- Beranda
- The Lounge
Welas Asih
...
TS
akizzt
Welas Asih
Welas Asih adalah sihir yang terkuat di dunia (Kata Dumbledore dalam Lakon Harry Potter).
Dalai Lama dalam khutbahnya: “Agama apa pun yang bisa membuat Anda Lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggungjawab, lebih beretika, agama yang punya kualitas seperti yang saya sebut adalah agama terbaik,"
Di antara 99 nama agung Allah (Asmaul Husna), al-Rahman dan al-Rahim adalah yang paling sering disebut setiap hari oleh umat muslim. Rahman dan Rahim adalah dua sifat Allah yang disebutkan dalam Basmalah sebagai sifat Allah. Al-Rahman dan al-Rahim – keduanya berasal dari kata rahmah (welas-asih) – adalah sifat-sifat diatributkan kepada nama “Allah“. Nama “Allah“ itu merangkum 99 nama/sifat Tuhan (al-ism al-jami’),
Kanjeng Nabi Saw. diutus “hanya“ utk menyempurnakan akhlak. Dan inti akhlak, adalah bersikap welas asih kepada sesama makhluk Tuhan. Tanpa welas asih di dalam hati, Nabi sekali pun – seperti kata beliau sendiri – tidak akan dapat mengubah seseorang menjadi lebih baik. Kedamaian batin bertalian dengan welas asih. Semua agama besar memiliki pesan yang sama – kasih, welas asih, pengampunan. Kita membutuhkan cara duniawi untuk mengangkat welas asih. Bagi orang-orang yang memiliki agama dan tulus dan serius di dalamnya, agama punya daya dahsyat untuk meningkatkan keampuhan dan kemujaraban welas asih.
Pada ulang tahun ke-50 kelahiran PBB di New York, 22-24 Oktober 1995, diadakan sebuah jajak pendapat tentang nilai-nilai kemanusiaan apa saja yang sama pada semua bangsa dan negara. Berdasar riset tersebut, nilai kemanusiaan yang muncul adalah: Kedamaian, Kesatuan, Kesederhanaan, Kasih, Sayang, Kejujuran, Rendah Hati, Tanggung jawab, Tenggang Rasa, Kebebasan, & Cinta. Karen Armstrong, pengkaji terbaik agama abad ini menyebut semua nilai itu dengan satu kata: Confession (Welas Asih).
Welas asih (compassion) merupakan inti kehidupan religius dan moral. Welas asih adalah sarana memuliakan hakikat manusia untuk saling menghargai, menyayangi, dan menjunjung harkat dan martabat manusia.Saat welas asih mengejawantah dalam kehidupan maka keadaban, keadilan sosial, dan kemakmuran akan mewujud.
Hawa panas kebencian di segala matra akhir-akhir ini sungguh saru dan kelewat batas. Nyaris tiada jeda, selama 24 jam dalam sehari, orang saling melepaskan syahwat kebencian yang membuat mereka alpa segalanya-galanya dan hingga akhirnya sifat-sifat noninsani yang menguasai. Intensitas dan muatan kebenciannya benar-benar over dosis. Apa pun argumentasi mereka, tanpa kita sadari, laku dan tingkah para pecandu dan penyembur kebencian mengancam kerukunan dan persatuan. Secara fitrah, semua manusia memiliki watak welas asih. Namun, mengejewantahkannya memang tidak mudah. Dibutuhkan perjuangan, yakni 'pengorbanan' yang sejatinya berkelindan dengan keluhuran budaya. Kebudayaan merupakan kerja intelektual yang mengantarkan seseorang menuju taraf insani. Taraf kemanusiaan utama.Saat manusia berada dalam posisi itu, ia akan mampu berpikir jernih, tidak hanya akal namun juga nurani. Kejernihan dalam berpikir inilah yang kemudian mengantarkan manusia mampu membaca gejala. Sebuah kerja peradaban menuju keadaban bangsa. Bangsa yang terpenuhi oleh prinsip tindakan memanusiakan manusia.
