tarantulacarbonAvatar border
TS
tarantulacarbon
Video TS: ABUSE/ Test kekuatan Carbon FIber HOOD bikinan TS


Hallo Assalamualaikum agan agan.
mau liatin kekuatan carbon fiber hood/Kap Mesin bikinan TS. ANY Question Please Comment or ask.

Dibuat dengan sistim infusion yang pasti beda dengan yang lain.



Body Carbon fiber memiliki kelebihan utama yaitu kuat dan ringan, masa jenis yang hanya sekitar seperlima dari besi dengan kekuatan tarik sekitar dua kali lebih kuat. sehingga sering digunakan untuk parts kendaraan performa tinggi ( Kapal Perang, Pesawat terbang, mobil F1, mobil Sports)

Carbon Fiber sangat stabil dan baik meredam panas dan fatigue resistance (ketahanan lelah/ gagal konstruki) yang tinggi

Terima Kasih atas perhatian agan agan. untuk konsultasi apapun (nggak cuman topik jualan, sharing ilmu juga bisa, ngobrol juga boleh, hehehehe) hubungi 081319357657. TS adalah disainer konstruksi/ Arsitek kapal dari perusahaan dalam dan luar negri.

Regards


DIKARENAKAN BANYAKNYA PERTANYAAN, MAKA AKAN SAYA JEASKAN SATU PERSATU

Apa sih carbon fiber itu?
Singkatnya Carbon fiber adalah serat yang sangat kuat, dihasilkan dari reaksi pemanasan beberapa jenis material mentah yang menghasilkan ikatan molekul karbon.

Apasih yang dinamakan composite ?
Sederhananya, Composite adalah produk yang menggunakan beberapa macam (komposisi) material dalam hal ini penguat/ reinforcement (misalnya carbon fiber, E-glass, S glass, Kevlar) yang biasanya disatukan dengan matrix material (resin).

Seberapa kuat sih carbon fiber?


Kekuatan tarik composite berbahan carbon fiber sekitar 800-1500 Mpa (tergantung material dan fiber content), dibandingkan kekuatan baja structural sekitar 300-500 Mpa, secara umum sekitar DUA KALI lebih kuat dari baja structural, tetapi berat jenis composite carbon fiber SANGAT SANGAT ringan, sekitar 1.5 Kg/lt dibandingkan baja sekitar 7.8 Kg/Lt. INI ARTINYA APA?? DENGAN BERAT MATERIAL YANG SAMA, KEKUATAN CARBON FIBER BISA MENCAPAI 10 KALI LEBIH KUAT (BAHKAN LEBIH DENGAN POST PROCESSING HEAT TRATMENT)

Apa Kelebihan Carbon fiber composites atau composites pada umumnya?
1. Kekuatan besar dan dapat diatur sesuai titik titik kritis yang diinginkan.
2. Tidak Mengalami Korosi
3. Secara Umum jauh lebih awet dibandingkan metal/ baja.

Kekurangan dari Carbon fiber composites dan panel composites pada umumnya
1. Biaya relative lebih mahal (but still affordable, you got what you paid for)
2. Kegagalan Konstruksi terjadi tiba tiba, karena panel composites tidak memiliki “yield strength”. Sehingga ketika struktur mengalami kegagalan, hal tersebut terjadi tanpa ada “peringatan”. Kegagalan struktur pada konstruksi metal (yang memiliki “yield Stregth”), diawali dengan fase yield point dimana metal mengalami pemanjangan plastis, sehingga dapat dideteksi.
3. Auto ignition lebih rendah dibanding metal. Carbon sendiri memiliki titik leleh sangat tinggi, tetapi matrix/resin pengikatnya memiliki titik api yang rendah. Tetapi hal ini dapat diminimalisir dengan penggunaan aditif atau pelapisan keramik.
4. Tidak dapat didaur ulang kecuali di post process menjadi produk lain.
5. Aplikasi penggunaan Carbin FIber harus sangat berhati hati karena tidak semua matrix componen/ resin cocok digunakan dengan carbon fiber, dan hal ini biasanya kesalahan terbesar yang dilakukan oleh produsen yang tidak memperhatikan kualitas mekanik.

SURFACE FINISH
pada umumnya pada indstry komposite baik dalam industri otomotif, perkapalan, pesawat, rail roads, busses. permukaan composite dengan carbon atau bahan lain akan menggunakan gelcoat. Gelcoat secara umum lebih bagus dibanding cat biasa, karena tahan kimia (mau diguyur paint remover nggak bakal rusak), lebih tahan panas, tetapi punya kekurangan pada aplikasinya/ penggunaannya yang lebih susah dibanding cat biasa, serta untuk lebih tahan lama dan tidak retak, ketebalannya harus sangat tepat tidak boleh kurang apalagi lebih (500 sampai 800 mikron)


gelcoat pada kapal

Untuk pengguna yang menginginkan tampilan carbon look, seperti dibawah sehingga pattern atau motif carbon bisa terlihat. MESKIPUN TERLIHAT SPORTY DAN KEREN, expose carbon seperti ini kurang disarankan karena akan panas, tetapi umumnya pada dunia otomotif, motif lebih disukai untuk di expose untuk alasan "racing look", namun akhir-akhir ini, produsen mobil terkemuka lebih memilih finishing dengan cat maupun dengan gelcoat.

gambar corvette carbon dengan surface finish paint.


expose motif carbon

APA KELEBIHAN TARANTULA CARBON DENGAN KOMPOTITOR LAIN?
1. Unit yang kami jual menggunakan proses produksi Vacuum Infusion Resin Transfer. proses ini adalah standar manufacturing kapal militer.

2. Kami menjamin unit kami Kuat dan dapat di tes abuse, baik injak mauun pukul. serta tahan pada kecelakaan pada limit tertentu.

3. Material resin/ matrix yang kami gunakan kompatibel dengan carbon fiber (epoxy, Vinyester Resin). karena sebagian besar kompetitor (masih) menggunakan bahan resin yang tidak tepat.
Diubah oleh tarantulacarbon 16-04-2013 08:47
0
11.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.