alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e62eec9518b0efb60e2db/pendukung-gmaps-dan-waze-mana-suaranya-inikah-yang-terbaik
Lapor Hansip
10-08-2019 13:23
Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?
Past Hot Thread
Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

[ HT# 525 ]

Menggunakan aplikasi penunjuk jalan atau peta digital ke suatu tempat kini sepertinya menjadi hal yang wajib bagi siapapun, terutama mereka yang kesehariannya hidup diatas aspal. Bukan karena malas untuk bertanya, atau kuper wilayah, tapi karena aplikasi ini memang memudahkan dan praktis saat digunakan.

Berbicara aplikasi penunjuk arah, terutama jalan-jalan yang belum pernah dilalui dalam perkembangannya aplikasi ini kini semakin lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang memang dibutuhkan pengendara. Spbu, Restaurant, Rumah Sakit, dan masih banyak lagi tersedia lengkap dalam satu genggaman smartphone.

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Kalau saya biasanya yang paling sering saya amati adalah lokasi Spbu, dan info jalur kepadatan jalan raya yang ingin saya lalui. Jika jalur berwana merah berarti saya harus dengan amat sabar menanti antrian atau mencoba jalur alternatif lainnya saja.

Tapi satu hal yang sering menjadi perbincangan hangat di lingkungan saya saat ini adalah membanding-bandingan aplikasi A katanya lebih baik dari aplikasi B. Aplikasi A sering membuat kita kesasar jalan, aplikasi B sering mengarahkan kita ke jalan sempit, dan lain sebagainya. Sebenarnya sih banyak kasus lain yang pada intinya aplikasi-aplikasi ini tidak benar-benar sempurna untuk diandalkan, dalam realitanya kita tidak cukup mengandalkan aplikasi ini, tapi insting dan kemauan untuk bertanya tetap berperan penting.

Saya punya teman, profesi dia adalah seorang supir taksi berwarna biru yang telah berpengalaman 10 tahunan, bercerita pernah mendapatkan penumpang minta diantar kesuatu tempat, teman saya sebetulnya tahu benar jalur mana yang harus dilewati, tapi si penumpang meminta teman saya untuk di pandu lewat penunjuk arah aplikasi yang dia miliki lewat smartphonenya saja, dalam perjalanan apa mau dikata ternyata jalur yang dilalui justeru lebih jauh, bahkan menemukan jalan buntu dan sempit!

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Kejadian lain saya pernah menonton sebuah  review pengalaman mudik seorang youtuber ke Sumatera, kampung halamannya. Dengan mengandalkan aplikasi dalam perjalanan lama-kelamaan si driver merasa aneh karena jalur yang dilewati kok semakin sepi dari kendaraan lain, tapi karena percaya dengan aplikasi ini dia tetap melaju, tapi pada akhirnya dia menyerah karena jalur yang dilewati harus melewati jalan tepian hutan, dengan kondisi jalan yang lama-lama seperti kubangan.

Menurutnya hampir satu jam dia mengikuti petunjuk aplikasi padahal kondisi saat itu sudah semakin sore, ada rasa khawatir, itu sudah pasti, apalagi di daerah sana bisa jadi rawan sesuatu. Beruntung pada akhirnya dia bertemu dengan salah satu penduduk asli disana, dengan dipandu motor si youtuber harus keluar dari jalur 'neraka' sejauh dua puluh kilometer dengan jalur yang semakin parah, kondisi mobilnya pun sudah seperti habis membajak sawah.

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Nah, kalau ini pengalaman yang saya alami sendiri. Waktu itu saya dan keluarga menuju arah pulang setelah jalan-jalan dari pantai Parangtritis, Jawa Tengah. Dengan pedenya saya mengandalkan aplikasi bawaan smartphone saya, terlihat dengan amat jelas kalau jalur yang harus dilalui di depan akan terpecah jadi dua, lurus terus atau saya harus ke kanan, menurut aplikasi saya harus memilih jalur lurus, namun ketika sudah lurus dan sudah jalan sekitar lima ratusan meter ternyata di depan bertemu jalan buntu!

Benar-benar jalan buntu seperti jalan terpotong yang dipenuhi oleh semak belukar, padahal melihat kondisi jalan ini adalah jalan besar dan terawat, apakah ini proyek mangkrak? Tapi kenapa aplikasi ini mengenali sebagai jalan pilihan padahal jalan ini terputus, entahlah. Beruntungnya saya, kejadian ini tidak berlangsung lama, setelah putar balik ternyata saya harus 'ngeyel' ambil jalur kanan saja yang tadi saya lewati dan ternyata sampai tujuan tanpa kendala.


Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Jadi kali ini saya ingin bertanya kepada agan en sista dimari, aplikasi handalan mana yang menurutmu mendekati akurat, cepat dan mudah untuk di gunakan. Ada GMaps dan Waze sih biasanya pemakai terbanyak saat ini. 


Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Kalau menurut kawan saya GMaps memiliki fitur jangkauan peta lebih lengkap dan termasuk info jalur ganjil-genap juga ada, tapi WAZE yang sebetulnya juga sudah diakuisisi Google pada 2013 memiliki keunggulan fitur realtimekondisi jalan saat itu, lebih cepat seperti laporan langsung tentang adanya kemacetan, kecelakaan, perbaikan jalan, keberadaan petugas, dan kasus lalu lintas lainnya dimana sesama pengguna bisa saling menginformasikan kondisi saat itu, tapi kekurangannya adalah fitur realtime ini bisa disalah gunakan untuk memberikan informasi palsu yang dilakukan oleh sesama pengguna yang tak bertanggung jawab.

Nah, kesimpulan plus dan minus ke dua aplikasi ini apakah GMaps hanya cocok untuk jangkauan lebih luas dan WAZE hanya unggul untuk di gunakan di perkotaan saja, betul kah?

Kalau saya sendiri lebih baik install saja ke duanya, pakai sesuai kebutuhannya, tujuan dekat ya pakainya Waze, jarak jauh dan buta jalur lebih baik pakai GMaps.

Sekarang tolong kasih saran dan tips dong gan, mana terbaik dan sertakan alasannya, terimakasih sudah membaca tulisan ini dan membantu memberikan solusi buat saya dan bahkan mungkin buat teman-teman yang pernah mengalami kejadian diatas bisa berguna buat mereka.

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?

Copyright © 2016 - 2019 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim  

Pendukung GMaps Dan Waze Mana Suaranya, Inikah yang Terbaik?
Polling
185 Suara
Aplikasi terbaik sehari-hari di gunakan, GMaps atau WAZE, gan? 
Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivan94 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
12-08-2019 15:33
Quote:Original Posted By asukamra
Pakai Gmap jangan di ikutin 100% gan,, ane udh 2x di ajak jalan2 sama Gmap ke daerah sepi emoticon-Takut (S)
Soalnya si Gmap cuma nunjukin jalan terdekat/tercepat,, dia gak tau kalau lewat situ misalnya ternyata Gang sempit, perkebunan sepi..
Pernah mau nginap di Villa di puncak,, naik mobil,, supaya cepet, ngikutin Gmap,, ternyata di arahin ke gang sempit, alhasil, motor2 warga yng mau lewat, jadi gak bisa,, ane mau mundur pun udah gak bisa. Terpaksa pasrah di semprot warga, dan terus jalan ngikutin sampai ketemu jalan besar.emoticon-Cape d... (S)


Ane juga pernah gan nyasar di gang sempit itu Jalan cuma buat pengedara motor untung ada halaman rumah warga yg luas lalu ane puterin balik emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 2 lainnya memberi reputasi
3
12-08-2019 15:34
ama gmaps udah pernah di sasarin ke dalam kuburan.
ama gmaps udah pernah di sasarin sejauh 7km padahal tujuan nya cuman 1km, di bawa muter² ntah kemana.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:39
Quote:Original Posted By iyan.raambo123
blm pernah coba waze gk cukup ruang bwt install, jd pilih gmap aja emoticon-Big Grin


Berhubunga hp ane juga minim memori jadi ane juga ga ada space buat install wazeemoticon-Big Grin
Jadi ane masih memilih gmaps dibanding wazeemoticon-Big Grin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:40
Quote:Original Posted By gavin44
Ane juga pernah gan nyasar di gang sempit itu Jalan cuma buat pengedara motor untung ada halaman rumah warga yg luas lalu ane puterin balik emoticon-Ngakak (S)


Yoi gan,, kalau menurut ane, Gmap kekurangan nya, dia cuma menunjukkan jalan tercepat /terdekat,, tanpa tahu itu jalanan bisa di lalui atau gak.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan gavin44 memberi reputasi
2
12-08-2019 15:40
Quote:Original Posted By omane52p
Jadi inget dulu pernah disasarin ampe ke sawah gara2 Gmaps,
waktu belum ada fitur pengendara motor, jadi ane pake yg fitur mode jalan kaki.. fitur mobile ga cocok soalnya pasti lewat tol..emoticon-Ngakak (S)

Kalo sekarang ada fitur bwd pengendara motor sih.. tapi blm sempet nyoba..emoticon-Big Grin

Lebih akurat pake gps sih.. gunakan warga sekitar..emoticon-Wowcantik


Nah bener! Jaman kagak ada fitur naek motor kadang milihnya yg jalan kaki wkwk. Tapi dulu akhirnya juga nemu opsi hindarin toll jadi udah aman juga hehe
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:42
Kalau ane karena pengalaman di dunia perojolan, pas kondisi terpaksa Gmaps ngaco dll. Ane buka Maps, tapi nggak ketik tujuan. Biarin titik aja, ikutin sampai jalan utama. Kalau pakai titik nanti bakalan kelihatan mana jalan besar, mana gang buntu.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:43
Quote:Original Posted By zhenya
Gmaps, tapi ttp ane perhatiin denah peta nya. Nggk langsung mengikuti. Bbrapa x nyasar ke tempat aneh emoticon-Hammer2 gegara ngikutin langsung. Guidance terbaik ttp warga sekitar dan peta fix


