alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.88 stars - based on 16 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5404bcc9518b4b06562d7f/indonesia-kaya-agan-percaya
Lapor Hansip
14-08-2019 19:55
Indonesia Kaya, Agan Percaya?
Past Hot Thread
Indonesia Keren!

Indonesia Kaya, Agan Percaya?


Indonesia dengan beribu pulau terbentang dari Sabang hingga Merauke. Berpenduduk lebih dari 270 juta jiwa. Dengan 700 bahasa daerah, berbagai suku, serta budaya. Amazing bukan? Sebegitu kayanya negara ini, sampai beberapa negara adidaya berusaha merebut kekayaan Indonesia.

Pulau Jawa, menjadi salah satu pulau terbesar di Indonesia. Terdiri dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY. Jawa Tengah tempat TS tinggal, mempunyai beberapa seni kebudayaan yang unik dan tak lekang oleh waktu. Apa saja kekayaan budaya Jawa Tengah? Simak ulasan TS ya!

Quote:1. Kesenian Ndolalak
Indonesia Kaya, Agan Percaya?


referensi in here

Tarian ndolalak, berasal dari tempat lahir TS, Purworejo. Tarian ini merupakan peninggalan Belanda. Ndolalak, berasal dari kata do dan la. Dulunya ndolalak hanya diiringi dua nada tersebut.

Seiring berkembangnya waktu, ndolalak mengalami beberapa perubahan. Yang dulunya dimainkan penari pria, sekarang kebanyakan penari ndolalak adalah remaja putri. Tarian ndolalak bisa kita jumpai saat hajatan atau pesta rakyat. Bahkan untuk melestarikan warisan budaya ini, banyak anak di desa yang dilatih tarian ini.

Indonesia Kaya, Agan Percaya?
Dokpri

2. Jaran kepang atau kuda lumping

Indonesia Kaya, Agan Percaya?
Indonesia Kaya, Agan Percaya?Indonesia Kaya, Agan Percaya?
Dokpri

Seperti halnya ndolalak, jaran kepang juga merupakan tarian khas Jawa Tengah. Mungkin di beberapa daerah ada perbedaan nama dan penampilan. Di Banyumas misalnya, jaran kepang di sini disebut ebeg.

Tarian ini lazimnya dimainkan oleh penari putra. Ndolalak dan jaran kepang memiliki beberapa persamaan, penari sama-sama mengalami kesurupan. Saat kesurupan, seakan mereka hilang kesadaran. Biasanya mereka memakan barang-barang yang tak lazim. Seperti bunga mawar, kelapa, bahkan makan beling.

Semakin banyak pemain yang kesurupan, jaran kepang akan semakin ramai.

3. Kenthongan atau thek thek

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

Kenthongan adalah kesenian khas kota ngapak, Banyumas. Kenthongan bisa kita jumpai pada hajatan, atau acara resmi di desa. Kesenian ini mengedepankan kekompakan grup. Keselarasan antara pemain musik, penari juga penyanyi.

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

referensi in here

Karena begitu banyak anggota, setiap orang memiliki tugas masing-masing. Pada barisan depan biasanya di isi oleh para penari putri, sebagai daya tariknya. Barisan selanjutnya diisi oleh para pemain musik yang merangkap sebagai penyanyi. Nah, daripada penasaran, berikut TS sertakan contoh kesenian kenthongan.

kenthongan Banyumas


4. Lengger

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

referensi in here

Masih berupa tarian, hanya saja lengger umumnya dimainkan oleh dua hingga empat orang perempuan. Lengger juga diiringi musik gamelan dan alunan suara sang sinden.

Memang, lengger sudah jarang kita jumpai di jaman sekarang. Lengger sudah tergantikan dengan kenthongan dan ebeg yang banyak peminatnya.


Selain beberapa tarian khas daerah Jawa Tengah, khususnya Banyumas juga punya makanan khas yang dijamin bikin nagih. Mau tahu apa saja? Sok tengokin!👇

Quote:1. Mendoan

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

Mendoan, berasal dari kata mendo yang artinya setengah matang. Kalau di tempat lain, tempe biasanya digoreng sampai garing dan kriuk. Sedangkan di Banyumas, mendoan digoreng setengah matang.

Seperti tempe goreng pada umumnya, mendoan memiliki rasa gurih. Apalagi ditemani dengan segelas kopi, hmmm dijamin nagih.😊

2. Soto Sokaraja

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

Soto khas Banyumas ini berisi suiran ayam, toge, ketupat serta beberapa sayur lainnya. Yang membedakan adanya taburan bumbu kacang sebagai pelengkap soto sokaraja.

3.Gethuk goreng Indonesia Kaya, Agan Percaya?

