Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shodiq11Avatar border
TS
shodiq11
Mantap! Cara Membuat Puding Santan Agar Tidak Pecah
Puding yang rasanya manis biasanya dibuat dengan menggunakan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur. Umumnya dengan rasa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Jenis puding ini dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.
Selain itu, juga ada resep cara memasak santan agar tidak pecah. Jenis ini adalah puding yang terbuat dari campuran agar-agar, susu, tepung maizena, dan telur kocok. Puding agar-agar ini juga awam dihidangkan dengan saus fla.

Di Indonesia, jenis puding sendiri banyak memanfaatkan bahan-bahan seperti kelapa muda, santan, tape ketan hitam, campuran daun suji, daun pandan dan gula merah. Puding di Indoensia juga menggunakan buah-buahan seperti jeruk, nanas, sirsak, mangga, dan markisa.

Cara Membuat Puding Santan Agar Tidak Pecah Mudah dan Efisien

Bahan-Bahan

·        1/2 buah kelapa parut

·        750ml air panas

Langkah Cara Memasak Santan

1.     Masukkan kelapa parut dengan 250ml air panas dalam satu wadah. Diamkan sesaat hingga turun suhunya.

2.     Remas-remas campuran tersebut hingga keluar sari dari kelapa.

3.     Berikutnya peras kelapa parut di atas saringan. Pisahkan ampas di wadah lain. Remas terus hingga seluruh parutan kelapa terperas.

4.     Siapkan mangkuk untuk menampung santan beserta saringan di atasnya.

5.     Tuang kembali 250ml air panas ke mangkuk berisi ampas kelapa yang sudah diperas tadi. Diamkan sesaat lalu lakukan remas kembali seperti cara sebelumnya.

Lalu, bagaimana caranya agar membuat puding dengan sempurna? Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda lakukan :

1.     Sebaiknya gunakan gula pasir berwarna putih cerah. Hal ini dimaksudkan agar adonan puding tidak keruh bila menggunakan gula pasir putih.

2.     Anda dapat langsung merebut jeli bubuk, air dan gula secara bersamaan. Bila Anda baru mencampurkan air ketika panas justru dapat mengakibatkan adonan puding menggumpal.

3.     Jika Anda menggunakan santan/susu ketika membuat puding , sebaiknya gunakan dengan api sedang. Hal ini bertujuan agar tidak membuat santan sertau susu pecah bila menggunakan api besar.

4.     Ketika membuat puding ingin dicampurkan dengan campuran jus buah, sebaiknya masukan jus ketika agar-agar telah mendidih. Karena bila jus dimasak dari awal bersama dengan agar-agar, hal ini justru membuat puding menjadi mengeras.

5.     Ketika Anda ingin mengocok putih telur. Sebaiknya kocok putih telur dengan kecepatan rendah lalu naikknya kecepatan hingga yang tertinggi. Selain itu, perhatikan ketika Anda ingin memisahkan kuning telur dengan putihnya.

6.     Jangan sampai ada bagian kuning telur yang tercampur pada putih telur. Hal ini dapat membuat putih telur tidak dapat mengembang kaku.

7.     Bila Anda ingin membuat puding lapis, sebaiknya ketika ingin menuang lapisan kedua, tunggu hingga lapisan pertama belum terlalu mengeras.

8.     Anda dapat melihat puding lapisan pertama menimbulkan langit-langit atau dengan cara menggoyangkan loyang puding. Jika masih lentur bergerak namun bagian permukaannya sudah mulai mengeras, barulah Anda dapat memasukan adonan lapisan kedua.

Tips Mudah Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah

1.     Pakai Api Kecil

Saat merebus santan, jangan pernah menggunakan suhu api yang terlalu tinggi, terlalu cepat mendidih akan membuat santan tidak akan tercampur dengan bahan lainnya. Oleh karena itu, gunakanlah api kecil setiap kali hendak memasak makanan berbahan dasar santan.

2.     Terus Diaduk

Nah, yang satu ini juga sering diabaikan. Biasanya kita merebus santan itu hanya mengaduknya sesekali saja sembari menunggunya mendidih. Padahal, santan harusnya diaduk secara terus menerus supaya rasanya makin lezat dan mudah tercampur dengan bahan lainnya secara keseluruhan.

3.     Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah di Masukkan Waktu Terakhir

Tiap kali memasak santan, pertama-tama rebus santan terlebih dahulu, setelah itu angkat dan dinginkan pada wadah terpisah.

Jangan langsung mencampurkan santan dengan bahan lainnya, sebaiknya masukkan santan pada saat tahap akhir memasak. Dengan begitu masakan bersantan tidak akan pecah dan gurihnya pun merata.

4.     Gunakan Santan Bubuk

Selain menggunakan santan cair, Sasa Cooks bisa juga menggunakan santan bubuk sebagai pengganti santan cair tersebut. nah, sasa menghadirkan varian santan bubuk yang memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan santan biasa.

Seperti harganya yang jauh lebih murah, jauh lebih praktis, dan juga lebih tahan lama dibandingkan dengan santan cair. Dengan Sasa Santan Bubuk, dijamin makanan bersantan tidak akan pecah ^^.

itu tadi cara memasak santan agar tidak pecah. saya akan menambahkan bagaimana cara membuat santan dengan kental.


tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.7K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.