Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

diaz420Avatar border
TS
diaz420
Pamali The Stories #23
Pamali The Stories #23

Welcome back to Pamali The Stories. Menemani malam Jum'at kalian, Ane kembali dengan thread seputar Pamali. Di postingan kali ini, Ane bakalan mengangkat 1 mitos paling mainstream di 'telinga' masyarakat umum. Apa itu? Ini dia...

Quote:


Kita pasti pernah ngalamin hal ini. Banyak yang bilang kalo telinga kita panas, berarti kita lagi diomongin sama orang. Disini, ada 2 arti, kalo telinga kiri, berarti ada yang ngejelek-jelekin kita (menceritakan hal-hal jelek tentang kita). Kalo telinga kanan, ada yang muji-muji kita (menceritakan hal-hal baik tentang kita). Well, secara umum sih seperti itu. Tapi...gimana kalo dua-duanya? 🤔🤔🤔

Mungkin ada yang ngomongin dua sisi dari kita, baik dan buruk. Atau mungkin, ada fans dan haters yang lagi berdebat soal kita? Kita tidak tahu😁😁😁

OK, daripada kelamaan, langsung aja ke cerita...

Spoiler for :


Secara ilmiah, kejadian dalam cerita disebut sebagai Spontaneous Human Combustion (SHC). Menurut sumber, SHC merupakan peristiwa terbakarnya tubuh manusia secara spontan yang dihasilkan dari energi dalam diri manusia tersebut. Dalam hal ini manusia yang mengalami SHC dapat berakibat fatal dan membahayakan nyawa manusia tersebut. Dalam beberapa kasus misteri SHC ini terjadi begitu cepat, hingga dalam beberapa kejadian tidak ada saksi yang menyaksikan proses dari SHC ini.

Pamali The Stories #23

Pamali The Stories #23

Ilustrasi



Dalam tiga abad terakhir ini, ditemukan sekitar 200 kasus SHC. Namun pada banyak kasus tidak ditemukan adanya penyelidikan yang memadai dan biasanya hanya berdasarkan cerita burung dan pernyataan lisan saja. 

Tubuh terbakar spontan terjadi akibat adanya semburan api dari reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh tanpa adanya sumber panas eksternal.

Kasus tubuh terbakar spontan pertama kali diteliti ahli anatomi Denmark Thomas Bartholin pada tahun 1663. Saat itu digambarkan seorang perempuan di Paris terbakar saat sedang tidur.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Senin (26/4/2010) ratusan kasus tubuh terbakar spontan yang telah terjadi selalu mengikuti pola yang sama. Bagian kaki selalu utuh, meskipun batang tubuh dan kepala sudah hangus tak bisa dikenali.

Selain itu ruangan disekitarnya tidak menunjukkan atau hanya sedikit tanda-tanda adanya api. Pada kasus tertentu kadang ditemui organ internal korban tetap tak tersentuh sementara bagian luarnya hangus.

Tidak semua korban tubuh terbakar spontan meninggal. Sebagian kecil korban yang selamat mengalami luka bakar aneh di tubuhnya tanpa ada sumber yang jelas.

Tubuh manusia membutuhkan dua hal untuk terbakar yaitu panas yang sangat tinggi dan substansi tertentu yang mudah terbakar. Dalam keadaan normal tidak terjadi terbakar spontan.

Tapi kebanyakan ilmuwan selama beberapa abad terakhir berspekulasi bahwa kemungkinan itu tetap ada. Kejadian tubuh terbakar spontan ini juga telah menginspirasi pengarang terkenal Charles Dickens yang pada tahun 1800-an membunuh salah satu karakter di novelnya dengan cara tubuh terbakar spontan akibat jumlah alkohol yang berlebih di tubuhnya.

Hingga kini belum ada satupun teori yang dapat menjelaskan fenomena ini.Terdapat beberapa fakta umum yang terkait dengan semua kasus SHC, seperti dikutip dari Castleofspirits, yaitu:

 

Sebanyak 80 persen korban SHC adalah kaum perempuan.

Kebanyakan korban mengalami kelebihan berat badan atau pecandu alkohol.

Tubuh korban akan sangat hangus, tapi ruangan di sekitar mayat korban masih cukup utuh.

Tubuh korban akan menguning dan biasaya di sekitar korban timbul bau minyak busuk.

Batang tubuh termasuk dada, perut dan pinggul bisa benar-benar terbakar, tapi bagian dari kaki atau pakaian bisa jadi masih utuh.

Pembakaran hanya terjadi pada korban sendiri tanpa adanya teriakan atau jeritan yang pernah terdengar.

Biasanya korban banyak minum sebelum meninggal.

 

0
421
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Supranatural
SupranaturalKASKUS Official
15.6KThread10.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.