Gethuk, salah satu makanan olahan dari singkong. Biasanya gethuk hanya berupa singkong direbus lalu ditumbuk campur gula. Warga Banyumas, berinovasi dengan olahan gethuk yang berbeda yaitu dengan digoreng.

4. Cimplung

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

Cimplung, berasal dari kata nyemplung atau nyelup ke dalam air. Cimplung biasanya berupa singkong yang di cemplungkan ke air nira atau badeg lalu di masak. Setelah matang, jadilah cimplung. Makanan ini didominasi rasa manis. Jadi untuk penyuka manis, cimplung jadi referensi makanan yang patut anda coba kalau berkunjung ke Banyumas.

5. Gembus

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

Makanan olahan singkong satu ini berbentuk bulat, tapi bukan bola pingpong😊. Gembus, terbuat dari parutan singkong yang direbus lalu di bentuk. Selanjutnya di goreng. Rasanya, jelas gurih dong.😊

6. Lupis

Indonesia Kaya, Agan Percaya?

Lupis, makanan manis satu ini sangat cocok dimakan untuk sarapan. Karena terbuat dari beras ketan, lupis mengenyankan perut. Apalagi ditambah dengan parutan kelapa dan kuah gula merah. Makin lengkap asupan gizi agan-sista.

referensi makanan


Itu yang TS sebutkan hanya sekelumit dari kekayaan bangsa Indonesia. Jawa Tengah hanya salah satu dari 17 ribu pulau di Indonesia. Tentu masih banyak kekayaan negeri tercinta. Jadi, masih minder menjadi warga negara +62?

Jangan cuma berkoar-koar cinta tanah air, tapi kesenian daerah saja tidak tahu! Jangan ngaku orang Indonesia, jika untuk memakai produk dalam Negeri kamu enggan! Jangan bilang NKRI harga mati, tapi lupa bahasa daerah sendiri!

Bangga, cinta tanah air bisa kita tunjukkan dari mulai diri sendiri. Mengenalkan berbagai kebudayaan Negeri, sebagai bentuk pengabdian terhadap Bangsa tercinta!


So, berbanggalah menjadi bagian dari Negara Indonesia yang kaya raya!

Referensi: Diambil dari berbagai sumber yang TS sebutkan di atas plus opri dan dokpri

IAf, 14 Agustus 2019
Indonesia Kaya, Agan Percaya?
Diubah oleh idaalfaqieh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tuffinks dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 8
15-08-2019 00:37
indonesia negara paling kaya di dunia
paling maju di dunia
paling pintar di dunia
satu dunia ngincer indonesia buat njajah karena paling strategis didunia

tanpa indonesia, dunia berenti muter.
profile-picture
profile-picture
idaalfaqieh dan TheTrueMayhem memberi reputasi
2
15-08-2019 05:14
percaya aja gan

0
15-08-2019 05:27
Kalau aja sistem transmigrasi di canangkan kembali..
Bayangkan, 17 ribu pulau, setengahnya fokus di pertanian, setengahnya peternakan..
Swasembada pangan bakal jadi kenyataan, bukan cuma bacotan pas kampanye doang..
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 08:02
Quote:Original Posted By feraldi.autis
Gak percaya,dari dulu gw masih liat banyak orang miskin di negara ini,baik itu miskin harta ataupun miskin logika dan hati nurani


Miskin dalam beda arti ya. Kl kekayaan budaya dan alamnya jelas kaya.

Quote:Original Posted By sagutumbuk
jujurnya yg belom kaya


Dimulai dari diri sendiri Gan. Minimal kita kaya kejujuran.

Quote:Original Posted By kingoftki
indonesia negara paling kaya di dunia
paling maju di dunia
paling pintar di dunia
satu dunia ngincer indonesia buat njajah karena paling strategis didunia

tanpa indonesia, dunia berenti muter.


Kl maju sepertinya belom. Msh banyak yg harus dibenahi dari Negeri tercinta ini.

Quote:Original Posted By line.blue

percaya aja gan



Ahsyiap, percaya kalau kita kaya yaemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By b09eLL
Kalau aja sistem transmigrasi di canangkan kembali..
Bayangkan, 17 ribu pulau, setengahnya fokus di pertanian, setengahnya peternakan..
Swasembada pangan bakal jadi kenyataan, bukan cuma bacotan pas kampanye doang..