Sumur
Dalai Lama dalam khutbahnya: “Agama apa pun yang bisa membuat Anda Lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggungjawab, lebih beretika, agama yang punya kualitas seperti yang saya sebut adalah agama terbaik,"
Di antara 99 nama agung Allah (Asmaul Husna), al-Rahman dan al-Rahim adalah yang paling sering disebut setiap hari oleh umat muslim. Rahman dan Rahim adalah dua sifat Allah yang disebutkan dalam Basmalah sebagai sifat Allah. Al-Rahman dan al-Rahim – keduanya berasal dari kata rahmah (welas-asih) – adalah sifat-sifat diatributkan kepada nama “Allah“. Nama “Allah“ itu merangkum 99 nama/sifat Tuhan (al-ism al-jami’),
Kanjeng Nabi Saw. diutus “hanya“ utk menyempurnakan akhlak. Dan inti akhlak, adalah bersikap welas asih kepada sesama makhluk Tuhan. Tanpa welas asih di dalam hati, Nabi sekali pun – seperti kata beliau sendiri – tidak akan dapat mengubah seseorang menjadi lebih baik. Kedamaian batin bertalian dengan welas asih. Semua agama besar memiliki pesan yang sama – kasih, welas asih, pengampunan. Kita membutuhkan cara duniawi untuk mengangkat welas asih. Bagi orang-orang yang memiliki agama dan tulus dan serius di dalamnya, agama punya daya dahsyat untuk meningkatkan keampuhan dan kemujaraban welas asih.
Pada ulang tahun ke-50 kelahiran PBB di New York, 22-24 Oktober 1995, diadakan sebuah jajak pendapat tentang nilai-nilai kemanusiaan apa saja yang sama pada semua bangsa dan negara. Berdasar riset tersebut, nilai kemanusiaan yang muncul adalah: Kedamaian, Kesatuan, Kesederhanaan, Kasih, Sayang, Kejujuran, Rendah Hati, Tanggung jawab, Tenggang Rasa, Kebebasan, & Cinta. Karen Armstrong, pengkaji terbaik agama abad ini menyebut semua nilai itu dengan satu kata: Confession (Welas Asih).
Welas asih (compassion) merupakan inti kehidupan religius dan moral. Welas asih adalah sarana memuliakan hakikat manusia untuk saling menghargai, menyayangi, dan menjunjung harkat dan martabat manusia.Saat welas asih mengejawantah dalam kehidupan maka keadaban, keadilan sosial, dan kemakmuran akan mewujud.
Hawa panas kebencian di segala matra akhir-akhir ini sungguh saru dan kelewat batas. Nyaris tiada jeda, selama 24 jam dalam sehari, orang saling melepaskan syahwat kebencian yang membuat mereka alpa segalanya-galanya dan hingga akhirnya sifat-sifat noninsani yang menguasai. Intensitas dan muatan kebenciannya benar-benar over dosis. Apa pun argumentasi mereka, tanpa kita sadari, laku dan tingkah para pecandu dan penyembur kebencian mengancam kerukunan dan persatuan. Secara fitrah, semua manusia memiliki watak welas asih. Namun, mengejewantahkannya memang tidak mudah. Dibutuhkan perjuangan, yakni 'pengorbanan' yang sejatinya berkelindan dengan keluhuran budaya. Kebudayaan merupakan kerja intelektual yang mengantarkan seseorang menuju taraf insani. Taraf kemanusiaan utama.Saat manusia berada dalam posisi itu, ia akan mampu berpikir jernih, tidak hanya akal namun juga nurani. Kejernihan dalam berpikir inilah yang kemudian mengantarkan manusia mampu membaca gejala. Sebuah kerja peradaban menuju keadaban bangsa. Bangsa yang terpenuhi oleh prinsip tindakan memanusiakan manusia.
Sumur
0
504
1
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.4KThread•84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya