Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ellynurulAvatar border
TS
ellynurul
Tips Mengelola Keuangan Keluarga Muda
Tips Mudah Mengelola Keuangan Keluarga Muda

Pengelolaan keuangan, khususnya bagi keluarga muda dapat membantu kamu untuk mengatur rencana jangka pendek dan panjang. Seperti rencana membeli rumah, memiliki anak, tabungan anak, asuransi simpanan hari tua


Semuanya harus kamu pikirkan sejak awal pernikahan atau bahkan sebelum menikah lho ya.. karena uang adalah hal yang sensitif, kamu dan pasangan perlu merencanakan serta mendiskusikannya secara khusus.


"Perencangan pengelolaan keuangan, sebaiknya didiskusikan bersama pasangan sejak dini, bahkan sebelum menikah"


Mengelola keuangan saat lajang dan menikah sangatlah berbeda. Hal itu lah yang membuat banyak pasangan baru akan merasa bingung ketika berbicara dan mengatur keuangan pasca pernikahan.

Sebab setelah menikah, banyak perubahan yang terjadi tak hanya pada pola pikir, tapi juga prioritas. Lalu, bagaimana mengelola keuangan yang mudah bagi keluarga muda?

Tentukan Pola Perencanaan Keuangan

Jika sebelum menikah kamu dan pasangan memiliki pemasukan dan pengeluaran masing-masing, maka setelah menikah kamu dan pasangan akan memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama.

Diskusikan bersama pasangan mengenai perencanaan keuangan tersebut, mulai dari berapa pemasukan serta pengeluaran bersama dalam satu bulan dan juga pola atau pembagian pengeluarannya.

Misalnya, jika suami istri bekerja, gaji suami digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan, sedangkan gaji istri digunakan untuk membiayai hal yang sifatnya sekunder atau sebagai pelengkap. Jika istri tidak bekerja, maka beri peran kepada istri untuk menjadi bendahara keuangan keluarga kamu.

Pengaturan ini sangat penting untuk dilakukan dalam merencanakan masa depan yang sejahtera. Selain untuk mengetahui arus pengeluaran, juga untuk menghindari perselisihan atau kesalahan persepsi dalam hal pembagian tugas dalam membiayai pengeluaran keluarga.

Menentukan Skala Prioritas

Bagi keluarga muda, pengelolaan keuangan termasuk poin penting yang harus dilakukan, kebutuhan manakah yang harus dipenuhi terlebih dulu. Karena ketika sudah berkeluarga, kebutuhan akan menjadi berlipat ganda. Demikian dengan pengeluaran akan semakin bertambah jika dibandingkan dulu saat masih lajang.

Diskusikan bersama pasangan, kebutuhan manakah yang akan menjadi prioritas. Ada tiga hal utama yang harus diperhatikan, yakni rumah, pendidikan anak, baru kemudian mencukupi gaya hidup yang lainnya.

Menabung dan Berinvestasi

Pada dasarnya, membuat perencanaan tidak hanya terbatas pada masalah atau cara mengalokasikan uang, pendapatan, atau pengeluaran saja. Tetapi bagaimana kamu bisa menginvestasikan uang dengan baik.

Dalam hal ini, investasi bukan hanya sekadar aktivitas menabung dan menyimpan uang saja, tetapi investasi adalah cara untuk melakukan perhitungan dan pengalokasian dana, sehingga memiliki nilai lebih menguntungkan di masa depan.

Menurut Mba Prita Hapsari Ghozieyang merupakan Financial Educator setiap bulannya, kamu harus sisihkan langsung untuk hal-hal berikut :

  • 5% Sosial (Zakat, Infak, Sedekah)
  • 10% Dana darurat dan asuransi
  • 30% Biaya hidup
  • 30% Cicilan pinjaman
  • 15% Investasi
  • 10% Gaya hidup


Kebutuhan Proteksi

Bagi keluarga muda, jadikan asuransi sebagai salah satu poin penting yang perlu dimasukkan ke dalam perencanaan keuangan. Langkah ini dapat dikatakan sebagai bentuk proteksi masa depan bagi kamu dan juga keluarga.

Dimana segala keuangan sudah teralokasikan, sehingga kamu tak perlu mengutak-atik tabungan, karena pihak asuransi telah menjamin dan memproteksi semua.

Salah satu bentuk perencanaan keuangan dalam bentuk proteksi yang bisa kamu gunakan adalah  Asuransi HappyOneID, ada 4 produk unggulannya yaitu HappyMe(Asuransi Kecelakaan Diri), HappyEdu (Asuransi Santunan Pendidikan dan Jaminan pendidikan anak), HappyHome (Asuransi Kebakaran) dan HappyTrip (Asuransi Perjalanan).


Sebuah perencanaan keuangan komprehensif yang mampu memberikan perlindungan menyeluruh dari segala risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari, sekaligus memberikan kenyamanan untuk mencapai berbagai keinginan yang ingin kamu dan keluarga raih di masa depan.Tips Mengelola Keuangan Keluarga MudaTips Mengelola Keuangan Keluarga Muda


tata604
tata604 memberi reputasi
1
1K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.