Hmmmm, sebegitu kayanya hingga bingung mengelolanya ya Gan.
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1
15-08-2019 08:04
Quote:Original Posted By kudanil.la
ane kira tuh thek thek nasi goreng tukang lewat gan, sebutan biasanya nasi goreng atau mie thek thek emoticon-Ngakak kayaknya cocok juga tuh buat masuk jadi kekayaan indonesia, belom ada kayaknya negara lain jualan nasgor tek tek emoticon-Big Grin


Hihii... Iya juga Gan. Thek-thek itu sebutan buat kesenian alat musik yg terbuat dr bambu. Kl mie plus nasi goreng thek-thek, mungkin cara manggil pembelinya bunyi thek-thek gitu ya?
0
15-08-2019 08:39
agan ngepost makanan pagi dingin2 begini bikin laper
emoticon-Big Grin

Indonesia memang kaya emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 08:46
Kalo dilihat dari Seni & Budaya memang Indonesia negara kaya gan...tapi jika diliat dari sudut pandang mental warga negaranya tetap aja Indonesia masih "miskin"...
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 08:51
Quote:Original Posted By ilgazoe.leite
agan ngepost makanan pagi dingin2 begini bikin laper
emoticon-Big Grin

Indonesia memang kaya emoticon-I Love Indonesia


Yuk, sarapan dulu Gan! Mendoan cocok tuh, buat temen ngopi pagi😊

Quote:Original Posted By bimohari
Kalo dilihat dari Seni & Budaya memang Indonesia negara kaya gan...tapi jika diliat dari sudut pandang mental warga negaranya tetap aja Indonesia masih "miskin"...


PR untuk kita semua Gan. Miskin mental karena beberapa faktor. Daripada pusing mikirin kemiskinan mental orang lain. Yuk, mulai perkaya mental mulai dari diri dan lingkungan kita!emoticon-I Love Indonesia
0
15-08-2019 09:04
Quote:Original Posted By idaalfaqieh
PR untuk kita semua Gan. Miskin mental karena beberapa faktor. Daripada pusing mikirin kemiskinan mental orang lain. Yuk, mulai perkaya mental mulai dari diri dan lingkungan kita!emoticon-I Love Indonesia


Nah itu dia gan yg harus dirubah, salah satu contohnya adalah yg lagi viral beberapa hari kemarin yaitu Udara Jakarta...
Kalo emang ingin kotanya bersih harusnya penduduknya juga tau dong tanggung jawab tentang kebersihan terhadap kotanya...
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 09:11
Quote:Original Posted By bimohari
Nah itu dia gan yg harus dirubah, salah satu contohnya adalah yg lagi viral beberapa hari kemarin yaitu Udara Jakarta...
Kalo emang ingin kotanya bersih harusnya penduduknya juga tau dong tanggung jawab tentang kebersihan terhadap kotanya...


Yup, hrs ada kesadaran diri. Mau rumahnya bersih, ya kita rajin nyapu, buang sampah di tempatnya. Mulai dari hal yg terkecil, akan tercipta kebersihan massal.emoticon-2 Jempol
0
15-08-2019 12:17
segitu kaya raya sehingga lembaga-lembaga donor ngendon di indonesia nagsih bantuan ngasih hibah supaya tambah kayaraya ala dhubay.
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 12:36
Lah lho...tak kirain Kaya dr segi materi td 😁

Kl di lintas Sumatra dr lampung ampe jambi...rata2 punya rumah bagus2 n gede2 lho
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 18:01
Ciye, hate nih ye emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 18:06
Setuju gw sama ts
Indonesia itu kaya
Dari.....
Kaya budaya
Kaya suku
Kaya bangsa
Kaya kuliner
Kaya SUMBER DAYA
KAYA orang cerdas
Tapi,
MISKIN ORANG JUJUR emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh Vagabond008
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 18:07
Iya, biar ga disebutin percaya dah, sebelum lahir juga udah percaya kalo Indonesia itu ya beginiemoticon-Kiss (S)
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 18:09
Kaya banget, bos

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman
emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 18:10
Quote:Original Posted By faris1234
Lah lho...tak kirain Kaya dr segi materi td 😁

Kl di lintas Sumatra dr lampung ampe jambi...rata2 punya rumah bagus2 n gede2 lho


Maklum gan klo di sono emoticon-Cool
petani karet/sawit emoticon-Malu
Hidup sederhana tapi bawaannya ninja 250 RR/trail buat bawak angkutan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Gak kek di kota kerja kantoran tapi rumah ngontrak gara2 kebanyakan gaya+ nyicil kendaraan 150 pdahal gak guna2 amat emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
faris1234 dan idaalfaqieh memberi reputasi
2
15-08-2019 18:10
kaya nya apa dulu gan, kalo perihal diatas iya, tapi secara perkapita apakah itu sudah mengena.
tapi apalah, kaya miskin itu tergantung cara pandang kita terhadap kepemilikan.
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 18:15
Kaya tapi belum bisa mengolah sendiri.. Jadi sama aja.. emoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
15-08-2019 18:19
Kaya kesenian, kebudayaan, dan SDA tinggal SDM nya aja yg perlu ditingkatkan
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.