mrdfssAvatar border
TS
mrdfss
4 Suka Duka Memelihara Ikan Arwana Menurut Ane
Bagi sebagian orang memelihara binatang memberikan kebahagiaan tersendiri. Ada yang senang memelihara burung karena senang mendengar suaranya, ada yang senang memelihara kucing karena senang melihat kelakuannya dan ada pula yang senang memelihara ikan karena memberikan hiburan melihat mereka berlenggak lenggok di dalam akuarium. Ane sendiri adalah orang yang menyukai hewan arwana. Selama hampir 7 tahun memelihara dari ukurannya yang sebesar telapak tangan hingga sekarang berukuran sebesar kaki ane, ane dapat merasakan suka duka dalam memelihara hewan ini. Suka duka memelihara menurut ane adalah sebagai berikut:


4. Harga Pakannya Yang Mahal


Arwana sebagai salah satu ikan karnivora tidak bisa diberi makan sembarangan. Oleh karena itu salah satu cara ane memberikan makanan ikan arwana ane dengan membeli jangkrik yang ada di toko burung seharga 5 ribuan. Makanan ini cukup untuk arwana selama satu minggu. Kadang belum satu minggu sudah habis karena biasanya ada jangkrik yang mati dan belum sempat di beri ke arwana. Sebulan pengeluaran ane sekitar 20 -25 ribu hanya untuk memberi makanannya saja. Alasan ane memilih jangkrik sebagai makanan arwana karena mudah didapat dan tidak perlu tempat penyimpanan khusus untuk meletakkan jangkrik tersebut. Namun di awal pemeliharaan ikan ini ane kasih makan ikan kecil dan udang yang harganya lebih mahal dari jangkrik. Biasanya ane berikan sekitar 10-15 ekor jangkrik dalam satu kali makan.


3. Makanan Bisa Didapat Dari Sekitar Rumah


Biasanya ketika sedang berjalan diperkarangan rumah dan menemukan kodok maka akan ane berikan kepada ikan arwana ane. Selain kodok ane biasanya memberikan kecoa dan cicak yang biasa kita temui di dalam rumah. Makanan ini ane rasa cukup membuat arwanan kenyang karena biasanya cicak dan kodok yang ane berikan berukuran sedang. 


2. Membuat Senang Ketika Melihatnya


Diantara beberapa ikan yang pernah ane pelihara, mulai dari ikan mas koki, ikan cupang, ikan guppy hingga ikan aligator, ane rasa yang paling seneng ane perhatiin adalah ikan arwana. Alasan pertama ikan ini berenang tidak terlalu cepat jadi kita bisa mengamati secara mendetail ikan ini. Selain itu ketika kita memberi makan, maka ikan ini akan terlihat unik. Karena bentuk mulutnya yang berbeda dengan ikan lain. 


1. Perawatannya Yang Tidak Terlalu Sulit


Tidak seperti ikan hias yang pernah ane pelihara sebelumnya. Memelihara arwana tidak perlu sulit untuk mengurasnya. Ikan tidak perlu dipindah ke tempat lain saat dikuras. Jadi cukup mengganti air dan saringannya saja maka sudah cukup. Walau begitu ikan arwana bisa dibilang ikan yang manja karena bila airnya sudah kotor sedikit maka mereka tidak mau makan.


Itulah beberapa suka duka yang ane rasakan selama memelihara ikan arwana ini untuk dijadikan ikan hias. 


Sumber gambar merupakan dokumentasi penulis pribadi

jiwaprana
tien212700
tien212700 dan jiwaprana memberi reputasi
9
20.9K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.