Nah ini tips yg bisa dipake. Kalo mau kemana2 jangan langsung percaya mentah2 sama anjuran aplikasi. Baiknya dipelajari dulu trus cek di gugel juga
Cmiiw
profile-picture
profile-picture
iskrim dan zhenya memberi reputasi
2
12-08-2019 15:46
Quote:Original Posted By anxiousyads
Buat nanya arah ane biasa pake GPS ... Gunakan Penduduk Sekitar alias tanya orang sekitar emoticon-Big Grin


Wakakak kalo ini paling ampuh sih, dijamin nyampe tujuan dengan jalan terbaik. Yang penting jangan malu nanya dan pilih narasumber yg tepatemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
iskrim dan anxiousyads memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
12-08-2019 15:46
Lha waze khan udh d beli gmaps gan

Jadi sama aza, beda tampilan
0
12-08-2019 15:47
Ya tergantung sih, gue ke sukabumi naik motor pake maps.. Baliknya pake waze agak bingung🤣
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:48
btw apapun aplikasinya emang kita tetep harus jadi smart user jangan asal percaya aja. Tapi sebagai pengendara motor ane kemana2 selalu pake gmaps dan sekarang udah ada fitur buat motornya. Jadi ane milih gmaps.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:50
Pengalaman lewat tol, disuruh ke kiri keluar. Setelah keluar disuruh putar balik, bangke di tol suruh putar balik. Aplikasi gmap. Pernah juga ngikut arah eh malah masuk jalan sempit dan ga masuk logika kalau dipake mobil, akhirnya ane lihat map nya, ternyata ada jalan besar yg lebih nyaman, akhirnya ane lewat jalan tsb dan sampai di tujuan dengan selamat. Padahal di aplikasi sudah disesuaikan dengan jenis kendaraan yaitu mobil.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:52
Klo untuk maps ke lokasi yang gak spesifik (bukan nama restoran, atau gedung tertentu), ane lebih suka pake Here Maps (wego.here.com).

Opsi rutenya ada untuk sepeda. Secara sini goweser, ya sering pake itu. Jadi biasanya cari di Google maps, cari nama jalan utamanya, terus minta diarahin deh. Klo udah deket, ya tetep... tanya orang sekitar adalah terbaiq.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
12-08-2019 15:53
Selama ini pakai gmaps meski kadang ngeselin, pernah diarahkan ke pematang sawah (saya khilaf pakai jalur motor), jalur memutar jauh (jalur mobil) padahal ada jalur yg jauh lebih dekat (jalur motor yg bisa dilewati mobil juga), dicarikan jalur tercepat ke entry tol tp lewat kampung yg portalnya sdh ditutup (untung warganya mau mengerti dan bantu buka portal) trus lewat samping pemakaman (jam 23.30 gan)dan terakhir lewat kebun tebu (benar benar menerobos kebun tebu)....akhirnya keluar dekat entry tol....dan hanya menghemat 5 menit plus deg deg plas.
Kalau waze baru unduh aplikasi, belum pernah pakai....
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:53
jadi inget waktu ngambil sepeda seken, menurut gmaps shell mampang ke sepatan tangerang 35 km an.
ane cek strava sampe tangerang jadi 50km. makasih google emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh rebelx
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:54
Kalau menurut ane, Waze akan unggul jika kita sudah tau kemana tujuannya
Tapi kalau belum, Maps menurut ane lebih unggul karena saking banyaknya POI

Waze dan Maps pun saling melengkapi informasi
Misalnya POI, Waze akan mengambil tempat-tempat dari Maps apabila di petanya tidak ada
Misalnya Closure, Maps akan mengambil data dari Waze apabila di Waze terdapat Map Editor yang telah mengeset Closure

Btw ane salah satu map editor Waze
emoticon-Embarrassment
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
Lapor Hansip
12-08-2019 15:55
Balasan post when2
Tetep balik GPS ya gan.....Gunakan Penduduk Setempat
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
12-08-2019 15:57
Kalo ditawarin GMaps mau rute yg pendek atau jauh, pilih yang jauh!
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
Lapor Hansip
12-08-2019 16:06
Balasan post richardus96
Quote:Original Posted By richardus96


Wakakak kalo ini paling ampuh sih, dijamin nyampe tujuan dengan jalan terbaik. Yang penting jangan malu nanya dan pilih narasumber yg tepatemoticon-Big Grin


Yoi gan, kang ojek, security, kang warung ama emak2 lagi nyapu latar bisa diandelin emoticon-Big Grin
0
12-08-2019 16:08
gak pernah sih pake waze... gmaps mulu makenya.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.