Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maman80Avatar border
TS
maman80
PENYEBAB INTERNET 📞📱  & LISTRIK ⚡ ( PLN ) MATI🕯secara MASAL
Spoiler for Hnya Ungkapan:


Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) gelap gulita hingga berjam-jam, Ahad (4/8/2019) kemarin. Di beberapa tempat seperti Depok II Timur, aliran listrik bahkan baru menyala pukul 2 dini hari keesokan harinya.

Manajer Komunikasi Perusahaan Listrik Negara Induk Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (PLN Disjaya dan Tangerang) Dita Artsana bahkan mengatakan listrik padam hingga Jawa Tengah.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) awalnya mengatakan penyebab listrik padam adalah karena gangguan pada gas turbin 1 sampai 6 di Pembangkit Listrik Tenaga Uap Cilegon, Banten dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin di Cilegon.

Tapi pernyataan ini diralat. Penyebab blackout, kata PLN, adalah Gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran dan Pemalang.

Fungsi SUTET adalah menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit--yang jaraknya bisa ratusan atau bahkan ribuan kilometer--ke pusat beban atau konsumen. Gangguan pada SUTET di dua tempat itu menyebabkan transfer listrik dari timur ke barat Pulau Jawa mengalami kegagalan.
Kegagalan ini pada akhirnya menyebabkan gangguan di seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Pulau Jawa.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten mengatakan gangguan transmisi mulai terjadi pada Ahad pukul 11.45.
"Pada saluran udara Ungaran-Pemalang terjadi gangguan pada sirkuit 1, kemudian disusul gangguan sirkuit kedua,"ujar Sripeni dalam konferensi pers di P2B Gandul, Cinere, Depok.

Efek gangguan langsung terasa pada pukul 11.45 detik ke-27 di Brebes. Tiga menit kemudian, tepatnya pada 11.48 detik ke-11, penurunan tegangan terjadi yang lantas menyebabkan jaringan listrik di Depok-Tasikmalaya terganggu.

"Inilah awal dari terjadinya pemadaman di sistem Jawa Barat, Banten, dan Jakarta," terang Sripeni.
Akibat listrik mati masif. Untuk menyebut beberapa saja: Empat kereta MRT sempat terjebak di bawah tanah; kereta jarak jauh terlambat pergi hingga berjam-jam; jaringan telekomunikasi semua operator lumpuh; orang-orang jadi susah memesan ojek daring--yang kini makin jadi kebutuhan warga di kota besar.

PLN berupaya agar listrik kembali normal dengan mengoperasikan PLTA Saguling dan PLTA Cirata pada pukul 16.27. Selain sebagai penstabil daya, dua PLTA ini juga bertugas mengirim listrik, dari Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Cibinong, Depok, Gandul, Lengkong, Balaraja dan juga Suralaya.

PLTU Suralaya beroperasi secara bertahap. Setelah itu listrik di Jabar dan Banten berangsur normal, dihitung dalam tempo enam jam sejak pukul 17.30, klaim Sripeni.
Tegangan dari GITET juga dialirkan ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang. PLTGU ini membuat listrik di DKI Jakarta kembali normal dalam tempo tiga jam.

Meski begitu seorang karyawan swasta bernama Husein mengaku hingga Senin (5/8/2019) pukul 8 pagi, rumahnya yang ada di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, belum dialiri listrik.

Perlu Minimalisir Gangguan
Blackout ini mendapat perhatian dari Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu. Dia bilang semestinya kasus ini membuat PLN belajar. Perusahaan negara itu harusnya punya sistem yang bisa meminimalisasi dampak pemadaman berskala luas.

"Saya mendorong supaya PLN memiliki desain, kalau ada masalah hendaknya dampaknya jangan begitu luas, harus ada sistem yang bisa mengatur," katanya seperti dikutip dari Antara.

Desain yang dia maksud adalah, jika ada gangguan di satu titik, maka itu tidak menimbulkan efek domino ke wilayah lain.
DPR berencana memanggil PLN dalam waktu dekat.

Kabarnya Presiden Joko Widodo juga akan mendatangi PLN, hari ini (5/8/2019) untuk mengetahui lebih detail apa yang terjadi.
Reporter: Adi Briantika &Hendra Friana 
Penulis: Rio Apinino
Editor: Jay Akbar
soemoer

Semoga membantu & menyemangati Agan & Sis Sekalian
Nuhun
emoticon-Cendol Gan
emoticon-Nyepi


Jangan Lewatkan Trit Ane yg laenemoticon-Malu (S)


Bottle Cap Challenge Sandiaga Uno,
Dani Alves & Sergio Ramos. Guest Star : Mimi Peri





Spoiler for WAXing (Cukur Bulu) Vagina:


Spoiler for MuluStrasi🔥(+17) Kondom buat Wanita (Sis)??:



Spoiler for Si Cantik & Seksi Tatyana Gubaidullina & Sejarah Bola Voli (VolleyBall):



Spoiler for MuluStrasi Arti Mimpi melihat Payudara:



Spoiler for MuluStrasi suka BESAR/kecil:


Spoiler for MuluStrasi Dihina Gemuk 😢:


Spoiler for MuluStrasi Istri Tewas Akibat Ciuman Brutal 😱:


Spoiler for MuluStrasi PENEMU KIPAS ANGIN 😍:


Spoiler for MuluStrasi WOoOW... Ngatain GENDUUUT:


Diubah oleh maman80 05-08-2019 02:48
0
1.6K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.