• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan

mrdfssAvatar border
TS
mrdfss
5 Uji Coba Manusia Yang Kematiannya Memberikan Manfaat Bagi Ilmu Pengetahuan
Hidup di zaman sekarang dimana ilmu pengetahuan sudah sangat banyak berkembang tentu memberikan banyak keuntungan bagi manusia. Namun pada zaman dahulu sebelum semua penyakit bisa diketahui sebab dan penyembuhannya, ada beberapa orang yang menawarkan dirinya untuk diteliti agar penyakit tersebut bisa diatasi. Berikut 5 orang yang menawarkan dirinya untuk dilakukan uji coba yang kematiannya memberikan banyak manfaat bagi ilmu pengetahuan:

5. Dr. William Stark - Diet


listverse.com

William stark melakukan sebuah eksperimen mengenai diet. Dimana dirinya membatasi asupan makanan yang masuk kedalam tubuhnya seperti jumlah air yang ia minum dan jumlah makanan yang masuk kedalam tubuhnya. Dr. William juga meneliti apa yang terjadi pada tubuh ketika manusia mengkonsumsi makanan yang terbatas baik dari jumlah makanan hingga gizinya. Awalnya dia hanya mengkonsumsi roti dan air. Kemudian Dr. William menambahkan daging, telur dan keju. Namun sayangnya, ketika baru akan menambahkan sayur dan buah dalam menu dietnya, dia meninggal.

4. Arthur Bacot - Penyakit Tifus


listverse.com

Arthur Bacot awalnya adalah seorang entomology. Pada tahun 1910, dirinya diminta untuk meneliti kutu yang diperkirakan telah menyebabkan wabah di sebuah daerah di India oleh The Lister Institute And Indian Palgue Commission. Arthur terus melakukan eksperimen terhadap kutu-kutu tersebut. Bahkan Arthur meletakkan kutu-kutu itu dipakaiannya untuk memberi makan kutu tersebut dengan darahnya. Pada tahun 1922, Arthur diminta untuk meneliti sebuah kutu yang membawa wabah tifus yang berasal dari tempat pemandian umum. Sayangnya Arthur digigit oleh kutu tersebut dan terkena tifus. Namun kejadian tersebut memberikan pembelajaran bagi ilmu pengetahuan bagaimana penyakit tifus bisa ditularkan.

3. Daniel Carrion - Demam Oroya


listverse.com

Pada tahun 1871, pernah terjadi sebuah demam yang dapat membuat orang yang menderita penyakit itu mengalami beberapa gejala dan termasuk demam yang memiliki resiko kematian yang tinggi. Hal ini dikarenakan jarak kematian yang cepat bagi orang yang telah terkena penyakit ini. Untuk mempelajari penyakit tersebut, Daniel menyuntikkan dirinya dengan cairan penyakit dari pasien yang mengidap demam oroya. Sebulan kemudian setelah Daniel berhasil mempelajari penyakit tersebut, dia berhasil menyimpulkan bahwa demam oroya merupakan memiliki kemiripan dengan penyakit Verruga, hanya saja tahapan penyakitnya yang berbeda.

2. Ellen Roche - Asma


listverse.com

Pada tahun 2001, Ellen secara sukarela menawarkan dirinya untuk dijadikan penelitian bagaiamana sistem pernafasan orang sehat dalam mencegah asma. Dalam penelitian itu, Ellen diharuskan menghirup heksametason. Hal ini membuat Ellen mengalami batuk yang sangat parah dan membuat dirinya harus menggunakan ventilator selama seminggu. Namun sayangnya sebulan setelah penelitian itu Ellen meninggal. Kematian Ellen membuat Jhons Hopkins, FDA dan Kantor Perlindungan Penelitian Manusia merombak aturan agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi.

1. Clarence Dally - Sinar X (X-ray)


listverse.com

Pada tahun 1895, Edison dan Dally melakukan sebuah penelitian terhadap sinar X. Dimana Dally diminta untuk berdiri dan terkena paparan sinar X selama berjam-jam. 5 tahun kemudian, Dally mulai menunjukkan masalah. Tangan kirinya mulai bermasalah, karena sudah mulai sulit untuk digunakan. Dan ketika tangan kirinya sudah sulit digerakkan, maka dia ganti menggunakan tangan kirinya. Bahkan bila kedua tangannya mulai terasa terbakar, Dally memasukkan tangannya kedalam air untuk mengurangi rasa sakitnya. Akhirnya luka pada tangan kirinya membuat Dally harus diamputasi. Sedangkan luka pada tangan kanannya harus dilakukan cangkok kulit yang diambil dari kakinya namun 4 jari kanannya harus diamputasi. Akhirnya setelah kejadian itu, Edison dan Dally berhenti dari penelitian sinar X. Pada tahun 1904 Dally meninggal dunia. 

Itulah 5 uji coba manusia yang kematiannya sangat berarti bagi ilmu pengetahuan.


0
3.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.