monbebemxAvatar border
TS
monbebemx
Jelajahi Sisi Lain Singapura Tanpa Perlu Merogoh Kocek Dalam!

Singapura selalu identik dengan wisata atraksi seperti Universal Studio Singapore, Marina Bay Sands, Sentosa Island yang bagi sebagian pelancong harus pandai-pandai mengatur budget tiket masuk atraksi dan akomodasi. Padahal masih banyak sisi lain Singapura yang bisa dieksplor untuk seorang budget traveller, 4 tempat wisata ini sangat direkomendasikan karena tidak perlu merogoh kocek entrance fee, daripada menjelajah mainstream tourist spot yang sering kita lihat berseliweran di sosmed mending pilih destinasi nggak biasa ini!

Haw Par Villa

 

Mengelilingi Haw Par Villa merupakan experience unik tersendiri, karena Haw Par Villa memiliki atmosfir cukup horor yang menyediakan patung-patung dunia akhirat dari mitologi China. Enaknya menjelajah Haw Par Villa adalah suasananya yang sepi dan sunyi, mengelilingi taman ini seperti terjebak di masa lalu walaupun Kota Singapura tumbuh kembang semakin pesat dan modern tapi tidak untuk Haw Par Villa, suasana di taman ini bisa memberikan perspektif baru soal Kota Singapura.

 

Haw Par Villa menjadi taman hiburan yang terlupakan padahal sempat populer pada tahun 1937. Taman ini dibuat oleh Aw Boon Haw dan Aw Boon Par mereka berasal dari Burma, Myanmar yang awalnya merupakan pengusaha balsem di Singapura. Mereka mendirikan sebuah taman yang akhirnya dibeli oleh pihak pariwisata Singapura dan namanya berubah menjadi Haw Par Villa. Salah satu tempat yang paling ikonik di Haw Par Villa adalah Ten Courts of Hell, di gua ini kita akan disuguhkan diorama penyiksaan neraka versi mitologi China.

 
Little India

 

Warna cerah mendominasi sepanjang jalan Little India menjadikan tempat ini area untuk berburu foto. Banyak tempat yang bisa kita singgahi tanpa perlu mengeluarkan kocek banyak, sekedar cuci mata jalan-jalan di Little India adalah pilihan yang tepat karena wangi rempah-rempah membuat tempat ini unik untuk dieksplor.

 

Setiap kesini wajib untuk membeli oleh-oleh kain India dengan warna-warni yang indah dan vibrant. Bolehlah sedikit eksplorasi rasa dengan kuliner India, ada Nasi Briyani kuah Kare, roti prata dan teh tarik ngebayanginnya aja udah cukup bikin ngiler. Untuk wisata sejarah di kuil spiritual-nya free entrance loh, mampir aja ke kuil Sri Veeramakaliamman. Kuil yang dibangun oleh buruh yang berasal dari Suku Tamil, India memiliki ornamen patung dewa-dewi Hindu yang indah. Jangan lupa untuk ikutin peraturan di kuil ini yaa, seperti melepas alas kaki ketika masuk dan dilarang berpakaian terbuka.



Belum lengkap rasanya kalo keliling Little India tapi belum mampir ke Mustafa Centre! Yup, di Mustafa Centre pilihan tempat belanja paling oke dan murah. Lengkap banget pilihan oleh-oleh bisa dibeli di sini, ada sepatu bermerk, jam tangan, koper, parfum, gadget dan segala macam kebutuhan yang paling faedah. Nah, kalo oleh-oleh cokelat khas Singapura mendingan beli di sini aja, kualitas dan kuantitas sebanding sama harga kok.

Bukit Batok Town Park

 

Masih banyak traveller yang menganggap wisata alam di Singapura itu sedikit dan nggak menarik padahal banyak tempat nggak mainstream yang bisa dinikmati keindahannya, seperti Bukit Batok Town Park. Aktivitas favorit wisatawan di sini adalah hiking untuk mencapai puncak, karena di atas puncak bakal disuguhi pemandangan indah danau Bukit Batok Town Park. Jadi jangan lupa persiapan sepatu olahraga kalau mau jalan-jalan ke  sini yaa.

 

Kenapa nama tempat ini disebutnya Bukit Batok, padahal taman ini terbentuk akibat pernah dijandikan tambang granit pada masa lampau? Usut punya usut secara harafiah Bukit Batok artinya “Bukit Batuk” dalam bahasa Melayu karena suara yang diproduksi dari aktivitas penambangan granit pada saat itu. Di Bukit Batok Nature Park ini juga terdapat beberapa prasasti dan juga monumen sebagai peringatan atau penghormatan kepada para korban Perang Dunia II. selain jalan-jalan menghirup udara segara kita secara nggak langsung juga bisa belajar sejarah.

