News
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d55f8fbb840881b0804c610/kronologi-3-anggota-polisi-cianjur-terbakar-saat-amankan-unjuk-rasa
Musibah tragis dialami tiga anggota Polres Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Mereka dilalap si jago merah ketika mengamankan unjuk rasa mahasiswa dan memadamkan ban bekas yang dibakar.
Lapor Hansip
16-08-2019 07:29

Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa

Past Hot Thread
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa, Aiptu Erwin Terbakar Hingga 80%


Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa

TRIBUN-BALI.COM - Musibah tragis dialami tiga anggota Polres Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

Mereka dilalap si jago merah ketika mengamankan unjuk rasa mahasiswa dan memadamkan ban bekas yang dibakar.

Satu diantara tiga anggota polisi itu mengalami luka bakar sekitar 80 persen, sehingga harus dirujuk ke RS Polri Kramatjati, Jakarta.

Dikutip via Tribunnews, tiga anggota kepolisian terbakar saat aksi demo mahasiswa di Cianjur berlangsung, begini kronologi hingga kondisi terkini para korban.

Pada Kamis (15/8/2019) sekitar pukul 13.00 WIB, tiga anggota polisi dilaporkan terbakar saat aksi demo mahasiswa Cianjur yang mengatasnamakan OKP Cipayung Plus Cianjur.

Demo yang sudah direncanakan sejak 12 Agustus lalu ini dilakukan untuk menyuarakan sejumlah aspirasi berkaitan dengan evaluasi adanya pengangguran atau sedikitnya kapangan pekerjaan, serta pendidikan di Kabupaten Cianjur.

Insiden tiga polisi terbakar diketahui terjadi di Pendopo Kabupaten Cianjur saat demo berlangsung.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko pun membenarkan kabar tersebut.

"Ada tragedi terbakarnya personel Polri khususnya di Polres Cianjur, satu anggota polsek dari Polres Kota Cianjur, dua personel lagi anggota Sat Sabhara yang ada di Polres Cianjur," jelas Truno, di Mapolrestabes Bandung, Kamis sore, seperti dilansir Kompas.com.

Dirangkum Tribunnews dari berbagai sumber, berikut fakta mengenai tiga polisi terbakar saat demo mahasiswa di Cianjur:

Quote:1. Kronologi
Gerombolan mahasiswa Cianjur melakukan unjuk rasa untuk menyuarakan sejumlah aspirasi berkaitan dengan evaluasi adanya pengangguran atau sedikitnya kapangan pekerjaan, serta pendidikan di Kabupaten Cianjur.

Namun, saat melakukan aksi, mereka tak berhasil menemui pimpinan daerah yang dimaksud.

Dilansir Kompas.com, para pengunjuk rasa pun melakukan aksi bakar ban sekaligus menutup arus lalu lintas di Jalan Siliwangi.

"Sebelum pembakaran itu, dilakukan aksi penutupan jalan dulu tepatnya di Jalan Siliwangi depan Pemda Kabupaten Cianjur."

"Sehingga terjadi kemacetan atau tidak tertib, kemudian dilanjutkan pembakaran ban," jelas Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (15/8/2019) sore.

Aiptu Erwin, anggota kepolisian yang saat itu tengah mengawal jalannya aksi unjuk rasa, berusaha memadamkan ban terbakar.

Namun, ada oknum melemparkan bahan bakar minyak dari arah belakang sehingga api menyambar tubuh Erwin.

"Pada saat pemadaman ada satu oknum dari 50 orang tadi ini menyiram yang bersangkutan dengan bahan bakar minyak sehingga kondisi Aiptu Erwin terbakar," terang Truno.

Dua anggota lain, Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon, juga ikut terbakar saat berusaha menyelamatkan Erwin.

"Mereka berdua ini ingin menyelamatkan rekannya dengan memadamkan."

"Namun ikut terbakar kemudian mengalami luka bakar," ujar Truno.

Aiptu Erwin merupakan anggota babinkamtibmas Kelurahan Bojong Herang Polres Kota Cianjur.

Sementara Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon merupakan anggota Sabhara Polres Cianjur.


Quote:2. Sebanyak 15 mahasiswa diamankan
Sebanyak 15 mahasiwa diamankan terkait insiden terbakarnya tiga anggota polisi pada aksi demo di Cianjur pada Kamis (15/8/2019).

Terdapat oknum yang melemparkan bahan bakar minyak ke arah Aiptu Erwin yang saat itu tengah berupaya memadamkan ban terbakar.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, pun mengungkapkan koordinator lapangan unjuk rasa yang mengatasnamakan OKP Cipayung Plus Cianjur diperiksa terkait insiden tersebut.

Mengutip dari Kompas.com, Truno menyebutkan korlap yang berinisial MF sebelumnya telah bersedia menjaga keamanan dan ketertiban.

Namun, beberapa oknum justru melakukan kerusuhan sehingga menyebabkan tiga polisi terbakar.

"Sebagaimana dalam pernyataanya pada tanggal 12 Agustus, korlap dalam hal ini MF bersedia menjaga kemanan dan ketertiban."

"Namun, saat ini yang bersangkutan dilakukan proses pemeriksaan terkait dengan adanya tragedi kejadian tersebut," tutur Truno, di Mapolrestabes Bandung, Kamis.



