Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shifu356Avatar border
TS
shifu356
Antisipasi Mati Listrik, Anies Ajak Warga Pakai Panel Surya
Antisipasi Mati Listrik, Anies Ajak Warga Pakai Panel Surya
Menteri ESDM, Ignatius Jonan Temui Anies Baswedan membahas Bus Listrik, Jumat (2/8/2019) | AKURAS E N S O RYohanes Antonius

AKURAT.CO, Gubernur [url=http://akuraS E N S O Rindeks?tag=DKI+Jakarta][color=#f9a01b][b]DKI Jakarta[/b][/color][/url] [url=http://akuraS E N S O Rindeks?tag=Anies+Baswedan][color=#f9a01b][b]Anies Baswedan[/b][/color][/url] mengajak warganya untuk menggunakan energi terbarukan dari solar panel. Penggunaan solar panel merupakan antisipasi jika terjadi pemadaman listrik seperti pada Minggu (4/8/2019) lalu. 
Anies mengaku pembahasan wacana itu sudah dibicarakan dengan PLN Distribusi Jakarta Raya. 
“Baru saja kami membahas soal pemadaman listrik dengan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya pak Ikshan Asaad yang terjadi pada Minggu lalu. Dibicarakan beberapa langkah strategis, di antaranya menggalakkan penggunaan panel surya di rumah warga,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Baca Juga:

[url=http://akuraS E N S O Rnews/id-710478-read-andi-arief-imbau-anies-dan-kemenpupr-cek-seluruh-bangunan-dan-flyover-di-jakarta][color=#ef4623][b]Andi Arief Imbau Anies Dan KemenPUPR Cek Seluruh Bangunan Dan Flyover Di Jakarta[/b][/color][/url]
[url=http://akuraS E N S O Rnews/id-710187-read-ferdinand-mestinya-anies-baswedan-terapkan-jalan-berbayar-bukan-naikan-tarif-parkir][color=#ef4623][b]Ferdinand: Mestinya Anies Baswedan Terapkan Jalan Berbayar, Bukan Naikan Tarif Parkir[/b][/color][/url]
[url=http://akuraS E N S O Rnews/id-701874-read-rumah-dp-0-rupiah-anies-baswedan-ternyata-yang-punya-mobil-bagus-pun-berminat][color=#ef4623][b]Rumah DP 0 Rupiah, Anies Baswedan: Ternyata Yang Punya Mobil Bagus Pun Berminat[/b][/color][/url]



Namun Anies belum bisa memastikan, wacana itu dapat dukungan pemerintah atau dari kocek pribadi warga. Hingga kini Pemprov DKI bersama PLN masih menyusun formula penerapan rencana itu di kalangan masyarakat.
“Itu detailnya nanti biar disusun menggunakan roadmap dengan ukuran yang jelas. Jadi jangan tebak-tebak waktu, namun yang jelas sesegera mungkin kita ingin agar lebih banyak lagi pembangkit listrik di Jakarta dan surya (tenaga) salah satu sumber yang paling memungkinkan di daerah seperti [url=http://akuraS E N S O Rindeks?tag=DKI+Jakarta][color=#f9a01b][b]DKI Jakarta[/b][/color][/url],” ujarnya.

Menurut Anies, pembahasan mengenai panel surya sebetulnya pernah ia bahas bersama dengan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pada Jumat (2/8/2019) lalu, atau dua hari sebelum terjadi pemadaman listrik. Kata dia, panel surya ini akan diterapkan di rumah-rumah maupun bangunan perkantoran di DKI.

“Pada pertemuaan saat itu kami membahas soal pemanfaatan tenaga surya untuk Jakarta. Sudah disiapkan rencananya dan diterjemahkan dulu dalam bentuk kerangka kerja, kemudian dari situ baru diumumkan untuk didiskusikan bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad mengatakan, di Jakarta baru ada 400 pelanggan yang memakai panel surya. Bila listrik padam, kata dia, mereka tidak perlu khawatir karena ada tenaga listrik pengganti dari panel surya itu.

“Pada saat listrik padam, mereka masih bisa tetap beroperasi karena adanya energi yang tersimpan di panel surya,” kata Ikhsan.

Ikhsan mendukung rencana DKI yang ingin menerapkan penggunaan panel surya di rumah penduduk maupun perkantoran. Nantinya, listrik yang diperoleh dari panel surya bisa dimanfaatkan oleh PLN sendiri bila terjadi pemadaman listrik.
“Jadi tidak digunakan sendiri, misalnya di gedung ini ada solar rooftop. Pada waktu libur konsumsi listrik di sini akan turun dan ini bisa disalurkan ke PLN, sehingga bila terjadi blackout seperti kemarin itu tidak sampai gedung ini padam total,” imbuhnya.[] 





[url=https://akuraS E N S O Rnews/id-714654-read-antisipasi-mati-listrik-anies-ajak-warga-pakai-panel-surya]
[size=4][font=Roboto, sans-serif][b][color=#0074d9]Sumber[/color][/b][/font][/size][/url]


Fey1985
Fey1985 memberi reputasi
1
4.7K
54
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.