhan listrik di Banten dan Jawa Barat dipasok melalui Suryalaya, Cilegon.
Lihat juga: PLN Perkirakan Listrik di Jakarta Menyala Tiga Jam ke Depan
"Kira-kira masih 4 sampai 5 jam pulih (untuk Banten dan Jabar). Mudah-mudahan gak lewat dari 00.00 WIB," kata Cahyani.

Cahyani, dalam kesempatan tersebut memastikan gangguan listrik tidak meluas ke daerah Jawa Timur dan Bali.

"Semua sumber daya kami fokuskan untuk perbaikan. Kami mohon maaf dan keikhlasan pelanggan," ujar Cahyani.
Lihat juga: Listrik Padam, YLKI Minta PLN Beri Kompensasi ke Pelanggan
Cahyani menyebut persoalan seperti ini bukan kali pertama. PLN, kata dia pernah mengalami hal serupa pada 1997, blackout Jawa-Bali. Peristiwa serupa kembali terjadi pada September 2018 secara parsial, karena gangguan di Paiton, Jawa Timur.

"Jadi memang kalau dilihat dari kurun waktu, sebenarnya ini tidak sering. Kita mengharapakan, ini yang sangat kita hindari, utuk menghindari blackout kami lakukan improvement," ujar Cahyani.

[url= [url]https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190804173230-20-418267/pln-pastikan-listrik-dki-menyala-100-persen-pukul-1927-wib]Sumur[/url][/url]



'Jakarta Blackout', Mati Lampu di Ibu Kota Disorot Media Asing
04 Agu 2019, 15:35 WIB



Listrik Padam, Layanan MRT Lumpuh Total

Awak media mengambil gambar suasana Stasiun MTR Bendungan Hilir saat terjadi pamadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Jakarta, Minggu (4/8/2019). Listrik padam terjadi akibat gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Area Jabodetabek, serta sebagian Banten dan Jawa Barat mengalami kondisi listrik padam sejak Minggu (4/8/2019) siang, menyebabkan aktivitas warga terganggu.

Sementara itu, PLN menyampaikan permohonan maaf resmi atas insiden lsitrik padam akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan (trip), sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).

Tidak hanya menggegerkan masyarakat Indonesia, kabar tentang listrik padam yang memengaruhi belasan juta penduduk Jabodetabek itu juga disorot oleh berbagai media asing.

Channel News Asia menurunkan berita dengan judul --yang diterjemahkan-- "Ibu Kota Indonesia, Jakarta, Provinsi Tetangga di Jawa Dilanda Pemadaman Listrik Besar-Besaran".

Outlet media Singapura itu mengutip pernyataan PLN yang menyebut listrik padam akibat gangguan sistem yang belum diketahui, di mana menyebabkan gagalnya transfer daya dari wilayah timur ke barat Jakarta.

Sementara media Negeri Jiran, New Straits Times, menyoroti dampak listrik padam pada operasional MRT dengan judul "Jakarta Hit by Major Power Outage, MRT Evacuated".

Di dalamnya, disebutkan bahwa petugas terkait mengevakuasi para penumpang yang melintas di jalur atas, dan sedikit membutuhkan waktu untuk yang berada di terowongan bawah tanah.


Jadi Sorotan hingga Israel

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Salah satu outlet media papan atas Australia, The Sydney Morning Herald menyoroti dampak listrik padam terhadap puluhan juta penduduk Jabodetabek.

Outlet media yang berbasis di Kota Sydney itu menyebut listrik padam memengaruhi sekitar 30 juta orang yang bermukim di Jakarta dan kota-kota penyangga di sekitarnya.

Yahoo News juga memberitakan kabar yang kurang lebih serupa dalam beberapa kali tayang, yang masing-masing menyinggung tentang kondisi di awal listrik padam, dampak pada operasional transportasi publik, hingga pernyataan PLN tentang upaya mengatasinya.

Tidak hanya jadi sorotan di Asia Pasifik, kabar tentang Jakarta yang kehilangan daya listrik juga diangkat oleh outlet media asal Israel, The Jerusalem Post.

Outlet media sayap kiri tersebut bahkan memasukkan kabar tentang listrik padam itu sebagai berita terkini, atau breaking news. Hampir sebagian besar isinya menyinggung tentang dampak listrik padam terhadap aktivitas penduduk Jakarta, mulai dari lalu lintas yang amburadul, hingga berhentinya operasional KRL dan MRT.




Mati Lampu Massal, Akun Twitter PLN Diserbu Warganet

Sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami mati listrik sejak Minggu siang, 4 Agustus 2018. Tak cuma di Jabodetabek, ternyata mati lampu juga dirasakan oleh sebagian wilayah di Jawa Barat.
Tagar #matilampu dan #matilistrik pun sontak bertengger di jajaran trending teratas Twitter Indonesia. Bukan hanya menumpahkan keluhan di status masing-masing, akun Twitter PLN, @pln_123, pun diserbu warganet yang protes.
Salah satunya akun @Adeadera yang mengatakan, ini adalah pertama kalinya terjadi mati lampu serentak yang dia rasakan. Dia juga menulis sejumlah tagar yang salah satunya mempertanyakan pemadaman tersebut. 

"Wew baru pertama nih mati lampu serentak #matilampu #PLN123 #matilistrik #adaapa,"tulisnya.

Adapula yang mempertanyakan sikap PLN yang hanya bisa memohon maaf dan bersabar jika terjadi pemadaman. 
"Ketika #matilampu seperti ini @pln_123 hanya bisa mengatakan maaf, mohon bersabar, tapi ketika masyarakat telat bayar listrik sebulan langsung dtng tagihan dan kalau ngak langsung dibayar ketika itu 2 hari kemudian listrik di putus," ujarnya.


Diubah oleh born.as.ghosts 04-08-2019 11:57
musafhir
ahsilahk
manutdloyalist
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
7.3K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.