Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Yuan Dilemahkan, Bikin Khawatir Serbuan Barang Impor China

Foto: REUTERS/Darren Whiteside

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaku industri di dalam negeri meminta proteksi dari pemerintah terkait kebijakan China yang melemahkan mata uangnya. Ini agar industri dalam negeri kuat menahan potensi lebih deras serbuan barang impor China.

Mata uang China ,Yuan dalam tren melemah tajam terhadap Dolar AS sebesar 1,4% di level 7,04 per Dollar AS. Yuan menyentuh titik terlemah sejak Maret 2008, Senin (5/8/2019).

Perang mata uang (currency war) ini yang kemudian menimbulkan kekhawatiran pada dunia usaha di seluruh dunia, tak kecuali Indonesia. Nilai tukar Yuan yang lemah membuat ekspor China lebih kompetitif mengingat produk Negeri Tirai Bambu menjadi murah di pasar global. 

"Daya saing mereka untuk ekspor semakin meningkat. Semakin banyak yang diekspor ke Indonesia," kata Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Perdagangan Benny Soetrisno kepada CNBC Indonesia, Selasa (6/8/2019).

Depresiasi Yuan berisiko pada sektor riil terutama ke perdagangan dalam negeri. Bila mengacu catatan sebelumnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengingat lebih dari seperempat (28,49%) produk non-migas impor yang datang ke Indonesia pada tahun 2018 berasal dari China.

Barang yang paling banyak diimpor adalah telepon seluler (HS 8517), dengan nilai mencapai US$ 3,72 miliar di tahun 2018. Mesin pengolah data otomatis (HS 8471) dengan total nilai US$ 1,65 miliar. Selebihnya adalah barang yang sebagian besar merupakan bahan baku produksi di berbagai industri, elektronik, konstruksi, dan kimia.

Lonjakan impor akan menjadi kekhawatiran bagi pengusaha dalam negeri. Ketika ditanya langkah antisipatif, Benny menganggap perlu diterapkan kebijakan trade remedies. Trade remedies merupakan proteksi dalam pengendalian impor untuk mencegah praktik perdagangan yang tidak sehat.

"Lakukan trade remedies untuk produk yang sudah diproduksi industri dalam negeri," katanya.

SUMBER


Cina memang paling mengerti kantong orang indonesia.. dollar as naik tapi yuan malah (sengaja) turun.. emoticon-Malu (S)

Bisa2 nanti ganti hp xiaomi tiap bulan ato beli wuling seharga XMAX.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
dcmatrix21
bhumbhazta
buatbarulagi
buatbarulagi dan 7 lainnya memberi reputasi
6
2.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.