Bukit Timah Nature Reserve

 

Persiapan fisik kecil-kecilan kayakya perlu deh buat eksplor Bukit Timah Nature Reserve, taman ini menjadi pilihan destinasi alam yang cukup underrated padahal gak memungut biaya masuk. Mau hiking atau bersepeda silahkan, sembari menikmati udara segar kita juga bisa belajar flora dan fauna di exhibition gallery taman ini.

 

Taman ini memiliki bukit tertinggi di Singapura, yaitu Bukit Timah Hill. Menjelajah Bukit Timah memang agak challenging karena harus treking lereng setinggi 163 meter, tapi gak perlu khawatir treking-nya terhitung gampang kok ada pegangan tali juga. Bisa pilih rute, rute yang jalan santai atau full workout pilih aja sesuai kemampuan masing-masing.

Southern Ridges

 

Singapura memang surganya untuk wisata trekking, ada lagi tempat trekking yang nggak kalah menarik, yaitu Southern Ridges! Southern Ridges adalah ruang hijau terbuka yang luas, kalo melipir kesini kita akan disuguhi panorama terbaik kota. Nggak afdol namanya kalo belum foto-foto di Henderson Wave Bridge. Lebih asik lagi kalo datang kesini sore, karena pemandangan sunset yang bisa dilihat di Henderson Wave Bridge indah banget!

Haji Lane Mural Area


Siapkan kamera terbaik saat menyusuri jalan-jalan kecil di Haji Lane, karena banyak mural warna-warni yang siap menghiasi feed Instagram. Haji Lane bisa dibilang adalah kawasan paling hip dan gaul di Singapura. Banyak butik fashion lokal bergaya vintage Singapura yang mendominasi Haji Lane. Jadi kalo belanja oleh-oleh di sini jaminan mutu 100% nggak bakal bisa ditemukan di tempat lain.

 

Chinatown


Belum lengkap rasanya bila ke Singapura tapi belum menelusuri kawasan Chinatown. Sebagai negara multikultural yang ditinggali berbagai macam etnis, mengunjungi Chinatown memberikan gambaran betapa Singapura adalah negara dengan campuran budaya yang harmonis. Mau wisata kuliner, sejarah, beli oleh-oleh semua bisa dicari si Chinatown. Kalo mau eksplor makanan bisa nyicip Lian Hen Be Jin Claypot. Belajar sejarah bisa melipir sebentar ke Buddha tooth relic museum. Di Chinatown juga terkenal pusat oleh-oleh murah kayak souvenir gantungan kunci dan kaos.

 

Merlion Park


Mau orang-orang bilang foto di depan patung Merlion terlalu mainstream atau overrated, begitu kita sampai ke Singapura dan bingung mau kemana pasti ujung-ujungnya Merlion Park adalah top of mind bagi semua turis. Gimana kalo jalan-jalan ke Merlion Park agak di-twist sedikit, kayak datang ke sana menjelang malam untuk ngejer sunset? Daripada datang siang kepanasan, mending tunggu dulu ketika sore biar adem. Menikmati senja di Merlion Park sama pacar atau sendirian, sama aja kok, sama-sama indah.

Free Bus Tour dari Changi Airport


Sumber: changiairport.com

Pantesan Changi Airport secara konsisten mendapat gelar “Best Airport In The World”, karena emang fasilitas yang diberikan itu mewah banget. Bus tour bisa kita nikmati gratis loh, lumayan kan buat killing time sambil nunggu boarding? Changi Airport menyediakan free tour selama kurang lebih 2 jam keliling tempat ikonik di Singapura. Mulai dari Merlion Park, Marina Bay Sands hingga Garden by The Bays. Jangan lupa untuk cocokin jadwal dulu yaa, biar nggak terburu-buru.

Siapa bilang jalan-jalan ke Singapura banyak menghabiskan budget? Semua pilihan di atas bisa dikunjungi tanpa merogoh kocek yang dalam. Ayo yang udah ada rencana main ke Singapura rombak lagi itinerary kalian, eksplor sisi lain Singapura dengan mengunjungi rekomendasi terbaik di atas.


Diubah oleh monbebemx 12-07-2019 09:18
patricksby
rampratamadhan
idris010489
idris010489 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
8.3K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.