Quote:3. Penuturan saksi mata
Dikutip dari Tribun Jabar, seorang warga setempat, Mamur Abdullah, mengungkapkan insiden terbakarnya tiga anggota polisi saat demo mahasiswa di Cianjur terjadi beberapa saat setelah pengunjuk rasa membakar ban.

Mamur menyebutkan ada seseorang yang tiba-tiba melemparkan kantong bensin sehingga apipun membesar.

"Tiba-tiba ada seseorang yang melemparkan kantong bensin."

"Sehingga api pun membesar dan membakar tiga orang polisi," terang Mamur.

Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon yang berusaha menyelamatkan Aiptu Erwin pun ikut terbakar.



Quote:4. Kondisi terkini korban
Tiga anggota polisi yang menjadi korban terbakar dalam aksi demo mahasiswa Cianjur pada Kamis (15/8/2019) kini tengah mendapat perawatan medis.

Tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih dan Tim Dokter Kesehatan Polda jabar diturunkan untuk memberikan perawatan terhadap Aiptu Erwin, Bripda Yudi Muslim, dan Bripda FA Simbolon.

"Tim medis khususnya dari Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Polda Jabar, dan tim dari kedokteran kesehatan Polda Jabar sudah turun," ujar KKepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, di Mapolrestabes Bandung, Kamis (15/8/2019), seperti dilansir Kompas.com.

Mengutip Tribun Jabar, dari ketiga korban tersebut, Aiptu Erwin menderita luka bakar paling parah hingga 80 persen.

Karena itu Erwin dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jakarta.

“Luka bakarnya hampir 80 persen. Sekujur badannya luka, karenanya saat ini juga langsung kita rujuk ke Kramat Jati (RS Polri),” ujar Direktur RSUD Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia.





Semoga pelaku dapat dihukum setimpal emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 36 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 11
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:25
anjrit 80% gimana tuh kondisinya, moga bisa selamat

mahasiswa tolol tangkap dengan dakwaan pembunuhan :Batabig orang deket api malah disiram bensin, kalau mewek2 ga sengaja menyesal dll suruh bakar diri pakek api unggun emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:31
Dibakar itu mah, pas detik keberapa ada bensin terbang ke polisinya. Biadab bgt
0 0
0
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:32
Oknum yg menyiram tuh tangkap, koordinator aksi juga harus bertanggungjawab!!!! Mahasiswa jaman sekarang sok2 demo ga berbobot nyink!!! emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
youkyemazestha dan hantumasam memberi reputasi
2 0
2
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:33
mungkin emosi sesaat..tapi sangat disayangkan klo sampai kejadian seperti ini...minta lapangan pekerjaan. kelakuan kaya binatang..gimana itu..korlap demo mahasiswa yg harus bertangung jawab nih..
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:33
heran mahasiswa jaman sekarang, mereka demo pake timpuk botol bensin, kaya tawuran supp bola di Indonesia aja, kalian itu masa depan bangsa bukan masa depan b4ngsat
Diubah oleh bapauburger
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:35
Itu yang lempar bahan bakar keterlaluan, otaknya gak di pake buat mikir. Udah tau banyak massa berkumpul, edan parah...

Luka bakar itu sakit bro!
Yang sabar pak polemoticon-Turut Berduka
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:35
Koen disekolahno gak tambah pinter malah tambah guoblokkk...pantes nganggur cuk kelakuanmu koyok ngono...
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:40
Quote:Original Posted By Cikklancang
Biarpun mereka mahasiswa
Yang katanya berpendidikan
Tapi tetap saja mereka sejatinya warga +62 yang barbar


emoticon-Leh Uga sesama warga barbar
0 0
0
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:44
Selamat masuk bui gara gara vokal didepan umum tapi gapake otak
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:53
Udah dipenjara dapet blacklist dari perusahaan-perusahaan, gabisa bikin SKCK nanti di Sel dipermak sama Pakpol berhari hari sampe mampus. Sukurin luh.
profile-picture
profile-picture
youkyemazestha dan hantumasam memberi reputasi
2 0
2
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:55
organisasi kemahasiswaan emang sampahemoticon-Blue Guy Bata (L)

mendingin selesein skripsi loe padaemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:56
EPIC DROP OUT MOMENT
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 10:58
katanya kaum terpelajar tapi anarkis sok jagoan..,harusnya dibakar lagi tuh pelakunya biar ngerasain..
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 11:01
Semoga cepat sembuh ya Pak Pol. Dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.

Untuk pelaku mohon dapat dihukum seberat-beratnya.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 11:03
liat dulu demo nya bawa nama almamater ato nama ormas?
0 0
0
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 11:05
Pada akhirnya gue tau, ternyata tujuan menjadi mahasiswa itu untuk jadi pendemo emoticon-Kaskus Banget
0 0
0
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 11:05
yang gw kesel kemarin itu pelaku mukanya masih mulus-mulus aja.

dikasih lebam dikit kan gapapa harusnya emoticon-Toast
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 11:06
80% itu udah parah banget loh.. terancam cacat permanen.
Asli ini mahasiswa kudu dihukum seberat2nya. emoticon-Marah
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 11:09
mahasiswa-mahasiswa pemimpin indonesia masa depan
0 0
0
Halaman 6 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia